Beranda » Jurnal Inspirator Guru Volume 2 » JURNAL INSPIRATOR GURU

JURNAL INSPIRATOR GURU

T Diposting oleh pada 29 Mei 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 276 kali
contoh ptk yang dijurnalkan

Volume 2 Nomor 4, Mei 2020
ISSN: 2654-2536

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA (MEMBACA) MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK (PARTISIPATIF) SISWA KELAS I SD NEGERI 79/I TELUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Oleh:
Endang Yuliawati
SDN 79/I Teluk

ABSTRAK
Peningkatan ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia (membaca) melalui pembelajaran kelompok (partisipasif) di kelas I SD Negeri 79/I Teluk tahun pelajaran 2019/2020.
Pemusan masalah yang diajukan adalah apakah melalui pembelajaran kelompok (partisipatif) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia (membaca) di kelas I SD Negeri 79/I Teluk tahun pelajaran 2019/2020.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas, sedangkan strategi yang digunakan adalah studi kasus dengan langkah-langkah menyusun rencana, mengadakan tindakan, observasi, dan mengadakan refleksi. Teknik sampling dalam penelitian ini tanpa melakukan seleksi atau peneliti tidak membatasi jumlah informan atau siswa yang diteliti, sedangkan peneliti yang diteliti sejumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi langsung, dan tes. Analisis data adalah analisis kasus.
Dari keseluruhan putaran atau siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa guru telah mampu meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia (membaca) melalui pembelajaran kelompok (partisipatif) siswa kelas I SD Negeri 79/I Teluk tahun pelajaran 2019/2020 dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan melalui pembelajaran kelompok (partisipatif) serta selalu membawa unsur-unsur dalam pembelajaran. Dalam setiap putaran atau siklus selalu membawa dampak yang positif yatu kerana peningkatan perkembangan kemampuan dan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I SD Negeri 79/I Teluk tahun pelajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Prestasi Belajar, Pembelajaran Kelompok (Partisipatif)
Download PDF

UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI PEMBELAHAN SEL DI KELAS XII MIPA 1 DI SMA NEGERI 1 JONGGAT KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2019/2020
Oleh:
Pitriatulail
SMAN 1 Jonggat

ABSTRAK
Pertama, dalam Penelitian Tindakan Kelas ini peneliti meneliti tentang minat, di samping itu tidak harus ada proses karena minat bisa dilihat dari tingkah laku siswa, keseharian siswa dan banyak lagi. Dan peneliti melihat minat siswa yaitu dari angket, seharusnya peneliti hanya meneliti tentang minat saja tidak perlu meneliti tentang hasil belajar tetapi karena penelitian ini jenisnya yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Jadi, peneliti membuat hasil belajar juga karena jenis Penelitian Tindakan Kelas tidak mudah bila tidak melalui proses tindakan kelas yaitu melalui hasil belajar siswa.
Kedua, serta hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran Biologi materi Pembelahan Sel memiliki hasil belajar kelas dengan rata-rata sebesar 62,5 dengan ketuntasan kelas 19,44%. Dalam hal ini hasil belajar peserta didik masih di bawah indikator keberhasilan dan ingin dilakukan perubahan.
Ketiga, berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II setelah diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwing ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi materi Pembelahan Sel di Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Jonggat, Jonggat, Lombok Tengah. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik yang meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwing. Pada tahap pra siklus rata-rata hasil belajar 62,5 dengan ketuntasan klasikal 19,44%. Pada siklus I rata-rata 76,11 dengan ketuntasan klasikal 58,33%. Dan pada siklus II rata-rata 86,38 dengan ketuntasan klasikal mencapai 100%.
Keempat, berdasarkan hasil penelitian pada kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Jonggat, Jonggat, Lombok Tengah, mengenai penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing minat belajar siswa cukup meningkat.
Kelima, penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan minat belajar siswa, terlihat pada hasil angket yang dilakukan oleh peneliti (guru) dikategorikan baik dalam pengelolaan pembelajaran.

