Beranda » Jurnal Inspirator Guru Volume 4 » DOWNLOAD JURNAL GRATIS INSPIRATOR GURU

DOWNLOAD JURNAL GRATIS INSPIRATOR GURU

T Diposting oleh pada 28 Januari 2022
F Kategori , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1039 kali

Volume 4 Nomor 2, Januari 2022
ISSN: 2654-2536

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS CERITA PENDEK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IX
Oleh:
Karsiti
SMP Negeri 253 Jakarta
Email: karsiti1970@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk tingkatkan kekuatan menulis teks cerita pendek lewat pemakaian media gambar berseri pada pelajar kelas IX-B SMP Negeri 253 Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini ialah pelajar kelas IX-B SMP Negeri 253 Jakarta yang sejumlah 36 pelajar.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yakni rencana, penerapan, penilaian, dan refleksi. Tehnik penghimpunan data yang dipakai dalam penelitian ini ialah pengamatan, catatan lapangan, angket, interview, test, dan dokumentasi photo. Instrument penelitian yang dipakai mencakup lembar pengamatan, catatan lapangan, angket, lembar penilaian ketrampilan menulis teks cerita pendek, dasar interviu, dan dokumentasi photo. Data yang terkumpul dikaji memakai tehnik analitis deskriptif kualitatif dan disokong dengan data kuantitatif.
Hasil penelitian ini memperlihatkan jika pemakaian media gambar berseri bisa tingkatkan kebolehan menulis teks cerita pendek pada pelajar kelas IX-B SMP Negeri 253 Jakarta baik dari sisi proses atau produk. Kenaikan proses bisa disaksikan pada kegiatan pelajar pada proses pembelajaran. Hal itu diperlihatkan dengan kenaikan pelajar dalam memerhatikan pembelajaran, keantusiasan, keaktifan, dan situasi pembelajaran di kelas lebih aman. Kenaikan kualitas proses berpengaruh positif pada kenaikan kualitas produk. Hal itu kelihatan di hasil test menulis teks cerita pendek dari tahapan pratindakan sampai siklus II alami kenaikan. Nilai rerata kelas bertambah, yakni pratindakan 67,79 siklus I 73,63, dan siklus II 78,50. Bisa diambil kesimpulan jika media gambar berseri sebagai salah satunya taktik menulis yang sanggup tingkatkan kekuatan menulis teks cerita pendek.

Kata Kunci: hasil belajar, menulis teks cerita pendek, media gambar berseri
Download PDF

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO PERSUATIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE PAIR CHECK PADA SISWA KELAS IX
Oleh:
Sutini
SMP Negeri 253 Jakarta

Email: sutini.purnomo@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pidato persuasif melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas IX-A SMP Negeri 253 Jakarta.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang telah dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas. Design penelitian ini memakai mode Kemmis dan McTaggart yang terbagi dalam rencana, penerapan dan pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas IX-A SMP Negeri 253 Jakarta, pada semester I tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan keterampilan menulis pidato mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks persuasif melalui model pembelajaran kontekstual. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Data hasil penelitian ini ditelaah dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil penilaian, deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil penilaian.
Pembelajaran tes dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis pidato pada materi teks persuasif pada siswa kelas IX-A SMP Negeri 253 Jakarta. Peningkatan keterampilan menulis pidato pada materi teks persuasif siswa kelas IX-A SMP Negeri 253 Jakarta dapat dilihat dari nilai tes siswa pada prasiklus, siklus I, dan siklus II yang meningkat.
Nilai rata-rata nilai pada siklus I sebesar 74,61 meningkat menjadi 83,75 pada siklus II. Pada siklus I nilai tes siswa kelas IX-A SMP Negeri 253 Jakarta nampak suatu perbedaan dengan hasil siklus I. Dari 32 siswa hanya 26 siswa saja (72,22%) yang mendapat nilai sesuai KKM. Kemudian setelah tindakan siklus II meningkat menjadi menjadi 34 siswa (94,44%). Penggunaan model pembelajaran kontekstual pada siklus II persentase keberhasilannya sudah mencapai KKM yang ditetapkan sebesar 73 dan ketuntasan klasikal sebesar 85% sehingga proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif berhasil.

