Beranda » Jurnal Ilmiah » CARA MENERBITKAN JURNAL ONLINE

CARA MENERBITKAN JURNAL ONLINE

T Diposting oleh pada 18 Februari 2020
F Kategori , , ,
b 2 komentar
@ Dilihat 1544 kali

Banyak yang masih bingung bagaimana caranya makalah atau naskah ilmiah kita yang sudah di buat dapat masuk pada publikasi jurnal nasional. Mungkin itu adalah masalah yang juga Anda alami dan rasakan sekarang. Tentu, pertanyaan ini sering muncul dikalangan mahasiswa atau dosen dan juga peneliti.

Publikasi di jurnal ini memang sangat penting. Pentingnya publikasi ilmiah terutama pada jurnal – jurnal yang bereputasi tingkat nasional maupun internasional untuk kebutuhan pendidikan maupun penelitian.

Reputasi nasioal tentu ukurannya adalah terakreditasi SINTAdikti. Sedangka reputasi interasional salah satu ukurannya adalah terindex scopus. Terdapat banyak jurnal Indonesia yag terindex scopus, bisa Anda lihat legkapnya disini.

Selain itu dengan adanya persyaratan untuk kenaikan jabatan untuk dosen, peneliti, guru, widyaiswara, perekayasa serta fungsional lainnya yang juga membutuhkan naskahnya masuk dalam publikasi jurnal nasional. kebutuhan lainnya adalah persyaratan bagi para dosen untuk mempertahankan tunjangan kehormatan jabatan Guru Besar dan Lektor Kepala sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 20 Tahun 2017.

Kemudiann, bagi para mahasiswa juga membutuhakn publikasi pada jurnal untuk persyaratan kelulusan bagi magister dan doktor dalam standar nasional pendidikan tinggi juga memerlukan syarat yang serupa. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan lebih dari 8.000 jurnal ilmiah yang terakreditasi nasional.

Mempublikasikan makalah atau tulisan dan naskah ilmiah hasil penelitian tidaklah mudah, membutuhkan proses yang sangat Panjang dan membutuhkan waktu yang cukup banyak. Selain itu membutuhkan pemikiran yang sangat panjang.

Tapi, kami berusaha menyajikan informasi yang solutif dan pasti dibutuhkan. Bahwa mempublikasikan naskah ilmiah kita di jurnal nasional terkreditasi sangat mudah. Kami beritahukan caranya berikut ini.

Ketika bergelut dalam dunia publikasi, maka secara perlahan Anda akan sadar dengan sendirinya bahwa cara menerbitkan jurnal online tidaklah segampang yang dibayangkan. Butuh kesabaran serta ketelitian tingkat tinggi demi terwujudnya penerbitan berkualitas dan bermanfaat bagi pembacanya.

Ada beberapa cara untuk mempublikasikan artikel ilmiah kita ke jurnal nasional terakreditasi:

Publikasi Jurnal Ilmiah Nasional Melalui OJS atau Jurnal Online

Mempublikasikan jurnal ilimiah melalui ojs proses nya dilakukan secara online baik memasukan artikel nya sampai dengan mempublishnya. Semua proses mempublikasian dilakukan melalui web jurnal ilmiah (OJS) dengan aplikasi Google chrome dan mozila firefox atau jenis laiinya. Berikut adalah tampilan contoh jurnal online menggunakan OJS.

e-jurnalnasional.com


Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah bagaimana cara menerbitkan jurnal online melalui OJS, mulai dari tahapan pengumpulan artikelnya hingga sampai mempublishnya dengan menggunakan media internet supaya bisa dibaca oleh masyarakat luas cara publikasi jurnal nasional gratis.

Ada Beberapa Tahapan dalam Publikasi Jurnal Ilmiah Melalui Ojs

Dalam pengumpulan artikel ini, pengguna harus membuat akun terlebih dahulu pada OJS dan log in pada laman tersebut.Selanjutnya, untuk mulai melakukan pengumpulan jurnal, Anda bisa memilih tombol “new submission” pada laman “user home” di OJS.
Kemudian, Anda bisa mengikuti tahapan langkah sebagai berikut:

  • Lakukan konfirmasi untuk jurnal yang dikirim dengan cara memberi tanda centang untuk setiap ceklist yang harus disetujui oleh pengguna atau penerbitnya.
  • Kemudian, klik “save dan continue” untuk melanjutkan pada langkah yang lebih mendetail
  • Selanjutnya, unggahlah file jurnal Anda dengan mengikuti cara yang telah dipandu di halaman OJS. Jangan khawatir tidak bisa melakukanya karena panduanya itu sangat mudah dipahami
  • Setelah itu, isilah metadata artikel tersebut dengan lengkap seperti halnya nama penulis, e-mail, instansi, judul abstrak, dan lain-lain.
  • Jika proses mengunggah file jurnal telah selesai, Anda juga bisa menambahkan berkas tambahan untuk diupload yang meliputi gambar, grafik, tabel, atau lampiran data penelitian dengan cara klik “file” dan pilih tombol “upload”
  • Setelah proses pengumpulan file dirasa cukup, maka Anda wajib mengonfirmasinya dengan klik pilihan “finish submission” untuk menandai bahwa jurnal benar-benar telah diterima oleh pihak OJS
  • Jika Anda menginginkan untuk melacak perjalanan jurnal yang dikumpulkan tersebut, maka bisa menggunakan menu “active submission” dimana hal itu terletak pada “user home”

