Beranda » Jurnal Ilmiah » HAL YANG MELATAR BELAKANGI GURU MEMBUAT JURNAL PTK OLAHRAGA

HAL YANG MELATAR BELAKANGI GURU MEMBUAT JURNAL PTK OLAHRAGA

T Diposting oleh pada 19 November 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 258 kali

Jurnal PTK Olahraga dibuat untuk menemukan dan mencari solusi dari berbagai masalah di dalam kelas, tidak terkecuali Olahraga. Semakin banyak jurnal dibuat, akan bertambah pula variasi media dan metode yang bisa digunakan untuk pengajaran kedepannya.

Pentingnnya Membuat Jurnal PTK Olahraga

Jurnal PTK Olahraga memiliki peran penting sebagai salah satu pendorong terciptanya inovasi terbaru dari mata pelajaran Olahraga. Jurnal ini mencakup berbagai aspek, mulai dari metode, media hingga motivasi yang ada pada diri siswa.

Melalui jurnal PTK ini, guru akan terbantu ketika berhadapan dengan berbagai masalah ketika di dalam kelas ataupun ketika praktek di luar ruangan. Mata pelajaran Olahraga cenderung berbeda dari yang lainnya.

Dalam hal ini, salah sedikit saja siswa bisa mengalami luka dan cidera. Oleh sebab itu, membaca berbagai jurnal PTK Olahraga ini juga penting dilakukan oleh setiap guru. Ini dilakukan agar bisa mengantisipasi setiap kendala yang mungkin terjadi di kelasnya.

Tidak hanya sebagai pembaca, guru juga disarankan untuk berkontribusi langsung membuat jurnal ini. Selain lebih mengetahui masalah siswanya guru, juga bisa memberikan manfaat bagi pembaca lain kedepannya.

Hal yang Melatar Belakangi Guru Membuat Jurnal PTK Olahraga

Melihat banyak terjadi kejadian yang kadang di luar ekspektasi guru, membuat mereka memiliki dorongan untuk membuat jurnal PTK Olahraga ini. Di antara hal yang melatar belakangi guru membuat jurnal jenis ini antara lain:

1. Siswa Malas Mengikuti Kelas Penjaskes

Kelas Penjaskes umumnya merupakan kelas yang menjadi favorit anak-anak. Karena kegiatannya hanya diisi dengan Olahraga tanpa banyak menghafal rumus, hitungan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, mata pelajaran ini banyak dinanti saat giliran jamnya tiba.

Namun, tidak semua anak menyukai mata pelajaran ini, timbul beberapa masalah yang bisa dijadikan guru sebagai alasan untuk membuat jurnal PTK Olahraga. Banyak perkara harus dijawab dan bagaimana solusi menanganinya.

Kemalasan siswa ini jika dibiarkan akan menjadi kebiasaan, sehingga siswa tidak akan mengalami perkembangan. Oleh sebab itu, jurnal PTK perlu dibuat untuk menangani masalah-masalah tersebut.

2. Kurang Menguasai Teknik Olahraga

Dalam Olahraga, ada beberapa teknik yang harus digunakan ketika melakukan kegiatan tersebut agar siswa tidak mengalami cidera. Sebagai seorang guru, menyampaikan cara menggunakan teknik dengan benar wajib dilakukan sebelum kegiatan dimulai.

Kurang menguasai teknik Olahraga ini, juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa jurnal PTK Olahraga dibuat, mengingat penguasaan teknik penting untuk dilakukan dan dipahami oleh semua orang ketika melakukan hal-hal yang di luar kebiasaannya.

Ketika teknik sulit dikuasai oleh siswa, pasti ada suatu masalah dibaliknya. Jurnal PTK akan menjadi referensi penting yang akan membantu guru menemukan metode lain agar penyampaiannya lebih efektif dan juga mudah dipahami.

3. Sering Merasa Capek Saat Olahraga

Olahraga memang terkadang menjadi kegiatan yang melelahkan, namun mungkin jika itu dilakukan dalam waktu yang lama. Jika baru memulai kegiatan, tetapi nafas sudah berat dan badan merasa lelah pasti ada alasan yang melatar belakanginya.

Sebagai seorang guru, tidak boleh mendiagnosa secara sembarangan jika siswa hanya beralesan atau memang ada penyakit di baliknya. Maka alangkah lebih baik jika diobservasi telebih dahulu melalui penelitian tindakan kelas.

Karenanya, hal ini bisa menjadi salah satu masalah yang bisa diangkat untuk pembahasan jurnal PTK ini dan diupayakan mencari solusi yang tepat untuk menanggulanginya.

Memuat banyak sekali solusi baru untuk meningkatkan semangat dan juga kemampuan siswa dalam bidang Olahraga. Jurnal PTK Olahraga ini merupakan salah satu referensi penting yang harus dibuat dan dibaca oleh guru ketika menghadapi kesulitan di kelasnya.

Belum ada Komentar untuk HAL YANG MELATAR BELAKANGI GURU MEMBUAT JURNAL PTK OLAHRAGA

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait HAL YANG MELATAR BELAKANGI GURU MEMBUAT JURNAL PTK OLAHRAGA

TUJUAN DIBUATNYA JURNAL PTK IPS

TUJUAN DIBUATNYA JURNAL PTK IPS

T 1 Januari 2020 F A aankurn

Jurnal PTK IPS merupakan sebuah penelitian atau analisis yang dihasilkan dalam bentuk karya ilmiah. Di dalamnya, membahas persoalan dan kejadian di dalam kelas. Ini dilakukan dengan pola pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) antara guru dan peserta didiknya. Tujuan... Selengkapnya

CONTOH PTK KENAIKAN PANGKAT

CONTOH PTK KENAIKAN PANGKAT

Bagi Bapak dan Ibu guru sekalian yang sedang mencari contoh PTK kenaikan pangkat terbaru, maka di sini akan diberikan macam-macamnya dengan lengkap supaya bisa dijadikan referensi serta dipelajari lebih dini untuk persiapan pengajuan peningkatan jabatan. Contoh Topik Terkini PTK Kenaikan... Selengkapnya

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK BAHASA JAWA

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK BAHASA JAWA

T 30 Desember 2019 F A aankurn

Saat ini, banyak siswa yang kesulitan dalam menguasai materi bahasa jawa. Mulai dari faktor internal hingga eksternal. Untuk menemukan solusi tepatnya, dibuatlah Jurnal PTK Bahasa Jawa agar bisa mencari tahu apa penyebab permasalahannya. Penyebab Siswa Kurang Bisa Menggunakan Bahasa Jawa... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.