Kata Kunci: kemampuan menulis, model pembelajaran cooperative, Pair Check
Download PDF

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK POKOK BAHASAN DALIL TENTANG QADA DAN QADAR ALLAH SWT. MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE PADA PESERTA DIDIK KELAS VI
Oleh:
Supriyanto
MI Negeri 2 Melawi

Email: priyankadivara@yahoo.co.id

ABSTRAK
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk tingkatkan keaktifan dan hasil belajar Aqidah Akhlak pelajar kelas VI.A MI Negeri 2 Melawi kecamatan Nanga Pinoh dengan pengaplikasian mode pembelajaran kooperatif type Rotating Trio Exchange.
Tipe penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini yakni pelajar kelas VI.A yang sejumlah 23 pelajar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Tehnik penghimpunan data memakai lembar pengamatan keaktifan belajar, test hasil belajar, dan dokumentasi. Sistem untuk analitis data yakni analitis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini memperlihatkan jika pengaplikasian mode pembelajaran kooperatif type Rotating Trio Exchange bisa tingkatkan keaktifan dan hasil belajar pelajar kelas VI.A MI Negeri 2 Melawi kecamatan Nanga Pinoh pada mata pelajaran Aqidah Akhlak inti pembahasan dalil mengenai qada serta qadar Allah Swt. di MI Negeri 2 Melawi kecamatan Nanga Pinoh. Kenaikan keaktifan belajar pelajar bisa disaksikan dari tiap-tiap siklus. Rerata prosentase keaktifan belajar pelajar di siklus I sejumlah 55,56% dan bertambah di siklus II jadi 76,07%. Kenaikan hasil belajar pelajar disaksikan dari kenaikan prosentase ketuntasan hasil belajar pelajar. Prosentase ketuntasan hasil belajar pelajar saat prasiklus yaitu sejumlah 44,44%, seterusnya bertambah saat siklus I jadi 72,22% dan bertambah kembali di siklus II jadi 100%.

Kata Kunci: hasil belajar, mode Rotating Trio Exchange
Download PDF

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MENGURAIKAN PENTINGNYA KEMERDEKAAN MENGELUARKAN PENDAPAT SECARA BEBAS DAN BERTANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS VII
Oleh:
Subandi
SMP Negeri 3 Panggul

Email: subandipanggul003@gmail.com

ABSTRAK
Dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 3 Panggul, guru mengalami masalah yang harus segera terpecahkan yakni prestasi belajar siswa masih rendah. Terutama di kelas VII-E SMP Negeri 3 Panggul tahun pelajaran 2018/2019, pada kompetensi menguraikan pentingnya kemerdekaan mengeluarkan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
Hasil nilai rata-rata siswa masih di bawah KKM sebesar 75. Maka dari hasil yang rendah itulah peneliti bertekad memperbaiki pembelajaran melalui sebuah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar menguraikan pentingnya kemerdekaan mengeluarkan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab melalui pembelajaran Jigsaw siswa kelas VII-E semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 di SMP Negeri 3 Panggul.
Tipe penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas yang dikerjakan di dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahapan rencana, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini hasil tes siklus I dan siklus II. Dari hasil tindakan penelitian ini dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar di kelas VII-E SMP Negeri 3 Panggul, semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 terbukti persentase ketuntasan klasikal dengan rentang nilai 75-100 siklus I sebesar 56,67%, meningkat pada siklus II terdapat 29 siswa atau 76,67%. Pencapaian ini sudah memenuhi target persentase ketuntasan yang ditetapkan yakni 70%. Rata-rata nilai siswa kelas VII-E yang pada prasiklus sebesar 68,5; siklus I sebesar 73,07; dan siklus II sebesar 77,20. Rata-rata ini telah mencapai target rata-rata ketuntasan yang ditetapkan yakni rata-rata nilai 75.