Setelah melakukan cara tadi anda dapat melihat status naskah artikel anda dengan mengklik tombol active submission pada user home. Perlu di ingat cara ini bisa di gunakan di semua jurnal ilmiah yang menggunakan layanan jurnal berbasis OJS (Open Jurnal System)

Publikasikan Jurnal Nasional di Abiwara Jurnal

Dengan Abiwara Jurnal ada tidak lagi pusing bagaimana cara mempublikasikan jurnal anda untuk masuk pada jurnal nasional. Di Abiwara jurnal juga menggunakan pengecekan plagiasi. Yaitu kami menggunakan plagiarism cheker berbayar (versi premium). Pastinya anda akan terpuaskan dengan di publikasikannya artikel anda di jurnal nasional Abiwara Jurnal.

ABIWARA JURNAL

Salah satu jurnal yang dikelola oleh kami adalah seperti gambar diatas yaitu Abiwara Jurnal.

Dengan mempublikasikan naskah ilmiah Anda di Abiwara Jurnal Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan yang diantaranya adalah berikut:

1. Jurnal Terbit Setiap Bulan,
Kapanpun Anda butuh kita bisa publikasikan segera. Karena kita bisa terbit setiap bulannya

2. Pengecekan Plagiasi,
Jangan khawatir soal plagiasi karena kami menggunakan software berbayar untuk atasi plagiasi

3. Indexing Berkualitas
Jurnal kami telah memiliki banyak indexing seperti Google Scholar, Garuda, One Search, Road dan lainya.

4. Semua Rumpun Ilmu,
Kami mempublikasi naskah jurnal yang tidak terbatas dengan satu rumpun tertentu. Bidang apapun bisa kita publikasi

Untuk publikasi di Abiwara Jurnal Anda dapat langsung menghubungi customer service kami melalui chat whatsapp yang ada, kami pastikan Anda menerima respon terbaik.

Dua cara diatas bisa menjadi acuan dan panduan bagi Anda yang akan melakukan publikasi pada jurnal nasional. baca juga artikel lainnya tentang langkah menulis pada jurnal terakreditasi.

Itulah sekilas pembahasan tentang cara menerbitkan jurnal online yang telah dikupas tuntas dalam artikel kali ini. Semoga hal tersebut bisa sedikit memberikan pencerahan bagi Anda untuk lebih giat dan semangat dalam mempublikasikan karya ilmiah walau hanya sederhana saja contoh surat permohonan issn.

2 Komentar untuk CARA MENERBITKAN JURNAL ONLINE

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait CARA MENERBITKAN JURNAL ONLINE

KRITERIA JURNAL ILMIAH UNTUK KENAIKAN PANGKAT DOSEN PNS

KRITERIA JURNAL ILMIAH UNTUK KENAIKAN PANGKAT DOSEN PNS

T 24 Desember 2019 F A aankurn

Informasi terkait penulisan jurnal ilmiah untuk kenaikan pangkat dosen PNS harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Tidak diperbolehkan menggunakan jurnal palsu dan sebagainya yang dapat menyebabkan adanya sanksi disiplin. Jurnal yang Harus Dipertimbangkan dan Diwaspadai untuk Kenaikan Pangkat Dosen Berikut adalah... Selengkapnya

JURNAL PTK BK UNTUK MENJADIKAN GURU LEBIH PROFESIONAL

JURNAL PTK BK UNTUK MENJADIKAN GURU LEBIH PROFESIONAL

T 17 November 2019 F A aankurn

JURNAL PTK BK UNTUK MENJADIKAN GURU LEBIH PROFESIONAL-Sebagai bentuk penelitian yang bersifat reflektif, Jurnal PTK BK memiliki karakteristik tersendiri yang mengharuskan untuk melakukan tindakan-tindakan tertentu. Langkah ini bertujuan memperbaiki dan meningkatkan praktek pelayanan konseling agar lebih professional. Mengapa Guru BK... Selengkapnya

LIMA WEBSITE JURNAL TENTANG SOSIOLOGI

LIMA WEBSITE JURNAL TENTANG SOSIOLOGI

T 31 Desember 2019 F A aankurn

Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang kehidupan sosial masyarakat. Ilmu ini mengkaji tentang hubungan individu dengan individu lain atau dengan kelompok. Jika anda melakukan penelitian di bidang ini, berikut beberapa jurnal yang dapat dijadikan pilihan untuk publikasi. Jurnal Pemikiran... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.