Beranda » Jurnal Ilmiah » URGENSI & TEMA POKOK JURNAL ILMIAH KENAIKAN PENGKAT GURU SMP

URGENSI & TEMA POKOK JURNAL ILMIAH KENAIKAN PENGKAT GURU SMP

T Diposting oleh pada 23 Desember 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 185 kali

Kenaikan pangkat adalah salah satu hal yang sangat diidamkan oleh Pegawai Negeri Sipil, khususnya seorang guru. Hal itu menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi mereka terkait kecemerlangan karir.

Dalam rangka menaikkan pangkat tersebut, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Apa saja? Salah satunya adalah guru harus mempublikasikan penelitian dalam bentuk jurnal ilmiah. Pada kesempatan kali ini akan diulas lebih detail mengenai jurnal ilmiah kenaikan pangkat guru SMP.

Mengapa Guru PNS Harus Menulis Jurnal Ilmiah?

Bagi seorang guru PNS, menulis jurnal ilmiah untuk menaikkan pangkat golongan kepegawaian mereka merupakan suatu keharusan. Namun, hal ini tidak berlaku bagi guru yang mempunyai golongan IIIb ke bawah.

Bagi guru yang ingin naik pangkat menjadi golongan IIIb ke atas, mereka wajib mempublikasikan artikel dan penelitian dalam wujud jurnal ilmiah. Penelitian tersebut misalnya jurnal sederhana, Penelitian Tindakan Kelas, dan penelitian lain yang berkaitan dengan pendidikan.

Selanjutnya, guru dengan pangkat pembina tingkat 1 atau golongan IIIb jika ingin naik pangkat ke golongan IIIc, maka guru tersebut wajib membuat kegiatan publikasi ilmiah atau karya inovatif dengan angka kredit minimal 4.

Kemudian guru yang berasal dari pangkat penata atau golongan IIIc jika ingin naik ke penata tingkat 1 atau golongan IIId, maka harus membuat kegiatan publikasi ilmiah atau karya inovatif lainnya minimal memperolah angka kredit sebanyak 6.

Lebih lanjut, Guru dengan pangkat penata tingkat 1 apabila menginginkan untuk naik pangkat ke guru pembina atau golongan IVa, maka harus membuat kegiatan publikasi ilmiah atau karya inovatif dengan jumlah angka kredit minimal sebanyak 8.

Terakhir, guru PNS yang ingin naik pangkat dari golongan IVa menuju ke IVb, maka mereka haruslah membuat kegiatan publikasi ilmiah atau karya inovatif jurnal dengan minimal angka kredit yang terkumpul berjumlah 12.

Itulah alasan mengapa seorang pendidik dalam Aparat Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Sekolah Menengah Pertama harus menulis jurnal ilmiah kenaikan pangkat guru SMP, baik berupa penelitian maupun karya tulis tentang pendidikan.

Topik-Topik Karya Jurnal Ilmiah Guru Tingkat SMP

Sebelumnya menulis jurnal, guru haruslah menentukan topik apa yang akan mereka teliti. Pada jenjang SMP, ada beberapa topik yang harus menjadi perhatian guru dan bisa ditulis ke dalam jurnal ilmiah. Hal tersebut adalah:

1. Motivasi Belajar Siswa

Siswa pada tingkat Sekolah Menengah Pertama seringkali belum menemukan jati diri mereka dan motivasi belajar yang pas. Mereka seringkali hanya ikut arus tanpa memiliki pendirian sendiri. Oleh karena itu, tema ini sangat menarik diteliti oleh seorang guru.

2. Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Siswa

Setiap siswa pasti mempunyai kesulitan belajar mereka masing-masing. Nah, seorang guru yang profesional harus mengerti hal tersebut demi terjadinya kelancaran dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Guru juga perlu untuk mengadakan riset yang berkaitan dengan masalah ini.

3. Gaya Belajar Siswa

Dalam kelas, tidak semua siswa bisa diperlakukan sama karena mereka mempunyai style belajarnya masing-masing. Oleh sebab itu, guru harus meyelidiki gaya belajar yang dimiliki peserta didik agar mereka tahu mana metode yang pas untuk mengajar.

Itulah ulasan sederhana mengenai penulisan jurnal ilmiah kenaikan pangkat guru SMP dan juga rekomendasi topik yang menarik untuk diteliti. Jadilah guru yang bisa menjadi contoh serta produktif untuk menulis jurnal ilmiah agar cepat naik pangkat.

Belum ada Komentar untuk URGENSI & TEMA POKOK JURNAL ILMIAH KENAIKAN PENGKAT GURU SMP

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait URGENSI & TEMA POKOK JURNAL ILMIAH KENAIKAN PENGKAT GURU SMP

JURNAL ILMIAH 2019: PENGERTIAN DAN FUNGSI

JURNAL ILMIAH 2019: PENGERTIAN DAN FUNGSI

T 14 November 2019 F A aankurn

JURNAL ILMIAH 2019: PENGERTIAN DAN FUNGSI-Media diseminasi hasil penelitian dalam suatu disiplin keilmuan telah menjadi faslitas dari jurnal ilmiah 2019. Kehadirannya di tahun ini menjadi sangat rentan diperhatikan, guna memunculkan output kajian yang dapat dijadikan refrensi maupun diterbitkan di berbagai... Selengkapnya

MENGENAL JURNAL PTK SENI BUDAYA

MENGENAL JURNAL PTK SENI BUDAYA

T 12 Desember 2019 F A aankurn

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memiliki jenis yang banyak. Salah satunya adalah Seni Budaya. Jurnal PTK Seni Budaya sendiri meliputi beberapa tema. Misalkan seni musik, seni tari, seni rupa, seni kriya, dan masih banyak lainnya. Tujuan PTK Seni Budaya Penelitian Tindakan... Selengkapnya

JURNAL PTK TENTANG PENDIDIKAN DAN KARAKTERISTIKNYA

JURNAL PTK TENTANG PENDIDIKAN DAN KARAKTERISTIKNYA

T 26 Desember 2019 F A aankurn

Jurnal PTK Pendidikan merupakan penelitian dalam bentuk karya ilmiah jurnal yang membahas seputar dunia pendidikan. Jurnal ini bersifat universal, mengingat pembahasan dunia pendidikan sangat luas dan beragam. Mulai dari isu-isu pendidikan maupun proses pembelajaran peserta didik. Tujuan Jurnal PTK Pendidikan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.