Kata Kunci: prestasi belajar, kemerdekaan mengeluarkan pendapat, dan Jigsaw
Download PDF

MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS MELALUI SUPERVISI AKADEMIK
Oleh:
Neneng Harti Suswati
SMP Negeri 1 Babelan Kabupaten Bekasi

Email: nenengharti69@gmail.com

ABSTRAK
Guru adalah satu diantara tenaga kependidikan yang memiliki peranan sebagai satu diantara faktor penentu kesuksesan tujuan pendidikan, karena guru langsung bersinggungan dengan peserta didik dalam aktivitas pembelajaran sesuai pekerjaan utama yakni mendidik, mengajarkan, menuntun, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
Salah satu kompetensi profesionalisme guru adalah meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Kenyataannya masih banyak guru pada SMP Negeri 1 Babelan Kabupaten Bekasi yang belum memahami pelaksanaan PTK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) melalui supervisi akademik pada SMP Negeri 1 Babelan Kabupaten Bekasi.
Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan pada guru SMP Negeri 1 Babelan Kabupaten Bekasi. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan seorang pengawas pembina satuan pendidikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas, hal ini terlihat dari indikator keberhasilan yang menunjukkan adanya peningkatan dari predikat cukup mejadi baik atau berhasil untuk perumusan judul PTK dan dari kurang berhasil ke cukup berhasil untuk laporan PTK.
Hal-hal yang diperoleh pada setiap siklus ditemukan peningkatan keberhasilan sebagai berikut: aktifitas dalam pembimbingan sudah berjalan semakin baik yaitu adanya diskusi baik antara pembimbing dengan guru-guru maupun antar guru sendiri, guru-guru sudah dapat membuat judul PTK dengan hasil baik, guru sudah dapat membuat laporan PTK sesuai harapan, ini terlihat dari hasil pembuatan laporan PTK. Walaupun kegitan penelitian yang dilaksanakan termasuk dalam kelompok berhasil atau baik, akan tetapi masih belum maksimal. Masih terdapat berbagai kelemahan, seperti: guru belum dapat memilih teori yang benar-benar mendukung penelitian. Teori terlalu luas tidak sesuai dengan kerangka berpikir.
Hasil penelitian dan pembahasan ditunjukkan dengan tabel atau grafik yang hampir sama pada semua PTK yang telah dibuat. Daftar pustaka yang dibuat masih menggunakan judul-judul buku lama dan peneliti belum pernah membaca sumber buku tersebut. Menyusun daftar pustaka belum sesuai kaidah penulisan serta masih ada PTK yang belum menyertakan foto-foto kegiatan. Implikasinya kepala sekolah diharapkan menggunakan supervisi akademik sebagai salah satu solusi ketika membimbing guru melaksanakan PTK dan terus mendorong dan memotivasi guru-guru untuk melaksanakan PTK baik dalam bentuk materi maupun non materi, waktu melakukan pembimbingan hendaknya dicari waktu yang luang dan pertemuan yang teratur supaya proses pembimbingan berjalan lebih baik agar kegiatan pembelajaran tidak terbengkalai dan guru pada umumnya perlu banyak-banyak membaca literatur baik dari beberapa buku atau internet.

Kata Kunci: supervisi akademik, kemampuan guru, ptk
Download PDF

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS 8
Oleh:
Tety Rosidah
SMP Negeri 7 Tambun Selatan

