Beranda » PEMBELAJARAN DARING » AKSES TEKNOLOGI MENJADI FAKTOR PENTING PEMBELAJARAN VIDEO SEMASA PANDEMI

AKSES TEKNOLOGI MENJADI FAKTOR PENTING PEMBELAJARAN VIDEO SEMASA PANDEMI

T Diposting oleh pada 6 Agustus 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 381 kali

Sejak pertama kali diberlakukan, pembelajaran video secara online di banyak sekolah ini memang menimbulkan keraguan akan efektivitasnya. Banyak orang tua beranggapan bahwa penyampaian materi tidak bisa berjalan sesuai target.

Pentingnya Akses Teknologi saat Pembelajaran Video

Banyak sekali warga Indonesia, terutama dari pihak orang tua merasa pembelajaran secara daring ini tidak akan berjalan efektif. Kegiatan belajar mengajar tersebut meminimalkan pengawasan tenaga pendidik terhadap para siswa. Lantas apa saja kendalanya?

1 Kebutuhan Kuota

Pembelajaran secara online tentu saja akan membutuhkan akses internet yang hanya bisa didapatkan apabila penggunanya memiliki kuota. Banyak orang tua mengeluh bahwa akses ini cukup mahal untuk dipenuhi terus-menerus.
Hal ini diperparah dengan keadaan orang tua yang mengalami putus kerja atau usahanya sedang mendapati banyak kerugian, tentu saja kebutuhan kuota demi kepentingan belajar sang anak menjadi beban berat bagi mereka.

2 Gangguan Susah Sinyal

Hal lain yang bisa menjadi kendala dalam pembelajaran video daring adalah susah sinyal. Nyatanya masih banyak wilayah di Indonesia yang belum bisa mengakses internet dengan stabil, terutama di daerah pelosok.
Hingga sampai saat ini, tidak sedikit dijumpai perjuangan anak-anak yang rela menaiki genteng atau pergi ke ujung bukit demi mendapatkan sinyal stabil saat pembelajaran daring dilakukan. Tentu saja kejadian tersebut juga memungkinkan bahaya bagi para siswa.

3 Kesulitan Menggunakan Aplikasi

Kendala ini mungkin lebih dirasakan oleh mereka yang masih berada di jenjang SD. Anak-anak tentunya akan kesulitan dengan metode pembelajaran baru secara daring karena hanya bermodalkan penggunaan teknologi.
Keadaan ini bisa saja diperparah dengan kesulitan ekonomi oleh orang tuanya sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan sang anak untuk menyediakan alat penunjang seperti smartphone ataupun laptop. Tentu saja hal tersebut dapat menghambat kegiatan belajar mengajar bagi beberapa siswa.
Itulah tadi ketiga kendala terkait akses teknologi yang hingga sekarang masih menjadi persoalan utama di masa pembelajaran video secara online ini. Harapannya, pemerintah bisa memberikan solusi tepat bagi warganya agar pendidikan dapat berjalan semestinya.

Belum ada Komentar untuk AKSES TEKNOLOGI MENJADI FAKTOR PENTING PEMBELAJARAN VIDEO SEMASA PANDEMI

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait AKSES TEKNOLOGI MENJADI FAKTOR PENTING PEMBELAJARAN VIDEO SEMASA PANDEMI

BEBERAPA PERALATAN YANG HARUS DIPERSIAPKAN SISWA SD SAAT PEMBELAJARAN ZONA HIJAU

BEBERAPA PERALATAN YANG HARUS DIPERSIAPKAN SISWA SD SAAT PEMBELAJARAN ZONA HIJAU

T 13 Agustus 2020 F A aankurn

Hampir di semua wilayah Indonesia terkena dampak virus Corona, namun terdapat pula wilayah yang memiliki status zona hijau. Oleh karena itu, proses pembelajaran zona hijau pun juga berbeda. Khususnya untuk siswa SD yang akan pergi ke sekolah sebaiknya persiapkan beberapa... Selengkapnya

PEMAHAMAN YANG SALAH SAAT PEMBELAJARAN ZONA HIJAU BERLANGSUNG

PEMAHAMAN YANG SALAH SAAT PEMBELAJARAN ZONA HIJAU BERLANGSUNG

T 20 Agustus 2020 F A aankurn

Saat pembelajaran zona hijau berlangsung, banyak stigma yang salah dari berbagai orang. Dengan begitu juga akan berdampak pada aktivitas siswa di sekolah masing-masing. Hal ini jika dibiarkan akan menimbulkan beberapa hal negatif. Beberapa Anggapan yang Salah saat Pembelajaran Zona Hijau... Selengkapnya

METODE PEMBELAJARAN ZONA HIJAU UNTUK  LINGKUP SMA

METODE PEMBELAJARAN ZONA HIJAU UNTUK LINGKUP SMA

T 18 Agustus 2020 F A aankurn

Pedemi yang telah berlangsung ini memang merubah segala hal termasuk juga dalam pembelajaran di lingkup sekolah SD, SMP ataupun SMA. Bahkan pembelajaran zona hijau pun juga diberhentikan. Namun di tahun 2020 ini membelajaran akan kembali dilaksakan dengan acuan “New Normal”... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.