Kata Kunci: Minat Belajar Siswa, Model Snowball Throwing
Download PDF

UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN LARI JARAK PENDEK MELALUI MODEL BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 85/I SUMBER REJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Oleh:
Fauzia
SDN No.85/I Sumber Rejo

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan lari jarak pendek melalui model bermain pada siswa kelas V SD Negeri No. 85/I Sumber Rejo Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri No. 85/I Sumber Rejo Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 27 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model bermain dapat meningkatkan minat, keaktifan, dan keterampilan lari jarak pendek siswa dari Pra Tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada Pra Tindakan belum menggunakan model bermain sehingga minat, keaktifan, dan keterampilan lari jarak pendek siswa rendah. Peningkatan terjadi pada siklus I. Minat, keaktifan, dan keterampilan lari jarak pendek siswa meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan minat, keaktifan, dan keterampilan lari jarak pendek siswa meningkat menjadi tinggi sehingga bisa mendukung suatu pembelajaran yang berkualitas.
Simpulan penelitian ini adalah melalui model bermain meningkatkan minat, keaktifan, dan keterampilan lari jarak pendek siswa Kelas V SD Negeri No. 85/I Sumber Rejo.

Kata Kunci: Model Bermain, Keterampilan Lari Jarak Pendek
Download PDF

UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN KOMPONEN RPP K13 MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERKALA DI SMP NEGERI 12 SENAYANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Oleh:
Muslimah
SMPN 12 Senayang

ABSTRAK
Monitoring dan evaluasi kepala sekolah menunjukkan bahwa hanya 67% dari semua guru 9 orang yang bisa menyusun RPP K13 pada siklus I dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. Salah satu faktor penyebab adalah kurang sosialisasi pelatihan kepada guru-guru, Kondisi tersebut dipengaruhi oleh: (1) kesibukan guru, (2) kurang adanya pendampingan dan (3) kurang sosialisasi.
Terkait dengan permasalahan di atas, perlu adanya bantuan penanganan yang memadai. Dalam hal ini upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanakan pendampingan, yang bertujuan pada peningkatan kompetensi guru melalui siklus yang sistematis. Analisa data yang dilaksanakan menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan tahapan siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) langkah meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini, 9 orang guru dari sekolah yang menjadi subyek penelitian, semuanya menunjukkan peningkatan kompetensi sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Saran yang diajukan adalah: (1) perlu diintensifkan peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP K13 melalui kegiatan pendampingan atau sejenisnya (2) untuk meningkatkan kompetensi guru, sekolah, perlu adanya wahana semacam IHT, agar mereka dapat saling bertukar pengalaman melalui dialog akademis.
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru pada SMP Negeri 12 Senayang Kabupaten Lingga Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru-guru pada SMP Negeri 12 Senayang. Penelitian ini lebih menekankan pada pembinaan terhadap guru dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menyusun RPP K13. Adapun jumlah guru yang di jadikan subjek sebanyak 9 orang guru.

Kata kunci: Kompetensi Guru, RPP K13 dan Supervisi Akademik Berkala
Download PDF

PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP PECAHAN SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI NO. 85/I SUMBER REJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Oleh:
Nurhayati
SDN No. 85/I Sumber Rejo

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul ”Penggunaan Metode Role playing untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Konsep Pecahan Sederhana pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III SD Negeri No. 85/I Sumber Rejo Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah penggunaan metode role playing dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan pemahaman terhadap konsep pecahan sederhana siswa kelas III SD Negeri No. 85/I Tahun Pelajaran 2019/2020?
Berangkat dari rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki pembelajaran hitung pecahan yang dilaksanakan, sehingga dalam prosesnya penelitian ini dilaksanakan untuk (1) Menganalisis dampak penggunaan metode role playing dalam peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep pecahan sederhana pada pembelajaran Matematika siswa kelas III SD Negeri No. 85/I Sumber Rejo Tahun Pelajaran 2019/2020.
Sumber data berasal dari siswa kelas III SD Negeri No. 85/I Sumber Rejo Kabupaten Banjarnegara yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data melalui hasil tes formatif yang dilakukan. Secara garis besar penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan dalam proses pengkajian berdaur (PTK) yaitu meliputi: perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif, selanjutnya dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui tuntas dan tidaknya belajar.
Berdasarkan hasil tes formatif dari siklus pertama dan kedua didapatkan ketuntasan belajar siswa yang meningkat. Dari siklus awal hanya ada 12 siswa dari 23 siswa atau 52,17% yang tuntas, kemudian meningkat pada siklus pertama menjadi 18 siswa dari 23 siswa atau 78,26%, dan pada siklus kedua mencapai ketuntasan 100% yaitu ada 23 siswa yang tuntas dari 23 siswa.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan dari pengkajian ini, meliputi: (1) Penggunaan metode bermain peran dalam pembelajaran Matematika kompetensi dasar Pecahan Sederhana mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. (2) Penggunaan metode bermain peran dalam pembelajaran Matematika kompetensi dasar Pecahan Sederhana mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar terhadap materi.