Email: tetyrosidah67@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan bermain terhadap peningkatan hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas 8.1 SMP Negeri 7 Tambun Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pendekatan bermain guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas 8.1.
Pendekatan bermain adalah bermain adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan atau tanpa menggunakan alat yang menghasilkan pengertian atau memberikan informasi, memberi kesenangan maupun mengembangkan imajinasi pada anak model bermain peran adalah proses belajar mengajar yang termasuk dalam sistem simulasi.
Berdasarkan peningkatan nilai yang diperoleh oleh siswa-siswi dimulai dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Dimana pada saat dilakukannya prasiklus ditemukan bahwa siswa-siswi yang mencapai nilai KKM sebesar 7,5%. Sehingga dilakukan tindakan siklus I dimana terjadi peningkatan siswa-siswi yang mencapai KKM menjadi sebesar 17,5%. Dikarenakan presentasi siswa-siswi yang mencapai KKM masih rendah dilakukanlah siklus II.
Pada tindakan siklus II mendapatkan peningkatan kembali pada siswa-siswi yang mencapai KKM sebesar 57,5%. Sedangkan jika dilihat dari tiga aspek penilaian afektif, kognitif, dan psikomotor terdapat peningkatan nilai dari tiap-tiap aspek seperti: a) Pada prasiklus untuk rata-rata nilai akhir para siswa dan siswi kelas 8.1 saat prasiklus sebesar 45,6%. b) Pada siklus I rata-rata nilai akhir para siswa dan siswi kelas 8.1 saat siklus I sebesar 62,4%. c) Pada siklus II meningkat sangat pesat untuk rata-rata nilai akhir para siswa saat siklus II sebesar 73,1%. Dengan demikian, hasil belajar siswa telah mencapai batas indikator keberhasilan yang telah ditentukan.

Kata Kunci: hasil belajar, shooting bola basket, pendekatan bermain
Download PDF

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS IX
Oleh:
Dewi Saribanon
SMP Negeri 253 Jakarta

Email: one.tedjakusumah@gmail.com

ABSTRAK
Pendekatan pembelajaran ini mengutamakan pada perkembangan untuk membangun manusia yang mempunyai kekuatan, tanggung-jawab, dan perhatian pada sesama. Tiap individu ditujukan supaya tercipta skema perubahan sikap yang bagus untuk hidupnya dalam masyarakat. Pelajar dan guru berlatih dan kerja bersama sebagai team buat mencapai keberhasilan bersama.
Penelitian ini dibatasi terkait peningkatkan keaktifan, langkah belajar dan prestasi belajar Matematika pelajar kelas IX-A semester ganjil SMP Negeri 253 Jakarta tahun pelajaran 2020/2021.
Adapun rumusan permasalahan dalam penelitian ini ialah, 1) Apa pemakaian sistem Discovery Learning bisa tingkatkan keaktifan, langkah belajar, dan prestasi belajar Matematika pelajar kelas IX-A semester ganjil SMP Negeri 253 Jakarta tahun pelajaran 2020/2021? 2) Apa mode pembelajaran Discovery Learning bisa tingkatkan keaktifan, langkah belajar, dan prestasi belajar Matematika materi perpangkatan dan wujud akar pelajar kelas IX-A semester ganjil SMP Negeri 253 Jakarta tahun pelajaran 2020/2021?
Hasil penelitian dijumpai jika kegiatan belajar pelajar dari semua faktor mengalami kenaikan. Prosentase hasil belajar ke siklus I sejumlah 72,22%, dan pada siklus II bertambah jadi 94,44%. Pencapaian angka itu sudah mencapai tanda kesuksesan 85%.
Berdasar hasil penelitian dan pembahasan yang sudah diuraikan pada bab awalnya, karena itu bisa diambil kesimpulan jika pemakaian mode pembelajaran Discovery Learning bisa tingkatkan kemampuan bekerja bersama, kemampuan belajar dan prestasi belajar pelajar kelas IX-A SMP Negeri 253 Jakarta tahun pelajaran 2020/2021 pada mata pelajaran Matematika. Mode pembelajaran Discovery Learning sangat cocok diaplikasikan di zaman saat ini dan efektif sekali jika diaplikasikan pada pembelajaran Matematika tentu saja dengan bimbingan guru dalam realisasinya.

