Beranda » PEMBELAJARAN DARING » CONTOH PTS DI MASA PANDEMI COVID-19

CONTOH PTS DI MASA PANDEMI COVID-19

T Diposting oleh pada 20 Agustus 2021
F Kategori , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 908 kali

Kualitas pendidikan perlu dijaga di tengah terus berlangsungnya wabah korona atau covid-19 menjadi tantangan tersendiri. Selama dilakukan pembelajaran antara guru dan murid yang sebelumnya dilakukan melalui interaksi dilakukan di ruang kelas secara langsung kini tidak lagi bisa dilakukan. Berkomunikasi secara langsung dalam ruangan kelas antara guru dan murid dilarang sama sekali demi mencegah penyebaran virus covid-19. Oleh karenanya mutu pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi covid-19 perlu di tingkatkan. Salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi covid-19 adalah dengan di laksanakannya Penilaian Kinerja Guru (PKG).
School Action Research adalah penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini akan dilaksanakan di SD Negeri Tomahalu Kecamatan Tobelo Selatan. Pemilihan tempat ini di mana penulis bertugas sebagai kepala sekolah di SD Negeri Tomahalu Kecamatan Tobelo Selatan. Penelitian akan dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 .
Hasil penelitian ini adalah pada pra siklus peneliti baru mengamati seberapa besar Mutu pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi covid-19 dan ternyata hasilnya sangat rendah yakni mendapat skor rata-rata hanya mencapai 6,4 artinya mutu pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi covid-19 kurang baik
Lalu di lanjutkan siklus I peneliti (kepala sekolah) sudah mengadakan Penilaian Kinerja Guru (PKG) untuk memperbaiki mutu pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi covid-19 di SD Negeri Tomahalu Kecamatan Tobelo Selatan. Kepala sekolah mengevaluasi hal-hal yang telah terjadi selama observasi dan seluruh siklus proses observasi dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi covid-19.
Dapat diketahui bahwa Hasil dari observasi ada peningkatan nilai skor rata-rata dari sebelu atau pra siklus menuju ke siklus I, dimana hasil nilai skor rata-rata observasi pra siklus hanya mencapai skor 5 sementara pada siklus I mencapai 11,4 yang artinya mutu pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi covid-19 baik.
Selanjutnya pada siklus II Hasil observasi mencapai skor 15,8 artinya Mutu pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi covid-19 sangat baik.

Meningkatkan Mutu Para Pendidik Dalam Melakukan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Penilaian Kinerja Guru (PKG) di SD Negeri Tahun 2021”
Kata Kunci: Mutu Pendidik, Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19, Penilaian Kinerja Guru (PKG)

CONTOH PTK

DOWNLOAD KATALOG JUDUL

Demi terjaganya kwalitas pengajaran marupakan tantangan riil di tengah terus berlangsungnya pandemi corona atau covid-19. Aktivitas pelajaran antara pendidik dan peserta didik yang selama ini dikerjakan via interaksi secara lantas dikala ini tak lagi bisa dikerjakan. Berkomunikasi langsung di dalam kelas antara pengajar dan peserta ajar dilarang malahan dihapuskan sama sekali demi mencegah penyebaran covid-19.

Karena mewabahnya pandemi, kegiatan belajar mengajar (KBM) pun secara mendadak harus dilaksanakan dengan menggunakan sistem daring melalui jaringan internet atau pembelajaran jarak jauh. Pendidik dan peserta didik yang terbiasa menjalankan KBM dengan berkomunikasi secara langsung di dalam kelas, mau tak mau, sepatutnya menyesuaikan diri dan menerima cara belajar jarak jauh itu sebagai satu-satunya jalan dalam menjalankan KBM.

Perlu diketahui, tidak semua pendidik dan peserta didik, khususnya di tempat-tempat terpencil, mempunyai perangkat yang memenuhi persyaratan kepantasan bagi pengerjaan kegiatan daring.
Hal itu tentu menjadi tantangan tersendiri. Yang lebih terlihat adalah kurikulum pendidikan nasional malah secara legal dan komprehensif belum mengakomodasi dan mengadaptasi metode belajar jarak jauh.

Sejauh ini, kegiatan belajar mengajar secara daring cuma dianggap konsep, sebagai perangkat teknis, belum berkembang menjadi metode berdaya upaya dan paradigma pembelajaran. Oleh sebab itu, kekhawatiran terjadi penurunan kualitas pembelajaran, jangan diabaikan. Dengan kondisi mewabahnya covid-19 kita tak boleh menyerah dan mengabaikan kualitas pendidikan nasional mengalami penurunan di tengah ketidak jelasan pandemi.

Oleh maka kualitas pengajar dalam melakukan pembelajaran di masa pandemi covid-19 perlu di tingkatkan. Salah satu metode untuk meningkatkan kualitas pengajar dalam melakukan pelajaran di masa pandemi covid-19 merupakan dengan di laksanakannya Pengevaluasian Performa Guru (PKG)

Belum ada Komentar untuk CONTOH PTS DI MASA PANDEMI COVID-19

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait CONTOH PTS DI MASA PANDEMI COVID-19

PEMAHAMAN YANG SALAH SAAT PEMBELAJARAN ZONA HIJAU BERLANGSUNG

PEMAHAMAN YANG SALAH SAAT PEMBELAJARAN ZONA HIJAU BERLANGSUNG

T 20 Agustus 2020 F A aankurn

Saat pembelajaran zona hijau berlangsung, banyak stigma yang salah dari berbagai orang. Dengan begitu juga akan berdampak pada aktivitas siswa di sekolah masing-masing. Hal ini jika dibiarkan akan menimbulkan beberapa hal negatif. Beberapa Anggapan yang Salah saat Pembelajaran Zona Hijau... Selengkapnya

AKSES TEKNOLOGI MENJADI FAKTOR PENTING PEMBELAJARAN VIDEO SEMASA PANDEMI

AKSES TEKNOLOGI MENJADI FAKTOR PENTING PEMBELAJARAN VIDEO SEMASA PANDEMI

T 6 Agustus 2020 F A aankurn

Sejak pertama kali diberlakukan, pembelajaran video secara online di banyak sekolah ini memang menimbulkan keraguan akan efektivitasnya. Banyak orang tua beranggapan bahwa penyampaian materi tidak bisa berjalan sesuai target. Pentingnya Akses Teknologi saat Pembelajaran Video Banyak sekali warga Indonesia, terutama... Selengkapnya

METODE PEMBELAJARAN ZONA HIJAU UNTUK  LINGKUP SMA

METODE PEMBELAJARAN ZONA HIJAU UNTUK LINGKUP SMA

T 18 Agustus 2020 F A aankurn

Pedemi yang telah berlangsung ini memang merubah segala hal termasuk juga dalam pembelajaran di lingkup sekolah SD, SMP ataupun SMA. Bahkan pembelajaran zona hijau pun juga diberhentikan. Namun di tahun 2020 ini membelajaran akan kembali dilaksakan dengan acuan “New Normal”... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.