Kata Kunci: Model Bermain, Konsep Pecahan Sederhana
Download PDF

IMPLEMENTASI METODE BERMAIN DAN MEDIA BANTU DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN GERAK DASAR DALAM LOMPAT JAUH SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BABAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Oleh:
Dwi Setiani
SDN 1 Babat

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan gerak dasar lompat jauh melalui pendekatan bermain dan media bantu pada siswa kelas V SD Negeri 1 Babat Tahun Pelajaran 2019/2020
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Babat Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 34 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan bermain dan media bantu dapat meningkatkan minat, keaktifan, dan penguasaan gerak dasar lompat jauh siswa dari pra tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada pra tindakan belum menggunakan pendekatan bermain dan media bantu sehingga minat, keaktifan, dan penguasaan gerak dasar lompat jauh siswa rendah. Peningkatan terjadi pada siklus I. Minat, keaktifan, dan penguasaan gerak dasar lompat jauh siswa meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan minat, keaktifan, dan penguasaan gerak dasar lompat jauh siswa meningkat menjadi tinggi sehingga bisa mendukung suatu pembelajaran yang berkualitas.
Simpulan penelitian ini adalah melalui pendekatan bermain dan media bantu meningkatkan minat, keaktifan, dan penguasaan gerak dasar lompat jauh siswa Kelas V SD Negeri 1 Babat.

Kata Kunci: Pendekatan Bermain, Media Bantu, Minat Belajar, Keaktifan Siswa
Download PDF

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KEGEMARANKU MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES BERBANTU MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 MANGUN JAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Oleh:
Susilawati
SDN 2 Mangun Jaya

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 2 Mangun Jaya Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin dengan menggunakan media gambar dengan pendekatan keterampilan proses.
Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian siswa kelas I SD Negeri 2 Mangun Jaya Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki tiga komponen yaitu perencanaan, tindakan, dan observasi, serta refleksi. Teknik penilaian berbentuk tes menulis permulaan mendeskripsikan tumbuhan atau binatang secara sederhana dengan bahasa tulis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya kemampuan menulis permulaan mendeskripsikan tumbuhan atau binatang secara sederhana dengan bahasa tulis siswa yang ditandai dengan 85% siswa mencapai KKM yang telah ditetapkan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dengan pendekatan keterampilan proses terbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 2 Mangun Jaya. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil evaluasi siswa yang mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya. Rata-rata hasil tes menulis pada pra tindakan sebesar 66,61. Siklus I rata-rata siswa meningkat menjadi 72,74. Peningkatan rata-rata hasil evaluasi menulis permulaan siswa dari pra tindakan ke siklus I sebesar 6,13. Pada siklus II rata-rata hasil evaluasi siswa meningkat menjadi 80,65. Hal itu menunjukkan bahwa rata-rata hasil evaluasi siswa meningkat lagi sebesar 7,91.

Kata Kunci: Kemampuan Menulis Permulaan, Keterampilan Proses
Download PDF

Belum ada Komentar untuk JURNAL INSPIRATOR GURU

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait JURNAL INSPIRATOR GURU

JURNAL KENAIKAN PANGKAT GURU

T 22 September 2020 F A aankurn

Volume 2 Nomor 6, September 2020ISSN: 2654-2536 PENYELENGGARAAN LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA GURU-GURU SDN 005 BINTAN UTARA KECAMATAN BINTAN UTARA KABUPATEN BINTAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019Oleh:Endang WahyuningsihEmail: endangw.sdn005binut@gmail.comSDN 005 Bintan Utara ABSTRAKHasil akhir... Selengkapnya

MENJURNALKAN PTK UNTUK KENAIKAN PANGKAT

MENJURNALKAN PTK UNTUK KENAIKAN PANGKAT

T 29 Mei 2020 F A aankurn

Volume 2 Nomor 3, Maret 2020ISSN: 2654-2536 PELAKSANAAN WORKSHOP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN PADA GURU-GURU SMA NEGERI 5 MALINAU TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SEMESTER IOleh:Fransiskus HamijoyoSMAN 5 Malinau ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses... Selengkapnya

JURNAL PTK ISSN

JURNAL PTK ISSN

T 28 Mei 2020 F A aankurn

Volume 2 Nomor 2, Januari 2020ISSN: 2654-2536 MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI SIFAT TAWAKKAL DAN IKHTIYAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII F MTsN 1 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Oleh:Iin IrmayantiMTsN Subang ABSTRAKPada pra... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.