Beranda » PEMBELAJARAN DARING » AGAR PEMBELAJARAN VIDEO DI LINGKUP SD TIDAK MEMBOSANKAN

AGAR PEMBELAJARAN VIDEO DI LINGKUP SD TIDAK MEMBOSANKAN

T Diposting oleh pada 17 Juli 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 141 kali

Pembelajaran video pada masa pandemi ini memang dirasa cukup membosankan karena tidak ada pertemuan tatap muka secara langsung. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar belajar bisa tetap mengasyikkan.

3 Hal Perlu Dilakukan agar Pembelajaran Video Tidak Membosankan

Materi yang dibagikan dari guru bisa saja berupa penjelasan lewat video maupun materi berbentuk softfile. Kedua bentuk penyampaian tersebut dapat dipelajari oleh siswa dengan bermalas-malasan bahkan menundanya karena bosan. Bagi para murid SD, lakukan hal ini agar kelas online tetap mengasyikkan:

Mengikuti Kegiatan Pembelajaran dengan Fokus

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh siswa ialah mengikuti kegiatan pembelajaran, baik melalui video conference maupun penyampaian materi lewat soft file dengan fokus tanpa disambi melaksanakan kegiatan lainnya.

Siswa SD harus mengikuti kegiatan pembelajaran ini layaknya di sekolah seperti biasanya, yaitu fokus tanpa diikuti dengan aktivitas berat lainnya. Baik sebagai guru maupun murid tidak boleh melakukan hal-hal yang bisa memecah konsentrasi saat kelas online berlangsung.

  • Membuat Daftar Tugas

Banyak siswa SD yang mengeluh bahwa pembelajaran video ini menimbulkan lebih banyak tugas diberikan. Tujuan dari guru memberikannya ialah tidak lain untuk memastikan bahwa murid bisa belajar lebih mengenai materi yang diberikan agar bisa jelas lagi.

Agar tugas-tugas tidak menjadi beban berat bagi mereka, maka para siswa dapat membuat daftar apa saja yang perlu diselesaikan beserta dengan batas waktunya. Kegiatan seperti ini secara tidak langsung bisa membuat murid lebih teratur dan akan mengerjakannya layaknya di sekolah.

  • Membuat Jadwal dan Target Penyelesaian

Berbeda dengan daftar tugas, jadwal dan target penyelesaian ini akan memudahkan para siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran video secara online serta bisa menyelesaikan pekerjaan mereka tanpa terbengkalai.

Mengingat bahwa pembelajaran secara online bisa dilakukan dimana saja, maka hal ini bisa membuat para siswa lupa dan mengabaikannya. Tentu saja hal ini perlu dihindari agar kelas daring tetap dilaksanakan dengan teratur tanpa menimbulkan rasa bosan.

Pembelajaran video pada masa pandemi ini memang menimbulkan banyak keluhan bagi semua pelaksananya. Beberapa hal di atas bisa dilakukan agar kelas daring bisa berjalan efektif untuk tenaga pendidik maupun siswa SD.  

Belum ada Komentar untuk AGAR PEMBELAJARAN VIDEO DI LINGKUP SD TIDAK MEMBOSANKAN

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait AGAR PEMBELAJARAN VIDEO DI LINGKUP SD TIDAK MEMBOSANKAN

3 STRATEGI UNTUK SEKOLAH SMA PERLU DILAKUKAN SELAMA PEMBELAJARAN VIDEO

3 STRATEGI UNTUK SEKOLAH SMA PERLU DILAKUKAN SELAMA PEMBELAJARAN VIDEO

T 5 Agustus 2020 F A aankurn

Penyebaran virus COVID-19 yang semakin meningkat di Indonesia membuat banyak sekolah memberhentikan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Sebagai salah satu solusi, kini mereka menggantinya melalui pembelajaran video dan dinilai memerlukan strategi penting agar berjalan sesuai target. 3 Strategi Penting... Selengkapnya

PERSIAPAN PEMBELAJARAN ZONA HIJAU UNTUK MATERI BAHASA INDONESIA

PERSIAPAN PEMBELAJARAN ZONA HIJAU UNTUK MATERI BAHASA INDONESIA

T 31 Agustus 2020 F A aankurn

Pelajaran bahasa Indonesia memang telah diajarkan mulai dari bangku SD, SMP hingga SMA. Namun, dalam pembelajaran zona hijau ini masih sama dengan kegiatan sebelum pademi berlangsung. Walaupun beberapa bulan lalu dilakukan secara online. Pembelajaran Zona Hijau untuk Materi Bahasa Indonesia... Selengkapnya

PEMBELAJARAN VIDEO SECARA ONLINE TERNYATA MENUAI BANYAK TUNTUTAN

PEMBELAJARAN VIDEO SECARA ONLINE TERNYATA MENUAI BANYAK TUNTUTAN

T 11 Agustus 2020 F A aankurn

Dalam memutus penyebaran virus Corona di Indonesia, semua anak didik baik dari SD sampai SMA pun harus merubah total mekanisme belajarnya. Pembelajaran video secara online yang kini dilaksanakan ternyata menimbulkan banyak tuntutan kepada pemerintah. 3 Tuntutan Masyarakat Terkait Pembelajaran Video... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.