Beranda » BEST PRACTICE » CONTOH LAPORAN BEST PRACTICE UNTUK GURU

CONTOH LAPORAN BEST PRACTICE UNTUK GURU

T Diposting oleh pada 10 Januari 2022
F Kategori
b 1 komentar
@ Dilihat 4651 kali

CONTOH LAPORAN BEST PRACTICE UNTUK GURU, Salam sejahtera untuk bapak/ibu guru semua. Mari kita lakukan pertamakali menemukan latar belakang penulisan laporan best practice berikut. Contoh penulisan latar belakang best practice seperti berikut.

Latar Belakang Best Practice

Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar di kelas XI SMA bahwa sebagian siswa kelas XI kurang mengikuti pembelajaran daring dengan baik pada jam pelajaran Bahasa Inggris. Proses pembelajaran kurang efektif dikarenakan kurangnya aktifitas siswa untuk membaca materi pelajaran Bahasa Inggris, kurangnya aktifitas siswa mengemukakan pendapat pada saat pembelajaran daring berlangsung. Kurangnya aktifitas siswa menjawab pertanyaan dari guru. Sehingga banyak siswa yang mengalihkan perhatian seperti tidak komen di group whatsapp. Hal ini disebabkan oleh model atau cara guru menerangkan pelajaran yang terlalu monoton sehingga siswa kurang memperhatikan guru saat pembelajaran daring berlangsung, dan proses pembelajaran daring tidak akan berjalan dengan baik.

Rendahnya aktifitas siswa berdampak terhadap prestasi belajar siswa. Rendahnya aktifitas belajar siswa pada pembelajaran daring bahasa Inggris terlihat dari 34 siswa hanya, 12 (35,29%) orang yang mampu mengetahui (mengingat) materi yang diberikan guru secara daring, 10 (29,41%) orang siswa yang aktif menjawab pertanyaan secara daring, 10 (29,41%) orang siswa yang aktif menanggapi pertanyaan secara daring, 10 (29,41%) orang siswa yang mampu merespon materi pelajaran secara daring. Ketika diminta guru untuk bertanya jika ada yang belum mengerti, maka tidak ada seorang pun siswa yang menanyakan di Google Classroom atau japri ke WA pada pebelajaran online.
Kemudian, apabila dilihat keterampilan menyusun teks invitation card, siswa masih kesulitan dalam membuat invitation cards hal ini ditunjukan oleh lamanya proses mereka menulis invitation cards, serta ditemukan beberapa siswa yang mendapat skor sedikit. Berdasarkan uraian yang dilakukan maka peneliti merasa terpanggil hatinya untuk mengambil masalah ini sebagai permasalahan dari Penelitian Best Practice best practice.

Oleh karenanya guru yang disini berperan sebagai peneliti hendak menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media google classroom pada pembelajaran daring untuk meningkatkan keterampilan menyusun teks invitation card di kelas XI SMA Negeri Tahun Pelajaran 2021/2022. Pendekatan saintifik ialah proses pembelajaran yang direncanakan sebegitu rupa supaya peserta didik dengan aktif mengonstruk ide, hukum atau prinsip melalui beberapa tahapan mencermati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merangkum permasalahan, mengajukan atau merangkum hipotesis, menghimpun data dengan beragam teknik, menganalisa data, menarik ringkasan dan mengomunikasikan ide, hukum atau konsep yang “diketemukan”.

Sementara itu media google classroom ialah layanan gratis yang diciptakan Google untuk sekolah yang diperuntukkan untuk menyederhanakan mendistribusikan, dan menilai tugas melalui cara tanpa kertas. Arah terpentingnya ialah merampingkan berbagi file di antara pelajar dan guru. Dapat kita susun judulnya menjadi seperti ini:

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS INVITATION CARD

Selanjutnya kita bisa beralih dengan menuliskan landasan teori atau kajian teori seperti berikut:

Landasan Teori Best practice

Karena kita mengambil pendekatan saintifik maka kita jelaskan terlebih dahulu saintifik itu apa:
Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang “ditemukan”.

Selain itu kita juga membutuhkan media penyampaian berupa google classroom, apa itu google classcroom adalah sebagai berikut Google Classroom (Ruang Kelas Google) adalah suatu serambi aplikasi pembelajaran campuran secara online yang dapat digunakan secara gratis. Pendidik bisa membuat kelas mereka sendiri dan membagikan kode kelas tersebut atau mengundang para siswanya. Google Classroom ini diperuntukkan untuk membantu semua ruang lingkup pendidikan yang membantu siswa untuk menemukan atau mengatasi kesulitan pembelajaran, membagikan pelajaran dan membuat tugas tanpa harus hadir ke kelas.

Kalau ingin memiliki contoh penulisan best practice yang lebih lengkap dapat mendownload pada link berikut di bawah ini

Download PTK PTS BEST PRACTICE

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci
https://publikasijurnalilmiah com/best-practice-guru-sd-smp-sma-smk/contoh best practicecontoh best practice gurubest practice ppg dLJAB 2022contoh best practice guru tentang menulis sastra

1 Komentar untuk CONTOH LAPORAN BEST PRACTICE UNTUK GURU

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait CONTOH LAPORAN BEST PRACTICE UNTUK GURU

COVER Jurnal

Jurnal Best Practice pkp terbaru

Volume 4 Nomor 4, Mei 2022ISSN: 2654-2536 PENINGKATAN SIKAP JUJUR PADA HASIL BELAJAR TEOREMA PYTHAGORAS DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS VIII/2Oleh:Anthonij Mauridz Hasudungan SitorusSMP Negeri 1 Jorlang HataranEmail:anthonij69@gmail.com ABSTRAKRealitas nyata khususnya kelas 8 hari dan 2 hari SMP Negeri... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.