Beranda » Jurnal Ilmiah » JURNAL PTK SMP

JURNAL PTK SMP

T Diposting oleh pada 13 Februari 2020
F Kategori , , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 803 kali

Jurnal PTK SMP tentunya harus dibuat dengan sebaik-baiknya oleh seorang guru. Kegiatan tersebut bukan hanya soal pemenuhan kewajiban profesi keguruan saja, namun lebih mendalam terhadap adanya kemanfaatanya terhadap para pelaku pendidikan.

Manfaat PTK Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama

Penulisan jurnal PTK SMP bukanya tak memiliki manfaat. Setiap suatu hal yang dilakukan pastilah memiliki keuntunganya tersendiri. Apa sajakah manfaat Penelitian Tindakan Kelas pada tingkat Sekolah Menengah Pertama?

1. Manfaat untuk Siswa

Yang pertama, manfaat penulisan PTK ini ditujukan pada siswa. Bagi mereka, dengan adanya laporan PTK yang ditulis oleh guru, itu akan memperbaiki pola belajar peserta didik sehingga prestasi hasil pembelajaranya diharapkan akan meningkat.

Selain itu, PTK yang ditulis pada jenjang SMP juga berguna sebagai model bagi siswa bahwa guru telah memberikan perhatian khusus terhadap hasil belajarnya. Hal ini dapat peserta didik secara tidak langsung akan lebih semangat dan termotivasi dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

2. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru

Manfaat selanjutnya yakni bagi guru. Untuk mereka, Penelitian Tindakan Kelas dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, mengembangkan profesionalitas pendidik, membuatnya lebih percaya diri.

Di samping hal tersebut, PTK juga ternyata dapat memberi kesempatan pada akademisi agar berperan aktif dalam perkembangan pengetahuan dan wawasan.

3. Manfaat PTK Bagi Sekolah

Terakhir manfaat PTK jenjang SMP bagi sekolah yakni pihak penyelenggara pendidikan tersebut akan mengalami perbaikan karena mampu menanggulangi berbagai masalah belajar siswa dan dapat menghasilkan teknik pembelajaran

Jika usaha perbaikan melalui PTK itu dirasa berhasil, maka hasilnya bisa disebarluaskan ke sekolah lain untuk bahan studi banding.
Dengan PTK ini, sekolah akan memiliki guru yang berpotensi dan professional dalam mengelola kelas, menciptakan iklim pendidikan yang lebih kondusif, serta meningkatkan prestasi seluruh civitas akademika, dengan melihat adanya perbaikan proses dan prestasi hasil belajar siswa.

Itulah ulasan singkat mengenai jurnal PTK SMP beserta manfaatnya . Setelah membaca tulisan ini diharapkan Anda dapat menulis Penelitian Tindakan Kelas dengan topik yang menarik dan menerbitkanya sesuai dengan kaidah dan metode yang benar.

Belum ada Komentar untuk JURNAL PTK SMP

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait JURNAL PTK SMP

TUJUAN DAN MANFAAT JURNAL PTK SEJARAH

TUJUAN DAN MANFAAT JURNAL PTK SEJARAH

T 12 Desember 2019 F A aankurn

Jurnal PTK Sejarah merupakan penelitian khusus terhadap mata pelajaran sejarah di kelas. Penelitian atau analisis ini berbentuk jurnal ilmiah dan berfokus pada PTK yang signifikan. Setelah membuatnya akan mendapat kesimpulan sebagai hasil akhir untuk bahan evaluasi. Tujuan Jurnal PTK Sejarah... Selengkapnya

CARA PUBLIKASI JURNAL NASIONAL GRATIS

CARA PUBLIKASI JURNAL NASIONAL GRATIS

Cara publikasi jurnal nasional gratis memang sedang diidam-idamkan banyak orang, karena hal tersebut merupakan sebuah langkah awal untuk membuka gerbang kesuksesan dalam bidang penelitian serta penerbitan bagi berbagai kalangan akademisi yang ingin menelurkan karyanya. Bagaimana Mempublikasikan Jurnal Nasional Secara Gratis?... Selengkapnya

GURU INGIN NAIK PANGKAT? INI YANG HARUS DILAKUKAN

GURU INGIN NAIK PANGKAT? INI YANG HARUS DILAKUKAN

T 26 Desember 2019 F A aankurn

Bagi guru PNS jenjang Sekolah Menengah Atas, kenaikan pangkat jabatan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah menerbitkan jurnal ilmiah kenaikan pangkat PNS SMA. Selanjutnya, seorang guru dianggap profesional bila memenuhi syarat kompetensi... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.