Beranda » Jurnal Ilmiah » JENIS-JENIS JURNAL ILMIAH BAHASA INGGRIS

JENIS-JENIS JURNAL ILMIAH BAHASA INGGRIS

T Diposting oleh pada 26 November 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1818 kali

Jurnal Ilmiah Bahasa Inggris dapat dikategorikan menjadi dua jenis. Pertama, Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris. Kedua, jurnal dengan tema selain pendidikan yang menggunakan Bahasa Inggris atau biasa disebut dengan Jurnal Internasional.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Inggris

Jurnal Ilmiah merupakan referensi penting dan dibutuhkan oleh orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, terlebih bagi dosen, mahasiswa dan peneliti. Saat ini, akses situs jurnal baik nasional, maupun internasional dapat dengan mudah dilakukan.

Jurnal ilmiah tentang Pendidikan Bahasa Inggris memiliki cakupan bahasan yang luas. Mulai dari penelitian tentang empat keterampilan berbahasa, yakni listening, speaking, reading dan writing hingga masalah metode dan media dalam pembelajaran.

Susunan bahasa yang digunakan juga harus memakai kaidah penulisan yang baik dan benar. Untuk jurnal pendidikan ini, tidak harus menggunakan bahasa Inggris. Karena pembahasan topik utama hanya seputar peserta didik saja. Dalam artian meningkatkan hasil belajar siswa terkait pelajaran di kelas.

Jurnal Ilmiah Berbahasa Inggris atau Jurnal Internasional

Jurnal yang menggunakan Bahasa Inggris, tidak hanya membahas seputar pendidikan Bahasa Inggris saja. Namun, Ilmu pengetahuan lain juga menjadi topik bahasan beberapa jurnal ilmiah, baik nasional maupun internasional.

Untuk jurnal nasional, Anda dapat mengaksesnya di website Universitas tertentu. Hal ini sama dengan pencarian jurnal seputar Pendidikan Bahasa Inggris. Karena pada intinya yang menjadi pembeda adalah topik atau masalah apa yang sedang dicari.

Jurnal ilmiah internasional yang menggunakan Bahasa Inggris memiliki tema beragam. Mulai dari pendidikan, ekonomi, teknologi, kesehatan, politik dan masih banyak lagi. Artikel-artikel yang disajikan juga memuat berbagai penelitian seputar topik sesuai dengan nama jurnal tersebut.

Situs Jurnal Ilmiah Bahasa Inggris

Berikut ini adalah beberapa situs penyedia pilihan jurnal ilmiah Bahasa Inggris internasional:

1. DOAJ (Directory of Open Access Journals)

DOAJ adalah situs yang menyediakan beragam jurnal dan artikel ilmiah dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia, karena memiliki sistem open access. Hingga saat ini telah terdapat lebih dari 11.000 jurnal yang berasal dari 127 negara dan lebih dari 3 juta artikel.

2. EBSCO

Situs EBSCO ini memberikan referensi ilmiah dengan beragam topik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari pendidikan, kesehatan, politik dan pemerintahan, militer dan masih banyak lagi. Pastikan saat membaca pandai mengolah kosa kata bahasa Inggris.

3. Google Schoolar

Situs ini adalah milik perusahaan Google. Terdapat ratusan ribu artikel yang dapat Anda akses dengan beragam pilihan format. Google Scholar menyediakan berbagai jenis paper, tesis, artikel, e-book dan referensi ilmiah lainnya secara gratis.

4. Research Gate

Research Gate merupakan platform sosial media yang menyediakan referensi ilmiah dan terdapat forum diskusi yang melibatkan para peneliti di seluruh dunia. Jurnal-jurnal seputar pendidikan S1 dan S2 dapat dengan mudah Anda dapatkan di sini.

5. Academia.edu

Situs yang satu ini cukup populer di kalangan dosen, mahasiswa dan para peniliti. Academia.edu dikenal dengan sebutan sosial media para akademisi. Anda bisa mengikuti beberapa peneliti untuk mendapatkan jurnal sesuai tema yang diinginkan.

6. Scopus

Scopus merupakan direktori data pustaka jurnal akademik. Terdapat lebih dari 22 ribu judul dari 5 ribu penerbit dengan beragam bidang penelitian. Mulai dari teknik, kedokteran, sains, ilmu sosial, kesenian, humaniora dan lainnya. Scopus adalah pangkalan data milik Elseiver.

Demikian jenis-jenis jurnal ilmiah Bahasa Inggris dan beberapa situs untuk mengaksesnya. Pastikan Anda menemukan kriteria yang sesuai dengan pencarian.

Belum ada Komentar untuk JENIS-JENIS JURNAL ILMIAH BAHASA INGGRIS

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait JENIS-JENIS JURNAL ILMIAH BAHASA INGGRIS

JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI

JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI

Mempublikasikan jurnal nasional terakreditasi bukanlah pekerjaan gampang untuk dilakukan. Hanya orang-orang dengan pengetahuan luas serta memiliki skill kepenulisan berkualitas saja yang dapat menjalankannya. Di sana juga ada beberapa syarat agar karya ilmiah Anda bisa diakreditasi. Syarat Agar Jurnal Terakreditasi Nasional... Selengkapnya

ARTIKEL JURNAL ILMIAH

ARTIKEL JURNAL ILMIAH

Bagi Anda yang masih kebingungan dan berkali-kali gagal dam menerbitkan artikel jurnal ilmiah, maka seharusnya mengetahui komponen-komponen penilaiannya ketika sudah masuk proses seleksi oleh penerbit. Selain itu, seorang penulis juga harus paham kiat-kiat lolos publikasi karya penelitian artikel jurnal pdf.... Selengkapnya

JURNAL NASIONAL DAN INTERNASIONAL

JURNAL NASIONAL DAN INTERNASIONAL

Sebagian orang masih sulit membedakan antara jurnal nasional dan internasional hingga saat ini. Padahal, kedua aspek tersebut mempunyai perbedaan cukup signifikan sehingga mengidentifikasinya pun lumayan mudah.Jadi, sebenarnya tidak ada alasan khusus untuk menentukan perbedaanya. Perbedaan Signifikan Jurnal Nasional dan Internasional... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.