Beranda » Jurnal Ilmiah » JURNAL NASIONAL PENDIDIKAN

JURNAL NASIONAL PENDIDIKAN

T Diposting oleh pada 26 Februari 2020
F Kategori , , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 38 kali

Disadari atau tidak, jurnal nasional pendidikan akan memberikan dampak penting bagi keberlangsungan proses pembelajaran di Indonesia. Kebermanfaatan tersebut tidak hanya berlaku bagi sekolah saja, melainkan juga untuk guru, siswa dan seluruh civitas akademika.

Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas

Sudah pasti bahwa jurnal nasional pendidikan berbeda dengan jenis-jenis karya ilmiah yang lain. Ia memiliki karakteristik serta ciri-ciri tersendiri yaitu.

1. Mengkaji Isu Pendidikan

Jurnal nasional jenis ini akan mengkaji isu-isu yang akan menghasilkan keuntungan dalam dunia pendidikan. Hal ini muncul dari masalah yang diperoleh guru di dalam kelas atau sebuah problematika yang melibatkan banyak pendidik dalam setiap lembaga sekolah ataupun Perguruan Tinggi.

2. Ditulis Oleh Pendidik, Guru dan Dosen

Pada penelitian ini, yang bertindak sebagai peneliti adalah seorang guru atau dosen. Mereka terjun ke dalam penelitian parsitipatif  di mana akan mengalihkan pandangan pengamatan pada ruang kelas, sekolah atau praktik-praktik Pendidikan itu sendiri.

3. Adanya Partisipasi Pihak Lain dalam Penelitian

Jurnal pendidikan nasional dilaksanakan dengan kerjasama pihak lain, seperti teman sejawat. Jadi di dalam prosesnya perlu ada campur tangan yang berperan sebagai observer atau pengamat. Hal ini ditujukan agar mendukung objektivitas dari hasil penelitian itu sendiri.

4. Adanya Rencana Tindakan

Pada jurnal tema pendidikan akan selalu di rumuskan suatu rencana tindakan untuk merespon masalah-masalah hasil temuan selama studi berlangsung. Perencanaan ini sangat penting untuk dilakukan karena bertujuan untuk menyelidiki praktik kegiatan baru yang akan diterapkan.

Topik Jurnal Pendidikan Terbaru

Secara umum topik terbaru jurnal masalah pendidikan adalah meliputi

1. Jurnal Tentang Digital Media

Saat ini pengaruh digital media sangat besar tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Topik ini sangat menarik untuk diteliti dengan dikaitkan pada media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan siswa.

2. Implementasi Literasi

Sekarang pemerintah sedang gencar menggalakkan program literasi. Hal ini bertujuan untuk membiasakan siswa memperoleh informasi melalui membaca dan juga agar mereka produktif dalam membuat karya tulis baik berupa artikel, esai, cerpen, puisi maupun buku.
Itulah ulasan singkat mengenai jurnal nasional pendidikan terbaru. Setelah membaca tulisan ini diharapkan Anda dapat menulis karya ilmiah dengan topik yang menarik dan menerbitkanya sesuai dengan peraturan.

Belum ada Komentar untuk JURNAL NASIONAL PENDIDIKAN

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait JURNAL NASIONAL PENDIDIKAN

PERTIMBANGAN DALAM PEMBUATAN JUDUL JURNAL ILMIAH

PERTIMBANGAN DALAM PEMBUATAN JUDUL JURNAL ILMIAH

T 30 November 2019 F A aankurn

Pemilihan kata yang tepat untuk pembuatan judul jurnal ilmiah harus dipertimbangkan dengan baik. Ini dilakukan agar mampu menginterpretasikan dan memberikan gambaran singkat tentang pemaparan yang terdapat pada karya tersebut. Pahami Jurnal Ilmiah sebelum Membuat Judul Memahami serta mengenal jurnal ilmiah... Selengkapnya

GURU INGIN NAIK PANGKAT? INI YANG HARUS DILAKUKAN

GURU INGIN NAIK PANGKAT? INI YANG HARUS DILAKUKAN

T 26 Desember 2019 F A aankurn

Bagi guru PNS jenjang Sekolah Menengah Atas, kenaikan pangkat jabatan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah menerbitkan jurnal ilmiah kenaikan pangkat PNS SMA. Selanjutnya, seorang guru dianggap profesional bila memenuhi syarat kompetensi... Selengkapnya

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK BAHASA JAWA

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK BAHASA JAWA

T 30 Desember 2019 F A aankurn

Saat ini, banyak siswa yang kesulitan dalam menguasai materi bahasa jawa. Mulai dari faktor internal hingga eksternal. Untuk menemukan solusi tepatnya, dibuatlah Jurnal PTK Bahasa Jawa agar bisa mencari tahu apa penyebab permasalahannya. Penyebab Siswa Kurang Bisa Menggunakan Bahasa Jawa... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.