Beranda » Jurnal Ilmiah » JURNAL PTK BIOLOGI

JURNAL PTK BIOLOGI

T Diposting oleh pada 12 Februari 2020
F Kategori , , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 224 kali

Dewasa ini, keberadaan jurnal PTK biologi dirasa sangat bermanfaat untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada level SMP maupun SMA. Dengan fenomena tersebut, maka guru pun juga harus melaksanakan penelitian dan melaporkan bagaimana hasilnya supaya bisa digunakan sebagai solusi.

Kesulitan Siswa dalam Mata Pelajaran Biologi

Sebelum menentukan topik penulisan jurnal PTK biologi, maka sebaiknya seorang guru mengetahui terlebih dahulu permasalahan-permasalahan serta kesulitan apa yang mereka alami saat mengikuti pembelajaran di ruang kelas.

1. Sulit Menghapalkan Nama Ilmiah

Seperti yang telah diketahui secara umum, pembelajaran biologi memang tidak bisa lepas dari keberadaan nama ilmiah hewan, tumbuhan, maupun mikroorganisme lain. Di situ, siswa dituntut untuk memahami serta menghapalkanya dengan baik.

Terkait dengan pemahaman terhadap nama ilmiah yang lumayan sulit serta tidak familar di kalangan masyarakat Indonesia, siswa merasa kesulitan dalam memahami dan menghapalkanya. Oleh karena itu, di sini guru harus bisa mengatasi kesulitan itu melalui laporan jurnal Penelitian Tindakan Kelas.

2. Sulit Mengenali Keterangan dari Suatu Gambar

Seringkali, dalam ulangan harian maupun semester, siswa dihadapkan dengan sebuah soal yang berisi gambar tanpa keterangan dan mereka disuruh untuk mengidentifikasi nama dari bagian tetentu beserta fungsinya.
Mayoritas siswa mengaku bahwa mereka sangat kesulitan untuk menjawab soal tersebut. Nah, sebagai guru yang baik, maka harus menagatasi permasalahan itu dengan menerapkan metode pembelajaran pemahaman gambar pada PTK biologi sehingga peserta didik cepat paham.

3. Sulit Memahami Suatu Siklus

Siklus atau rentetan suatu kejadian yang kembali pada keadaan awalnya merupakan sebuah hal yang sangat sering ditemui dalam pembelajaran biologi baik pada tingkat SMP maupun SMA. Jika dilihat secara sekilas, maka materi itu terlihat mudah untuk dipahami.

Akan tetapi, para siswa merasa bahwa mereka masih kesulitan menjelaskan jalanya suatu siklus dengan benar. Maka, inilah pekerjaan rumah seorang guru untuk menyelesaikan permasalahan dengan menulis jurnal PTK.

Itulah pembahasan mengenai jurnal PTK biologi. Semoga artikel ini bisa sedikit menjawab keresahan guru maupun siswa dalam mengatasi kesulitan belajar. Jangan pernah lelah untuk berproses dalam dunia pendidikan hingga membentuk generasi masa depan berkualitas serta berbudi luhur.

Belum ada Komentar untuk JURNAL PTK BIOLOGI

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait JURNAL PTK BIOLOGI

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

T 23 November 2019 F A aankurn

Bagi seorang tenaga pendidik, membuat laporan penelitian tindakan kelas seperti jurnal seringkali menjadi momok menakutkan. Hal ini disebabkan kurangnya budaya membaca sehingga kemampuan menulis yang baik menjadi kurang optimal. Padahal Jurnal PTK PAUD sangat dibutuhkan. Pendidikan Tindakan Kelas (PTK) PAUD... Selengkapnya

BIAYA PENERBITAN JURNAL NASIONAL

BIAYA PENERBITAN JURNAL NASIONAL

T 20 Februari 2020 F , , A aankurn

Berbicara mengenai biaya penerbitan jurnal nasional, maka hal tersebut tak bisa dipatenkan dengan jelas karena bergantung pada pihak penerbitnya masing-masing serta paket layanan khususnya. Jadi, di sini Anda tidak boleh menganggap adanya harga mahal atau murah. Untuk Apa Biaya Penerbitan... Selengkapnya

JURNAL PTK PAUD

JURNAL PTK PAUD

Membuat jurnal PTK PAUD juga tidak kalah penting dibandingkan dengan karya ilmiah yang lain. Pendidikan pada level ini harus mendapatkan perhatian khusus dari berbagai pihak, sehingga seorang guru lebih mudah untuk mengatasi ragam permasalahan di ruang kelas bersama anak-anak lucu... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.