Kata Kunci: hasil belajar, mode discovery learning
Download PDF

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI MEDIA ZOOM MEETING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI KELAS VIII
Oleh:
Ariyani Dwi Wahyuni
SMP Negeri 13 Kota Bekasi

Email: ariyanidwiwahyuni@gmail.com

ABSTRAK
Pembelajaran IPA sebelum dan sesudah pandemi Covid-19 menunjukkan proses yang sangat berbeda. Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar daring di kelas VIII.1 SMP Negeri 13 Kota Bekasi bahwa siswa sudah mulai terbiasa, akan tetapi tentu saja harus didukung dengan media pembelajaran daring yang memadai seperti aplikasi WhatsApp, zoom meeting dan lain-lain.
Kegagapan pembelajaran daring masih nampak terlihat di SMP Negeri 13 Kota Bekasi. Oleh karenanya guru yang disini berperan sebagai peneliti hendak menggunakan media zoom meeting dengan model pembelajaran Project Based Learning.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMP Negeri 13 Kota Bekasi pada kelas VIII.1. Adapun waktu penelitian dari bulan September-November 2021. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 sebanyak 42 siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 13 Kota Bekasi, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi. Tehnik penghimpunan data yang sudah dilakukan pada penelitian ini ialah metode pengamatan, metode test, dokumentasi dan interviu.
Setelah diadakan perbaikan pembelajaran menggunakan media zoom meeting dengan model pembelajaran Project Based Learning dapat dinyatakan ada peningkatan hasil belajar siswa dari 42 siswa kelas VIII.1 yang semula hanya ada 12 siswa pada prasiklus lalu pada siklus I ada 30 siswa yang nilainya sesuai KKM atau di atas KKM.
Peningkatan hasil belajar siswa tersebut karena peneliti dalam melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran menggunakan media zoom meeting dengan model pembelajaran Project Based Learning, dengan menggunakan metode ini ketuntasan belajar siswa yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan meningkat dari 28,57% menjadi 71,42%.
Berdasar pemrosesan data dan diskusi dengan pengamat dan kepala sekolah dan pembimbing, untuk menyelesaikan hasil belajar pelajar peneliti melangsungkan penyempurnaan pada siklus II yang hasilnya memperlihatkan kenaikan lebih bagus lagi, pada pembaruan siklus I dari 42 pelajar yang mendapatkan nilai ≥ 75 ke atas yang semulanya 30 pelajar atau 71,42% dan pada siklus II bertambah jadi 42 pelajar atau 100% mencapai tingkat ketuntasan.
Jadi hasil akhir penelitian ini adalah media zoom meeting dengan model pembelajaran.Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem gerak pada manusia.

Kata Kunci: hasil belajar ipa, sistem gerak pada manusia, media zoom meeting, model pembelajaran project based learning
Download PDF

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH GURU MELALUI PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SMP NEGERI 253 JAKARTA TAHUN 2021
Oleh:
Juwito
SMP Negeri 253 Jakarta

