Beranda » Jurnal Ilmiah » BEBERAPA KONTEN JURNAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BIOLOGI

BEBERAPA KONTEN JURNAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BIOLOGI

T Diposting oleh pada 23 November 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 280 kali

Biologi merupakan mata pelajaran yang diajarkan sejak jenjang Sekolah Menengah Pertama (PTK). Seorang guru Biologi memiliki tugas membuat jurnal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Biologi. Berbicara mengenai jurnal PTK Biologi, ada beberapa rekomendasi konten yang dapat diangkat.

Konten Jurnal PTK Biologi secara Umum

Untuk lebih mengenalkan mata pelajaran biologi melalui penelitian tindakan kelas (PTK), maka akan dijelaskan beberapa konten dalam penulisan jurnal. Mulai dari sistem gerak, peredaran darah, ekskresi dan reproduksi manusia. simak uraian lengkapnya di bawah ini.

1. Sistem Gerak Manusia

Pertama, tulang atau rangka. Keberadaannya memiliki fungsi untuk alat gerak pasif. Artinya, hanya bisa bergerak ketika dibantu oleh otot. Untuk itu, manusia harus menjaga kesehatannya agar tidak menimbulkan kelainan.

Kedua, persendian. Tulang-tulang yang tersusun dalam tubuh manusia saling terhubung. Hubungan di antara rangka tersebut dikenal dengan sendi atau artikulasi. Adapun macam-macamnya yaitu sendi mati, sendi kaku, sendi gerak, sendi engsel, sendi pelanan, sendi geser, sendi putar dan sendi peluru.

Ketiga, otot, merupakan salah satu jaringan yang ada di dalam tubuh manusia. Dalam sistem gerak berfungsi sebagai alat gerak aktif untuk membantu tulang agar bisa bergerak. Adapun macam-macamnya yaitu otot sinergis dan antagonis.

2. Sistem Peredaran Darah Manusia

Pertama, jantung, merupakan salah satu organ yang berperan penting dalam peredaran darah manusia. Terdiri dari 4 ruang yaitu bilik kiri ( ventrike sinister ), bilik kanan (ventrikel dexster), serambi kiri (atrium sinister) dan serambi kanan (atrium dexter).

Kedua, darah, merupakan komponen terpenting dalam sistem peredaran darah manusia. Memiliki fungsi pembawa nutrisi, oksigen, antibodi, hormon dan zat-zat lainnya dari dan menuju seluruh tubuh. Adapun beberapa bagiannya seperti plasma dan sel-sel darah.

3. Sistem Ekskresi Manusia

Pertama, ginjal, merupakan organ pertama sistem ekskresi pada manusia yang memiliki bentuk seperti kacang. Jumlahnya ada dua, terletak di kanan dan kiri tulang belakang, tepatnya di bawah hati dan limpa. Memiliki fungsi untuk melakukan penyaringan terhadap darah dalam tubuh. Selain itu, mengatur tingkat keseimbangan air dan konsentrasi garam.

Kedua, kulit, merupakan jaringan pelindung manusia yang paling luar dan terdapat di permukaan tubuh. Dalam sistem ekskresi. kulit berfungsi mengeluarkan zat-zat sisa berupa keringat. Selain itu, juga melindungi tubuh terhadap potogen dan kehilangan air berlebih.

Ketiga, paru-paru, manusia memiliki sepasang dalam tubuhnya, yaitu kanan dan kiri. Organ tersebut terdapat di rongga dada dimana bagian kanan lebih besar dari pada kiri. Dalam sistem ekskresi berfungsi untuk mengeluarkan gas sisa proses pernapasan, yaitu karbondioksida dan uap air.

Keempat, hati, merupakan kelenjar paling besar dalam tubuh manusia dan terletak di dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma. Memiliki fungsi membantu ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun.

Fungsi lainnya adalah menghasilkan urea, amonia dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Proses pemecahan racun yang dilakukan oleh hati disebut dengan detoksifikasi.

4. Sistem Reproduksi Manusia

Dalam membuat jurnal PTK Biologi, seorang guru juga memiliki beban materi reproduksi manusia. Yang mana antara laki-laki dan perempuan berbeda. Berikut rinciannya:

Sistem Reproduksi Pria

Pertama adalah penis, merupakan organ bagian luar dari alat reproduksi dan bisa dilihat dengan mata tanpa bantuan alat apapun. Memiliki jaringan erektil yang cukup besar. Adapun fungsinya adalah sebagai sarana untuk jalur keluarnya air seni dan kotoran dalam tubuh.

