Beranda » Jurnal Ilmiah » PENTINGNYA JURNAL PTK GURU DAN TAHAPAN PEMBUATANNYA

PENTINGNYA JURNAL PTK GURU DAN TAHAPAN PEMBUATANNYA

T Diposting oleh pada 16 Desember 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 41 kali

Seorang guru tentunya tak luput dari tanggungjawab perihal karya ilmiah dan penelitian yang harus dilakukan. Salah satu dari kewajiban guru tersebut adalah melakukan penelitian dan menuliskanya dalam laporan Penelitian Tindakan Kelas atau yang dikenal dengan jurnal PTK guru.

Mengapa PTK Penting bagi Guru?

PTK merupakan suatu hal yang penting bagi seorang guru. Setiap guru diharapkan mampu memperbaiki cara mengajarnya melalui PTK yang telah dibuat. Terlebih lagi, dengan adanya PTK guru akan lebih peka terhadap dinamika pembelajaran yang terjadi saat ini.

Di samping itu, guru menjadi gemar dengan kajian ilmiah pendidikan serta mampu menuliskan hasil penelitianya dalam laporan PTK. Guru pada akhirnya, akan menemukan metode pembelajaran yang tepat dan mempraktekkan media pembelajaran tersebut dengan cara yang inovatif serta menyenangkan.

Manfaat Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru

Selain sebagi tugas, PTK ini juga memiliki manfaat tersendiri bagi guru yang menulisnya. Mereka tak akan rugi tatkala membuat PTK karena akan mendapatkan sesuatu yang menguntungkan. Apa saja manfaat itu? Berikut adalah penjelasanya:

1. Memperbaiki Proses Kegiatan Belajar Mengajar

Tujuan akhir dari penulisan Penelitian Tindakan Kelas adalah adanya perbaikan dalam kegiatan belajar mengajar yang dikomandoi oleh guru. Oleh sebab itu, jurnal PTK guru tersebut dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki pembelajaran yang dikelola di dalam kelas bersama siswa.

2. Meningkatkan Profesionalisme Guru

Dengan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, seorang guru akan dapat menilai dan memperbaiki pembelajaran yang telah dilakukannya. Evaluasi diri ini menunjukkan bahwa guru tersebut telah mampu berkembang lebih profesional terkait dengan pekerjaannya utamanya sebagai pengajar.

3. Memunculkan Rasa Percaya diri

Kadangkala, rasa percaya diri seorang guru kurang. Untuk mengatasinya, salah satu yang bisa dilakukan adalah menulis PTK. Karena setelah berhasil melakukan suatu Penelitian Tindakan Kelas, rasa percaya diri seorang guru akan meningkat untuk menghadapi proses pendidikan.

4. Mengembangkan Wawasan dan Keterampilan

Saat menulis PTK, guru juga akan banyak membaca buku referansi yang sebelumnya belum pernah diketahui. Karena kegiatan itulah, pengetahuan mereka akan ilmu pengetahuan bertambah dan keterampilan yang dimiliki juga semakin terasah.

Tips Mudah Menulis Jurnal PTK Guru

Laporan PTK ditulis setelah penelitian selesai dilakukan dan data yang diperoleh dari lapangan telah dianalisis. Jadi, laporan PTK ditulis berdasarkan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan secara nyata.

Bagi guru, untuk mempermudah proses penulisan laporan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas, maka akan diulas bagaimana tips yang harus dilakukan. Apa saja tipsnya? Simak ulasan berikut:

  • Kembangkan topik atau judul menjadi beberapa subjudul untuk memudahkan penulisan pada setiap bagian.
  • Tuliskan apa yang ada dalam pikiran Anda, baik itu isi, fakta, konsep atau informasi lainnya tanpa memikirkan bentuk dan susunan kalimatnya terlebih dahulu.
  • Edit dan betulkan kalimat yang telah ditulis sesuai dengan gramatika, sintaks dan kaidah gaya penulisan yang benar.
  • Hal lain yang penting dalam menulis laporan PTK adalah sinkronisasi antara masalah, tujuan, hipotesis tindakan, dan kesimpulan. Hal ini sangat  penting karena masalah adalah titik tolak dalam melakukan PTK. Sehingga hasil dan kesimpulannya harus berupa cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai jurnal PTK guru. Semoga dapat membuat guru-guru di Indonesia lebih peka terhadap fenomena masalah pembelajaran yang ada dan wawasan keilmuan ilmiah mereka semakin berkembang.

Belum ada Komentar untuk PENTINGNYA JURNAL PTK GURU DAN TAHAPAN PEMBUATANNYA

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait PENTINGNYA JURNAL PTK GURU DAN TAHAPAN PEMBUATANNYA

JURNAL PTK PGSD

JURNAL PTK PGSD

Untuk seorang pendidik di tingkatan Sekolah Dasar, menulis jurnal PTK PGSD merupakan suatu kewajiban yang harus dipenuhi sebagai tugas administratif kependidikan. Di samping itu, hal ini juga ditujukan dalam rangka menyelesaikan permasalahan siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Topik Terkini Penelitian... Selengkapnya

HAL YANG MELATAR BELAKANGI GURU MEMBUAT JURNAL PTK OLAHRAGA

HAL YANG MELATAR BELAKANGI GURU MEMBUAT JURNAL PTK OLAHRAGA

T 19 November 2019 F A aankurn

Jurnal PTK Olahraga dibuat untuk menemukan dan mencari solusi dari berbagai masalah di dalam kelas, tidak terkecuali Olahraga. Semakin banyak jurnal dibuat, akan bertambah pula variasi media dan metode yang bisa digunakan untuk pengajaran kedepannya. Pentingnnya Membuat Jurnal PTK Olahraga... Selengkapnya

FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL PENELITIAN  NON PTK

FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL PENELITIAN NON PTK

T 17 Desember 2019 F A aankurn

Jurnal Penelitian Non PTK merupakan jurnal yang cangkupan masalahnya bisa dari mana saja. Jurnal ini hadir dengan berbagai teori dan juga mengutamakan validitas internal maupun eksternal. Hasil penelitian dari jurnal ini merupakan sebuah produk ilmu. Fokus dalam Jurnal Non PTK... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.