Beranda » Jurnal Ilmiah » BENTUK-BENTUK PUBLIKASI ILMIAH

BENTUK-BENTUK PUBLIKASI ILMIAH

T Diposting oleh pada 31 Januari 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 18 kali

Bagi Anda yang kurang familiar dengan dunia penelitian ataupun penerbitan, pasti juga masih asing dengan bentuk-bentuk publikasi ilmiah. Hal tersebut sangat penting untuk diketahui dalam rangka menambah wawasan ilmu akademik khususnya bagi mahasiswa atau pun akademisi.

Berikut ini akan dipaparkan dengan jelas bagaimana bentuk-bentuk dari penerbitan artikel ilmiah yang sudah ada selama ini. Tentunya, hal tersebut sangat penting untuk dibahas lebih lanjut karena berkaitan pada dunia penelitian dan literasi.

1. Buku atau Teks Pelajaran

Buku yang selama ini dibaca oleh siswa bisa jadi hal tersebut merupakan hasil dari publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh penerbitnya.
Tentunya semua teks pelajaran yang ada saat ini dibuat dengan berbagai pertimbangan ilmiah sehingga pada akhirnya layak untuk dipublikasikan pada masyarakat umum.

2. Presentasi Pada Forum Ilmiah

Mempresentasikan karya Anda pada suatu forum juga merupakan salah satu dari bentuk-bentuk publikasi ilmiah. Di sini, penulis tidak perlu membuatnya menjadi sebuah buku dan lain-lain, tetapi hanya perlu memaparkan hasil penelitianya di suatu perkumpulan ilmiah.

3. Artikel Ilmiah

Anda juga bisa memaparkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan mempublikasikanya dalam bentuk artikel.
Biasanya, cara ini sangat digemari oleh mayoritas penulis karena memag artikel tersebut lebih singkat daripada sebuah buku atau jurnal.

4. Laporan Penelitian

Adapun, bentuk-bentuk dari publikasi ilimiah dengan jenis laporan penelitian yaitu Jurnal, Skripsi, Tesis, Disertasi, Makalah terpublikasi, Laporan Penelitian Tindakan Kelas, Laporan Penelitian Kepustakaan dan Lain-lain semacamnya.

5. Tulisan Ilmiah Populer

Tulisan ilmiah yang biasanya diterbitkan di koran, majalah atau media lain juga bisa disebut sebagai salah satu bentuk dari publikasinya.

Biasanya, tulisan ilmiah populer ini lebih bersifat memaparkan hasil penelitian singkat layaknya pada artikel, tetapi ia dapat diterbitkan di media kemasyarakatan.

Demikianlah pembahasan tentang bentuk-bentuk publikasi ilmiah yang bisa disampaikan dalam artikel ini. Kiranya hal tersebut bisa memberikan manfaat bagi setiap pembacanya. Terus semangat untuk berbagi ilmu serta mengembangkan kemampuan diri dalam menulis jurnal berskala Internasional.

Belum ada Komentar untuk BENTUK-BENTUK PUBLIKASI ILMIAH

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait BENTUK-BENTUK PUBLIKASI ILMIAH

MENGENAL JURNAL PTK METODE DEMONSTRASI

MENGENAL JURNAL PTK METODE DEMONSTRASI

T 25 Desember 2019 F A aankurn

Jurnal PTK Metode Demonstrasi merupakan penelitian berbentuk jurnal ilmiah yang menggunakan metode demonstrasi. Metode ini dilakukan para guru untuk mengevaluasi kinerja selama memberikan materi dalam proses pembelajaran di kelas. Metode ini juga menjadi salah satu model yang efektif diterapkan. Apa... Selengkapnya

KEGUNAAN JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN UNTUK GURU

KEGUNAAN JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN UNTUK GURU

T 15 November 2019 F A aankurn

KEGUNAAN JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN UNTUK GURU-Kewajiban pendidik adalah untuk mencerdaskan anak-anaknya. Berbagai upaya harus dilakukan untuk dapat mencapai hasil akhir dari sebuah pembelajaran. Namun, menjadi seorang guru tidak cukup hanya dengan mengajar, yakni juga dibutuhkan seperangkat silabus dari refrensi jurnal... Selengkapnya

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

T 23 November 2019 F A aankurn

Bagi seorang tenaga pendidik, membuat laporan penelitian tindakan kelas seperti jurnal seringkali menjadi momok menakutkan. Hal ini disebabkan kurangnya budaya membaca sehingga kemampuan menulis yang baik menjadi kurang optimal. Padahal Jurnal PTK PAUD sangat dibutuhkan. Pendidikan Tindakan Kelas (PTK) PAUD... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.