Email: rohmatjuwito@gmail.com

ABSTRAK
SMP Negeri 253 Jakarta merupakan sekolah dengan jumlah guru 30 orang. Golongan atau pangkat guru di SMP Negeri 253 Jakarta rata-rata sudah golongan III dan IV, namun belum semua guru melaksanakan peningkatan profesi melalui penulisan karya ilmiah.
Oleh karenanya disini peneliti yang juga berperan sebagai kepala SMP Negeri 253 Jakarta hendak meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini sebagai penelitian tindakan sekolah (school action research), karena penelitian dilaksanakan untuk pecahkan permasalahan proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMP Negeri 253 Jakarta.
Pemilihan tempat ini dimana peneliti bertugas sebagai kepala di sekolah tersebut. Penelitian akan dilakukan pada semester I tahun pelajaran 2021/2022. indikator kinerja dalam penelitian ini adalah pelatihan penelitian tindakan kelas dapat menjadi pendekatan yang efektif kepada guru dalam meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah guru.
Pada prasiklus peneliti baru mengamati seberapa besar kemampuan menulis karya ilmiah guru dan ternyata hasilnya sangat rendah yakni mendapat skor rata-rata cuma 4,8 atau 41,66% dari target skor maksimal yakni 12, artinya kemampuan menulis karya ilmiah guru kurang baik.
Lalu dilanjutkan siklus I peneliti (kepala sekolah) sudah mengadakan pelatihan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki kemampuan menulis karya ilmiah guru di SMP Negeri 253 Jakarta.
Dilihat dari hasil observasi ada peningkatan skor rata-rata dari prasiklus ke siklus I, dimana hasil skor rata-rata observasi prasiklus hanya mencapai skor 4,8 atau 41,66% sementara pada siklus I mencapai 9,4 atau 77,5% dari target skor maksimal yakni 12 yang artinya kemampuan menulis karya ilmiah guru baik. Hal ini berarti ada kenaikan 35,84% dari skor prasiklus.
Selanjutnya pada siklus II hasil observasi mencapai skor 11,2 atau 93,33% dari target skor maksimal yakni 12 artinya kemampuan menulis karya ilmiah guru sangat baik. Hal ini berarti ada kenaikan 15,83% dari skor siklus I.
Pelatihan penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah guru di SMP Negeri 253 Jakarta dapat dilakukan sesuai protokol kesehatan karena mencegah penyebaran Covid-19. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa, pelatihan penelitian tindakan kelas sangat efektif untuk meningkatakan kemampuan menulis karya ilmiah guru, karena guru memiliki kesempatan membuat dan mempraktekkan langsung cara penulisan karya ilmiah yang benar.

Kata Kunci: kemampuan menulis karya ilmiah guru, pelatihan penelitian tindakan kelas
Download PDF

PENYELENGARAAN WORKSHOP IT UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM HAL PENGGUNAAN IT SEBAGAI MEDIA MENGAJAR DI MTS NEGERI NANGA PINOH
Oleh:
H. Sugeng
MTs Negeri Nanga Pinoh

Email: h.sugeng.s.ag.@gmail.com

ABSTRAK
Kedatangan dan kecepatan perubahan information tecknology (seterusnya disebutkan IT) sudah mengakibatkan berlangsungnya proses peralihan menghebohkan dalam semua faktor kehidupan. Kedatangan IT tidak memberi alternatif lain ke dunia pendidikan. Sekarang guru dalam penggunaan kemajuan IT pada proses pembelajaran dan aktivitas lain dipandang masih gaptek. Di mana pembelajaran interaktif (e-learning) yang juga harus mengikutsertakan beberapa guru dalam sektor study lainnya akan terhalang. Peranan pengawas sekolah penting dalam lebih memajukan sekolah, terutamanya kepenguasaan beberapa guru dalam pemakaian IT.
Berdasar beberapa hal di atas karena itu pengawas sekolah yang di sini bertindak sebagai peneliti berminat untuk ambil judul “Penyelenggaraan Workshop IT untuk Meningkatkan Kapabilitas Guru dalam Hal Pemakaian IT sebagai Media Mengajar di MTs Negeri Nanga Pinoh Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Hasil penelitian ini ialah pada siklus pertama ini di dikerjakan 1 kali tatap muka workshop. Pada siklus pertama ini periset langsung memperhatikan kenaikan kompetensi guru dalam memakai IT sebagai media mengajar. Walau pada siklus I ini score pencapaian yang diraih ialah 153 yang masih tidak cukup dari score harapan, tetapi hasil dari penelitian di siklus yang pertama ini peneliti telah mendapati hasil positif. Ini bisa dibuktikan dengan semangat yang diperlihatkan guru dalam ikuti workshop.
Siklus ke-2 ini sebagai refleksi dari siklus yang pertama. Pada siklus ke-2 ini diharap jika workshop IT sanggup tingkatkan kompetensi guru dalam soal pemakaian IT sebagai media mengajar di MTs Negeri Nanga Pinoh Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi tepat sasaran. Hasil dari pengamatan siklus II dipastikan jika ada kenaikan kompetensi guru dalam soal pemakaian IT sebagai media mengajar dari siklus I ke siklus II, score pencapaian pada siklus II ini bertambah jadi 211. Score itu telah melewati score harapan yang ditetapkan yakni 162.
Selanjutnya pada siklus III bertambah kembali jadi 216. Karena itu penerapan workshop IT dalam meningkatkan kompetensi guru dalam soal pemakaian IT sebagai media mengajar di MTs Negeri Nanga Pinoh Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi tepat sasaran.

