Beranda » Jurnal Ilmiah » JURNAL PTK BK UNTUK MENJADIKAN GURU LEBIH PROFESIONAL

JURNAL PTK BK UNTUK MENJADIKAN GURU LEBIH PROFESIONAL

T Diposting oleh pada 17 November 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 407 kali

JURNAL PTK BK UNTUK MENJADIKAN GURU LEBIH PROFESIONAL-Sebagai bentuk penelitian yang bersifat reflektif, Jurnal PTK BK memiliki karakteristik tersendiri yang mengharuskan untuk melakukan tindakan-tindakan tertentu. Langkah ini bertujuan memperbaiki dan meningkatkan praktek pelayanan konseling agar lebih professional.

Mengapa Guru BK Atau Konselor Perlu Meneliti?

Dalam ranah bimbingan konseling, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan sebuah proses investigasi terkendali yang berdaur ulang dan bersifat reflektif mandiri, dengan tujuan melakukan perbaikan terhadap sistem, cara kerja, proses, isi, kompetensi atau situasi.

Untuk membuat sebuah Jurnal ini diperukan suatu tindakan pengumpulan, pengolahan, analisis, penafsiran serta penyimpulan data yang diperoleh dari suatu tindakan. Hal tersebut sengaja dirancang dan dilakukan dalam rangka merumuskan metode dengan sistem lebih baik.

Ada beberapa alasan yang menjadi dasar pentingnya seorang konselor melakukan penelitian terhadap layanan yang diberikan. Salah satunya untuk memperoleh perspektif yang lebih luas, maksudnya tidak hanya melihat dari satu sisi tetapi melihat dari berbagai sudut pandang.

Selanjutnya adalah, untuk mengembangkan ide dan pendekatan baru dalam bimbingan konseling. Ini dilakukan agar seorang konselor juga mampu dan dapat menerapkannya dalam bidang lain, serta sebagai pengembangan profesi dan pribadi.

Aspek yang Diteliti dalam Jurnal PTK BK

Dalam jurnal PTK BK, ada beberapa aspek yang bisa diteliti di dalamnya. Aspek tersebut umumnya akan mempengaruhi kegiatan pembelajaran, serta hasil belajar siswa jika terjadi suatu masalah yang ada. Beberapa aspek tersebut di antaranya:

1. Aspek Pembelajaran

Belajar merupakan salah satu kegiatan dasar yang harus dilakukan oleh seorang siswa. Dalam hal ini, aspek pembelajaran menjadi fokus yang banyak diteliti didalamnya. Karena sangat berpengaruh pada kegiatan selama di dalam kelas, baik pembelajaran langsung ataupun praktik.

Beberapa spesifikasi penelitian pembelajaran ini biasanya meliputi aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Selain itu, biasanya jurnal akan membahas mengenai pengaruh suatu media atau bagaimana cara mengembangkan permasalahan di dalamnya.

Dengan demikian, Jurnal PTK BK akan memaparkan beberapa solusi dan juga variasi dalam metode pembelajaran. Kegunaannya yakni untuk meningkatkan kemampuan dan juga bagaimana pengaruh suatu media terhadap proses kegiatan belajar mengajar.

2. Aspek Sosial

Merupakan salah satu yang fokus terhadap suatu individu atau kelompok yang berkaitan seperti penyesuaian diri, bagaimana cara menghadapi konflik dan juga tentang pergaulan selama di dalam kelas. Hal ini dikarenakan semua peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda.

Dengan membahas aspek ini, akan membantu guru untuk menyelesaikan masalah kelompok yang umumnya terjadi pada siswa, terutama saat emosinya masih labil. Karena masalah tersebut bukan hanya berdampak pada pergaulan, tetapi juga pada prestasi belajarnya.

Salah satu cara melihat masalah dari aspek sosial ini adalah, biasanya jika dalam suatu kelas siswa mengelompokkan diri dengan anggota tertentu, maka anggota tersebut akan memberi pengaruh pada setiap anggotanya. Ini bisa menjadi salah satu objek penelitian.

3. Aspek Kepribadian

Dalam aspek kepribadian, umumnya fokus akan lebih menyorot kepada suatu individu dalam hal memecahkan masalah-masalah yang sangat kompleks. Misalnya, masalah keluarga, persahabatan, cita-cita dan lain sebagainya.

Jurnal penelitian BK yang membahas isu ini bermanfaat untuk menghadapi suatu individu yang memiliki masalah. Sehingga, mempengaruhi prestasi dan juga tindakannya selama di dalam kelas. Oleh karenanya, dengan adanya jurnal ini diharapkan akan ditemukan jalan keluar terbaik.

Jurnal PTK BK memiliki banyak manfaat, baik bagi para peneliti maupun pembacanya. Dengan menemukan berbagai masalah dan bagaimana cara menanganinya, diharapkan kegiatan konseling akan lebih bervariatif untuk kedepannya.

Belum ada Komentar untuk JURNAL PTK BK UNTUK MENJADIKAN GURU LEBIH PROFESIONAL

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait JURNAL PTK BK UNTUK MENJADIKAN GURU LEBIH PROFESIONAL

MENGENAL TOPIK JURNAL PTK TERBARU

MENGENAL TOPIK JURNAL PTK TERBARU

T 17 Desember 2019 F A aankurn

Penelitian Tindakan Kelas pada dasarnya sering ditulis oleh seorangg guru untuk melaporkan tentang situasi kegiatan belajar mengajar mereka. Tujuanya adalah untuk memberikan informasi kepada para pihak yang disasar. Sahingga, menuntut untuk membuat tema jurnal PTK Terbaru. Penelitian Tindakan Kelas Secara... Selengkapnya

JURNAL NASIONAL DAN INTERNASIONAL

JURNAL NASIONAL DAN INTERNASIONAL

Sebagian orang masih sulit membedakan antara jurnal nasional dan internasional hingga saat ini. Padahal, kedua aspek tersebut mempunyai perbedaan cukup signifikan sehingga mengidentifikasinya pun lumayan mudah.Jadi, sebenarnya tidak ada alasan khusus untuk menentukan perbedaanya. Perbedaan Signifikan Jurnal Nasional dan Internasional... Selengkapnya

KEGUNAAN JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN UNTUK GURU

KEGUNAAN JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN UNTUK GURU

T 15 November 2019 F A aankurn

KEGUNAAN JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN UNTUK GURU-Kewajiban pendidik adalah untuk mencerdaskan anak-anaknya. Berbagai upaya harus dilakukan untuk dapat mencapai hasil akhir dari sebuah pembelajaran. Namun, menjadi seorang guru tidak cukup hanya dengan mengajar, yakni juga dibutuhkan seperangkat silabus dari refrensi jurnal... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.