Kedua, skrotum merupakan alat yang digunakan untuk membungkus testis. Fungsinya untuk mengatur suhunya agar terus terjaga dan memberi ruang agar bisa bergerak.

Ketiga, testis merupakan organ reproduksi pria yang memiliki bentuk oval di bagian dalam skrotum. Adapun fungsinya menghasilkan sperma atau sel kelamin jantang serta juga menjaga suhu agar spermatogenesis tetap terjaga.

Keempat, epididimis merupakan bagian organ pada alat reproduksi sebagai saluran yang berkelok-kelok dan berada di skrotum luar testis.. Adapun fungsinya sebagai alat penyimpanan, untuk pengangkutan dan tempat pematangan sperma.

Kelima, Vans deferens, merupakan saluran organ reproduksi yang memiliki bentuk seperti tabung. Berfungsi untuk menampung sperma, proses pematangan sperma dan juga sebagai jalan sperma ke veskula.

Sistem Reproduksi pada Wanita

Pertama adalah Vagina yang terletak di antara bagian bawah rahim dan tubuh luar. Organ ini merupakan lorong atau jalan keluar saat melahirkan serta masuknya penis ketika berhubungan seksual.

Kedua, klitoris merupakan tonjolan kecil di bagian atas labia minora. Organ ini sangat sensitif dan sumber utama kenikmatan seksual pada wanita.

Ketiga, serviks merupakan pintu masuk antara vagina dan rahim, berupa lorong sempit. Memiliki sifat fleksibel sehingga bisa meregang dan membuka jalan saat proses persalinan.

Keempat, rahim merupakan organ yang berbentuk seperti buah pir dan menjadi rumah bayi saat sedang mengandung.

Kelima, ovarium adalah kelenjar kecil seperti oval, memiliki fungsi menghasilkan sel telur dan memproduksi hormon seks utama, yaitu Estrogen maupun Progesteron.

Keenam, saluran telur merupakan saluran sempit yang melekat pada bagian atas rahim dan mengarah ke ovarium. Di tempat ini, pembuahan antara sel telur dan sperma terjadi.

Itulah 4 konten mengenai jurnal (PTK) Biologi yang dapat dijadikan acuan. Diharapkan pembahasan di atas bisa memberikan sedikit referensi dalam menyusun karya tulis ilmiah mata pelajaran tersebut.

Belum ada Komentar untuk BEBERAPA KONTEN JURNAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BIOLOGI

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait BEBERAPA KONTEN JURNAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BIOLOGI

KENALI JURNAL PTK GEOGRAFI SEBELUM MEMBUATNYA

KENALI JURNAL PTK GEOGRAFI SEBELUM MEMBUATNYA

T 18 Desember 2019 F A aankurn

Jurnal PTK Geografi berisi kumpulan artikel dan hasil penelitian yang bertemakan geografi. Jenis penelitian ini juga memiliki beragam topik dan subjek. misalkan siswa SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa di perguruan tinggi. Tujuan PTK Geografi PTK dengan tema Geografi memiliki beragam... Selengkapnya

JURNAL NASIONAL PENDIDIKAN

JURNAL NASIONAL PENDIDIKAN

Disadari atau tidak, jurnal nasional pendidikan akan memberikan dampak penting bagi keberlangsungan proses pembelajaran di Indonesia. Kebermanfaatan tersebut tidak hanya berlaku bagi sekolah saja, melainkan juga untuk guru, siswa dan seluruh civitas akademika. Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas Sudah pasti bahwa... Selengkapnya

JURNAL PTK BAHASA INDONESIA Pdf

JURNAL PTK BAHASA INDONESIA Pdf

Membuat jurnal PTK Bahasa Indonesia pdf rupanya masih sangat diperlukan, karena mata pelajaran tersebut menjadi kesulitan tersendiri bagi siswa. Padahal hal itu sering dianggap remeh karena merupakan dialek sehari-hari yang pastinya sudah biasa dikuasai dengan baik. Faktor Kesulitan Belajar Bahasa... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.