Kata Kunci: penyelenggaraan workshop it, kompetensi guru dalam soal pemakaian it sebagai media mengajar
Download PDF

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI TEKNIK SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS PADA GURU-GURU MA BAITULMAL PANCASILA KECAMATAN NANGA PINOH
Oleh:
Ambia
MA Baitulmal Pancasila

Email: sulthan0397@gmail.com

ABSTRAK
Berdasarkan penjajakan awal yang peneliti lakukan di MA Baitulmal Pancasila, rata-rata prestasi belajar siswa output MA Baitulmal Pancasila cukup tinggi. Hasil belajar yang tinggi tentu saja dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah faktor kemampuan guru. Guru yang mempunyai kemampuan tinggi dalam mengelola pembelajaran, seperti dalam hal menggunakan media pembelajaran tentu akan mempermudah siswa memahami materi pelajaran yang disampaikan, yang secara langsung berakibat pada tingginya prestasi belajar siswa.
Bertitik tolak dari pemikiran di atas, maka kepala madrasah hendak meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran melalui teknik supervisi kunjungan kelas. Penelitian ini sebagai penelitian tindakan sekolah (school action research). Penelitian ini dilaksanakan di MA Baitulmal Pancasila. Penelitian akan dilakukan pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Sistem penghimpunan data dalam penelitian ini ialah tehnik pengamatan, wawancacara, dan dokumentasi.
Pada prasiklus peneliti baru memperhatikan seberapa besar kemampuan guru dalam memakai media pembelajaran dan rupanya hasilnya benar-benar rendah yaitu mendapatkan score rerata cuman capai 6,17 maknanya kemampuan guru dalam memakai media pembelajaran Kurang Baik.
Dilihat hasil dari supervisi ada kenaikan score rerata dari prasiklus ke siklus I, di mana hasil score rerata pengamatan prasiklus hanya mencapai score 6,17 sementara pada siklus I capai 11,03 yang maknanya kemampuan guru dalam memakai media pembelajaran pada pembelajaran tematik Baik.
Selanjutnya pada siklus II hasil supervisi mencapai skor 14,9 artinya kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran tematik Sangat Baik.
Tehnik supervisi kunjungan kelas di MA Baitulmal Pancasila bisa dilaksanakan lewat penilaian dan pengawasan kepala madrasah dalam tehnik supervisi kunjungan kelas. Hasil dari analitis didapat hasil jika, tehnik supervisi kunjungan kelas benar-benar efektif untuk meningkatakan kemampuan guru dalam memakai media pembelajaran, karena guru mempunyai kesempatan mendiskusikan secara bersama untuk membahas dan memecahkan persoalan berdasar kondisi di atas lapangan, selanjutnya bisa melakukan perbaikan atau melakukan tindak lanjut pada siklus selanjutnya secara terus menerus jika permasalahan belum terpecahkan.

Kata Kunci: kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran tematik, teknik supervisi kunjungan kelas
Download PDF

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI POKOK GEJALA DIASTROPISME DAN VULKANISME MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS VII
Oleh:
Dasta Sutrisna
SMP Negeri 2 Cikeusik

