Beranda » Jurnal Ilmiah » MEMAHAMI APA ITU JURNAL ILMIAH

MEMAHAMI APA ITU JURNAL ILMIAH

T Diposting oleh pada 13 November 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 198 kali

MEMAHAMI APA ITU JURNAL ILMIAH-Apa yang terfikirkan ketika mendengar istilah jurnal? Mungkin Anda akan berpikir bahwa jurnal adalah kolom-kolom yang digunakan oleh seorang guru untuk menulis lembar penilaian mereka. Tidak melulu seperti itu, namun yang dimaksud di sini yaitu sebuah jurnal ilmiah.

BACA JUGA
PAHAMI JURNAL PTK SEBELUM ANDA MEMBUATNYA

KEGUNAAN JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN UNTUK GURUJENIS-JENIS

JURNAL ILMIAH SECARA UMUM

SYARAT JURNAL ILMIAH YANG BAIK

Jurnal ilmiah biasanya digunakan dalam ranah akademik yang ditulis oleh seorang guru, dosen, maupun mahasiswa. Agar pembaca paham, postingan kali ini akan mengulas tentang seluk-beluk jurnal ilmiah mulai dari pengertian hingga perbedaanya dengan opini. Berikut penjelasanya:

Pengertian Jurnal Ilmiah

Jurnal adalah sebuah karya ilmiah yang dipublikasikan dan berisi kumpulan artikel. Pada umumnya, jurnal berisi kumpulan referensi yang menjadi dasar penulisan karya dan artikel. Jurnal ini ditulis secara ilmiah dengan orientasi akademik.

Artikel dalam jurnal harus memuat beberapa bagian seperti judul, abstrak, pendahuluan, review kajian pustaka, metodologi, hasil penelitian, pembahasan dan implikasi penelitan, serta referensi yang digunakan. Selain itu, menuliskan kesimpulan dan saran juga harus dilakukan.

Pada penulisan jurnal, jenis artikel yang ditulis tidak selalu laporan penelitian. Terkadang berupa review literature. Selanjutnya, target pembaca jurnal adalah golongan masyarakat yang berkecimpung dalam dunia akademik, tetapi tidak menutup kemungkinan masyarakat awam untuk membacanya.

Pengertian Jurnal Ilmiah Menurut Para Ahli

Pada tahun 2009, Marusic mengatakan bahwa Jurnal ilmiah adalah karya yang menyajikan data dan informasi mengenai hasil penelitian atau studi terbaru yang didukung dengan data kuat, serta dapat dipahami untuk membuktikan bahwa penelitian tersebut dapat dipertanggungjawabkan.

Selanjutnya, Hakim (2012) menyatakan bahaw jurnal ilmiah adalah majalah publikasi yang memuat KTI (Karya Tulis Ilmiah) yang secara nyata, mengandung data dan informasi dan ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala.

Lebih lanjut, menurut pemikiran Brotowodjoyo, jurnal ilmiah adalah sebuah karangan tentang ilmu pengetahuan yang menampilkan fakta konkret dan dibuat dengan menggunakan metodologi penulisan yang baik, benar, serta mengikuti kaidah penulisan karya ilmiah.

Lasa Hs (2009) mendefinisikan jurnal sebagai sebuah publikasi ilmiah yang memuat tentang kegiatan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, minimal harus meliputi kumpulan pengetahuan baru, pengamatan empiris, maupun pengembangan gagasan bahkan usulan.

Perbedaan Jurnal Ilmiah dan Opini

Jurnal ilmiah tentunya berbeda dengan karya yang berisi opini. Dalam penulisanya, keduanya memiliki perbedaan yang mencolok. Akan tetapi, banyak orang yang masih terkecoh dan belum bisa membedakan antara 2 buah karya tulis tersebut.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika diuraikan beberapa perbedaan antara jurnal ilmiah dan opini. Untuk itu, simak baik-baik perbedaan berikut agar Anda paham dan tidak salah persepsi terhadap teknik penulisan jurnal ilmiah maupun opini.

Pertama, pada dasarnya karya yang berisi opini menitik beratkan pada sebuah pengamatan dan estimasi yang tingkat kebenarannya terletak pada argumentasi dan penalaran. Jadi, dalam sebuah opini, hal yang sangat ditekankan adalah argumentasi dari penulis tanpa pembuktian secara empiris.

Yang kedua adalah tentang Jurnal ilmiah.  Karya tulis tersebut menitik beratkan pada sebuah penelitian berdasarkan metode ilmiah yang tingkat kebenarannya dapat dibuktikan secara empiris. Jadi, di sini argumentasi dari penulis tidak dibutuhkan jika itu tidak ada pembuktiannya.

Demikianlah seluk-beluk tentang jurnal ilmiah. Dapat disimpulkan bahwa jurnal ilmiah adalah sebuah karya yang berisi kumpulan artikel dan ditulis dengan metode penelitian yang dapat dibuktikan secara nyata.

Dengan membaca tulisan ini kiranya Anda lebih memahami tentang tujuan dan isi sebuah karya yang akan ditulis. Semoga bermanfaat untuk membantu pembuatan jurnal ilmiah selanjutnya.Jangan Lelah dan bosan untuk mengekspresikan pikiran melalui tulisan. Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan dalam penulisan jurnal adalah kerapian dan isi yang mudah dipahami.

Belum ada Komentar untuk MEMAHAMI APA ITU JURNAL ILMIAH

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait MEMAHAMI APA ITU JURNAL ILMIAH

TOPIK JURNAL PTK TATA BUSANA

TOPIK JURNAL PTK TATA BUSANA

T 17 Desember 2019 F A aankurn

Guru di Sekolah Menengah Kejurusan khususnya pembelajaran Tata Busana juga harus menuliskan penelitian ilmiahnya. Ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan siswa dalam ranah pendidikan dan melaporkanya dalam bentuk Jurnal PTK Tata Busana. Masalah Menarik yang Menjadi Topik PTK Tata Busana Guru... Selengkapnya

JURNAL PTK TIK SEBAGAI UPAYA TINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEKNOLOGI

JURNAL PTK TIK SEBAGAI UPAYA TINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEKNOLOGI

T 31 Desember 2019 F A aankurn

Dewasa ini zaman mulai berkembang, bahkan tuntutan setiap orang untuk menguasai teknologi semakin besar. Dalam dunia pendidikan, ada istilah mata pelajaran Teknologi, Informasi, dan Komunikasi atau yang akrab disebut dengan TIK. Mapel ini telah telah dipelajari sejak tingkatan SD hingga... Selengkapnya

CARA PUBLIKASI JURNAL NASIONAL GRATIS

CARA PUBLIKASI JURNAL NASIONAL GRATIS

Cara publikasi jurnal nasional gratis memang sedang diidam-idamkan banyak orang, karena hal tersebut merupakan sebuah langkah awal untuk membuka gerbang kesuksesan dalam bidang penelitian serta penerbitan bagi berbagai kalangan akademisi yang ingin menelurkan karyanya. Bagaimana Mempublikasikan Jurnal Nasional Secara Gratis?... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.