Beranda » Jurnal Ilmiah » JURNAL PTK SMP

JURNAL PTK SMP

T Diposting oleh pada 13 Februari 2020
F Kategori , , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1039 kali

Jurnal PTK SMP tentunya harus dibuat dengan sebaik-baiknya oleh seorang guru. Kegiatan tersebut bukan hanya soal pemenuhan kewajiban profesi keguruan saja, namun lebih mendalam terhadap adanya kemanfaatanya terhadap para pelaku pendidikan.

Manfaat PTK Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama

Penulisan jurnal PTK SMP bukanya tak memiliki manfaat. Setiap suatu hal yang dilakukan pastilah memiliki keuntunganya tersendiri. Apa sajakah manfaat Penelitian Tindakan Kelas pada tingkat Sekolah Menengah Pertama?

1. Manfaat untuk Siswa

Yang pertama, manfaat penulisan PTK ini ditujukan pada siswa. Bagi mereka, dengan adanya laporan PTK yang ditulis oleh guru, itu akan memperbaiki pola belajar peserta didik sehingga prestasi hasil pembelajaranya diharapkan akan meningkat.

Selain itu, PTK yang ditulis pada jenjang SMP juga berguna sebagai model bagi siswa bahwa guru telah memberikan perhatian khusus terhadap hasil belajarnya. Hal ini dapat peserta didik secara tidak langsung akan lebih semangat dan termotivasi dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

2. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru

Manfaat selanjutnya yakni bagi guru. Untuk mereka, Penelitian Tindakan Kelas dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, mengembangkan profesionalitas pendidik, membuatnya lebih percaya diri.

Di samping hal tersebut, PTK juga ternyata dapat memberi kesempatan pada akademisi agar berperan aktif dalam perkembangan pengetahuan dan wawasan.

3. Manfaat PTK Bagi Sekolah

Terakhir manfaat PTK jenjang SMP bagi sekolah yakni pihak penyelenggara pendidikan tersebut akan mengalami perbaikan karena mampu menanggulangi berbagai masalah belajar siswa dan dapat menghasilkan teknik pembelajaran

Jika usaha perbaikan melalui PTK itu dirasa berhasil, maka hasilnya bisa disebarluaskan ke sekolah lain untuk bahan studi banding.
Dengan PTK ini, sekolah akan memiliki guru yang berpotensi dan professional dalam mengelola kelas, menciptakan iklim pendidikan yang lebih kondusif, serta meningkatkan prestasi seluruh civitas akademika, dengan melihat adanya perbaikan proses dan prestasi hasil belajar siswa.

Itulah ulasan singkat mengenai jurnal PTK SMP beserta manfaatnya . Setelah membaca tulisan ini diharapkan Anda dapat menulis Penelitian Tindakan Kelas dengan topik yang menarik dan menerbitkanya sesuai dengan kaidah dan metode yang benar.

Belum ada Komentar untuk JURNAL PTK SMP

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait JURNAL PTK SMP

CARA MENERBITKAN JURNAL ONLINE

Beberapa cara menerbitkan jurnal online umumnya diperlukan bagi mereka yang sudah melakukan penelitian dan mampu mengimplementasikan dalam sebuah tulisan. Menjadi hal sangat merepotkan jika masih belum mengetahui langkahnya. Terlebih untuk mahasiswa yang sedang mengerjakan beberapa tugas kuliahnya. Proses Publikasi Jurnal... Selengkapnya

JURNAL PTK SMA

JURNAL PTK SMA

Menulis jurnal PTK SMA bukanlah pekerjaan mudah. Seorang guru harus mempunyai skill yang berkualitas dalam Aspek penelitian maupun kepenulisan. Kedua hal tersebut tidak bisa muncul dengan sendirinya. Akan tetapi, harus dilatih dan dikembangkan sebisa mungkin jika ada kesempatan. Cara Agar... Selengkapnya

JURNAL NASIONAL DAN INTERNASIONAL

JURNAL NASIONAL DAN INTERNASIONAL

Sebagian orang masih sulit membedakan antara jurnal nasional dan internasional hingga saat ini. Padahal, kedua aspek tersebut mempunyai perbedaan cukup signifikan sehingga mengidentifikasinya pun lumayan mudah.Jadi, sebenarnya tidak ada alasan khusus untuk menentukan perbedaanya. Perbedaan Signifikan Jurnal Nasional dan Internasional... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.