Email: dastasutrisna@gmail.com

ABSTRAK
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini ialah pembelajaran yang menuntut adanya keterlibatan aktif dari semua pelajar . Maka dalam semua serangkaian aktivitas pembelajaran terpusat pada pelajar, dan tugas guru cuma untuk motivator dan fasilitator didalamnya supaya situasi kelas makin hidup.
Salah satunya pembelajaran yang mengaplikasikan hal itu ialah adalah mode pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script. Tipe penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) atau (classroom action research). Mode PTK yang dipakai ialah mode spiral dari Kemmis, S. dan Mc Taggart, R dengan memakai 2 siklus, masing-masing siklus terbagi dalam 2x pertemuan dengan tahapnya yaitu 1) rencana tindakan (rencana), 2) penerapan tindakan (action) dan penilaian (observation), dan 3) refleksi (reflection).
Subyek penelitian ialah pelajar kelas VII SMP Negeri 2 Cikeusik sekitar 23 pelajar. Tehnik penghimpunan data dengan tehnik test dan non test. Adapun instrument risetnya dengan memakai butir-butir masalah dan lembar pengamatan. Tehnik analitis yang dipakai ialah deskriptif komparatif yakni dengan memperbandingkan catatan statistik yang mencakup mean, standard deviasi, score minimal-maksimal dan prosentase ketuntasan belajar.
Hasil dari penelitian ini memperlihatkan jika ada kenaikan hasil belajar IPS pelajar sesudah memakai mode pembelajaran Cooperative Script. Ini terlihat pada perbedaan score rerata prasiklus, siklus I, dan siklus II yaitu 66,61 : 76,13 : 84,61 yang memiliki arti ada kenaikan dari prasiklus ke siklus dan dari prasiklus ke siklus II. Ketuntasan belajar klasikal pada keadaan prasiklus, siklus I dan siklus II yaitu 52,17% : 73,91% : 100%.
Dan perbedaan score minimum pada keadaan prasiklus, siklus I dan siklus II yaitu sejumlah 48 : 55 : 70, dan perbedaan score optimal pada keadaan prasiklus, siklus I dan siklus II yaitu 82 : 92 : 100. Hasil dari penelitian ini bisa mendorong guru kelas VII SMP Negeri 2 Cikeusik supaya terinspirasi untuk mengaplikasikan mode pembelajaran Cooperative Script pada pembelajaran IPS karena terbukti bisa meningkatkan hasil belajar IPS pelajar. Untuk periset seterusnya agar dijadikan bahan pemikiran untuk lakukan penelitian selanjutnya tentang pembelajaran IPS di kelas VII dengan memakai mode pembelajaran Cooperative Script.

Kata Kunci: hasil belajar, mode pembelajaran cooperative script
Download PDF

Belum ada Komentar untuk DOWNLOAD JURNAL GRATIS INSPIRATOR GURU

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

a Artikel Terkait DOWNLOAD JURNAL GRATIS INSPIRATOR GURU

CARA PUBLIKASI JURNAL NASIONAL GRATIS

CARA PUBLIKASI JURNAL NASIONAL GRATIS

Cara publikasi jurnal nasional gratis memang sedang diidam-idamkan banyak orang, karena hal tersebut merupakan sebuah langkah awal untuk membuka gerbang kesuksesan dalam bidang penelitian serta penerbitan bagi berbagai kalangan akademisi yang ingin menelurkan karyanya. Bagaimana Mempublikasikan Jurnal Nasional Secara Gratis?... Selengkapnya

BIAYA PENERBITAN JURNAL NASIONAL

BIAYA PENERBITAN JURNAL NASIONAL

T 20 Februari 2020 F , , A aankurn

Berbicara mengenai biaya penerbitan jurnal nasional, maka hal tersebut tak bisa dipatenkan dengan jelas karena bergantung pada pihak penerbitnya masing-masing serta paket layanan khususnya. Jadi, di sini Anda tidak boleh menganggap adanya harga mahal atau murah. Untuk Apa Biaya Penerbitan... Selengkapnya

JURNAL PTK BAHASA INDONESIA Pdf

JURNAL PTK BAHASA INDONESIA Pdf

Membuat jurnal PTK Bahasa Indonesia pdf rupanya masih sangat diperlukan, karena mata pelajaran tersebut menjadi kesulitan tersendiri bagi siswa. Padahal hal itu sering dianggap remeh karena merupakan dialek sehari-hari yang pastinya sudah biasa dikuasai dengan baik. Faktor Kesulitan Belajar Bahasa... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.