Beranda » Jurnal Ilmiah » KEGUNAAN JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN UNTUK GURU

KEGUNAAN JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN UNTUK GURU

T Diposting oleh pada 15 November 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 295 kali

KEGUNAAN JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN UNTUK GURU-Kewajiban pendidik adalah untuk mencerdaskan anak-anaknya. Berbagai upaya harus dilakukan untuk dapat mencapai hasil akhir dari sebuah pembelajaran. Namun, menjadi seorang guru tidak cukup hanya dengan mengajar, yakni juga dibutuhkan seperangkat silabus dari refrensi jurnal ilmiah pendidikan.

Mengetahui Perbedaan Artikel dengan Jurnal Ilmiah Pendidikan

Artikel ilmiah secara umum diartikan sebagai sekumpulan karya tulisan yang berisi seperti analisis dari suatu fenomena kelas. Namun, terdapat beberapa refrensi pendukung sebagai penguat. Selain itu, juga disertakan berbagai data atas persentasi peristiwa.
Berbeda dengan jurnal Ilmiah pendidikan. Walaupun secara tersirat bagian-bagiannya hampir sama, namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat siginfikan. Yakni terletak pada bentuk dan pola penyajian informasi maupun data, baik secara teori dan metodologi.
Selain itu, apabila dilihat secara bentuk penulisan, Anda dapat mengetahui bahwa artikel ilmiah tersaji dengan cara penyajian dengan bahasa yang tergolong resmi dan baku. Dalam kajian sosiolinguistik dapat digunakan sebagai refrensi juga.

Alasan Guru Wajib Membuat Jurnal Ilmiah Pendidikan

Agar dapat tercapainya sistem pembelajaran yang efektif, kreatif serta signifikan, maka pendidik harus memiliki kaidah pembelajaran. Yakni dengan mengacu kepada silabus, kompetensi dasar, maupun jurnal ilmiah. Berikut ini beberapa alasan Guru wajib membuatnya:

1. Sebagai Pedoman Mengajar

Bagi penggiat hal di bidang pendidikan, tentunya Anda harus memiliki rasa keingintahuan yang tinggi terhadap berbagai hal perubahan. Karenanya, akan sangat mempengaruhi bagaimana pola mengajar dengan mengahadirkan kiat terbaru.

2. Agar Dapat Digunakan Sebagai Acuan Presentasi

Jurnal ilmiah pendidikan sangat dibutuhkan bagi para Guru, bahkan sangat banyak manfaatnya. Salah satu di antaranya adalah sebagai bahan pokok sebelum melakukan presentasi. Karenanya di dalam tulisan tersebut telah terfokuskan ke dalam materi inti.

3. Agar dapat Membantu Proses Pempublikasian

Apabila Anda adalah seorang pengajar, maka biasanya setiap beberapa tahun kelompok atau ikatan Guru di wilayah tertentu dianjurkan untuk membuat buku. Dimana nantinya, akan digunakan sebagai refrensi. Tentu dalam proses penerbitannya dibutuhkan nomor seri ISSN atau ISBN.

4. Membantu Proses Penyebar Luasan Karya di Berbagai Tingkat

Setelah melalui tahap peluncuran International Standart Book Number, maka buku tersebut masih harus melalui tahap pempublikasian. Dengan Anda menggunakan acuan dari jurnal ilmiah, maka nantinya akan sangat membantu dalam proses penyebarluasannya, baik dalam tingkat kota hingga provinsi.

5. Membantu Menemukan Pola Pengajaran yang Populer

Tidak hanya berguna sebagai alat bantu dalam pembuatan karya tahunan. Bagian terpenting bagi seorang Guru adalah harus senantiasa tanggap memberikan pola pengajaran yang popular. Agar siswa atau peserta didik tidak merasa bosan serta tetap menyenangkan.

6. Mempermudah dalam Pembuatan Modul Ajar

Para Guru tidak hanya di tuntut untuk menerbitkan buku di bidang pendidikan. Melainkan juga harus membuat sebuah modul ajar yang berisi pengayaan. Dengan menggunakan jurnal ilmiah sebagai refrensi, tentunya waktu menjadi relative cepat serta banyak ide untuk memperluas wawasan.

7. Dapat Meningkatkan Kompetensi sebagai seorang Guru

Mahir dalam mengajar masih tidak dapat dijadikan acuan agar dikatakan berhasil menjadi seorang guru. Melainkan harus mampu menghadirkan berbagai cetusan ide-ide serta inovasi menarik, untuk memperbaiki kesalahan. Membaca jurnal ilmiah akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan kompetensi.

Jurnal Ilmiah Pendidikan sangatlah penting diakses oleh siapa saja termasuk seorang Guru. Karenanya bukan hanya sebatas bacaan saja, melainkan juga untuk bahan refrensi, acuan, bahkan pedoman agar dapat menigkatkan kualitas pengajaran.

Belum ada Komentar untuk KEGUNAAN JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN UNTUK GURU

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait KEGUNAAN JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN UNTUK GURU

JURNAL PTK PAUD

JURNAL PTK PAUD

Membuat jurnal PTK PAUD juga tidak kalah penting dibandingkan dengan karya ilmiah yang lain. Pendidikan pada level ini harus mendapatkan perhatian khusus dari berbagai pihak, sehingga seorang guru lebih mudah untuk mengatasi ragam permasalahan di ruang kelas bersama anak-anak lucu... Selengkapnya

MEMAHAMI METODE PENULISAN DALAM JURNAL ILMIAH KUALITATIF

MEMAHAMI METODE PENULISAN DALAM JURNAL ILMIAH KUALITATIF

T 26 November 2019 F A aankurn

Metode penulisan dalam Jurnal Ilmiah Kualitatif sering sekali digunakan untuk memaparkan dan mendeskripsikan berbagai ragam sumber data, juga fakta penunjang yang sifatnya analistis. Gaya penulisan ini biasanya banyak digunakan dalam tugas akhir dan juga skripsi. Penelitian Kualitatif Secara Umum Untuk... Selengkapnya

PERTIMBANGAN DALAM PEMBUATAN JUDUL JURNAL ILMIAH

PERTIMBANGAN DALAM PEMBUATAN JUDUL JURNAL ILMIAH

T 30 November 2019 F A aankurn

Pemilihan kata yang tepat untuk pembuatan judul jurnal ilmiah harus dipertimbangkan dengan baik. Ini dilakukan agar mampu menginterpretasikan dan memberikan gambaran singkat tentang pemaparan yang terdapat pada karya tersebut. Pahami Jurnal Ilmiah sebelum Membuat Judul Memahami serta mengenal jurnal ilmiah... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.