Beranda » PEMBELAJARAN DARING » INILAH 3 KUNCI BAGI TENAGA PENDIDIK AGAR PEMBELAJARAN VIDEO SEMASA PADEMI BERHASIL

INILAH 3 KUNCI BAGI TENAGA PENDIDIK AGAR PEMBELAJARAN VIDEO SEMASA PADEMI BERHASIL

T Diposting oleh pada 10 Agustus 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 583 kali

Pembelajaran video secara online memang menuntut para tenaga pendidik untuk lebih kreatif agar siswa tetap bisa mendapatkan hak belajarnya dengan baik. Inilah tiga kunci yang perlu dilakukan oleh pengajar supaya kelas daring berjalan efektif.
Pembelajaran video memang memberikan tantangan baru bagi tenaga pendidik ketika dituntut untuk memberi pemahaman bagi siswanya. Lantas apa saja yang perlu dilakukan demi efektifitas kegiatan belajar mengajar jarak jauh ini?

Kemampuan Tenaga Pendidik Menggunakan Teknologi

Hingga sampai saat ini, penggunaan teknologi menjadi faktor penting dari pelaksanaan pembelajaran secara daring. Beberapa aplikasi seperti Zoom, Google Class dan Quizizz dapat dimaksimalkan guna mendukung berjalannya kelas online. Terlebih untuk jenjang SMA.
Hal ini wajib dilakukan demi menyampaikan materi kepada peserta didik secara efektif. Para tenaga pendidik pun dituntut untuk bisa menguasai penggunaan beberapa aplikasi pendukung tersebut agar dapat menentukan metode yang tepat ketika pembelajaran secara daring.

Pembelajaran Terencana

Pembelajaran yang menggunakan media sangat minim kali ini harus dibarengi dengan adanya perencanaan pembelajaran ke depannya. Hal tersebut dapat dilakukan melalui persiapan metode penyampaian mata pelajaran dengan cara berbeda-beda.
Tenaga pendidik harus bisa menetapkan tujuan pembelajaran yang efektif karena keterbatasan penyampaian secara tatap muka. Pengajar dituntut menyampaikan mata pelajaran dengan langkah-langkah tepat dan akurat untuk memudahkan peserta didik memaham materi.

Memahami Aspirasi dari Peserta Didik

Kegiatan pembelajaran yang tidak bisa dilakukan secara tatap muka membuat tenaga pendidik harus memperkuat komunikasinya dengan peserta didik. Hal ini perlu diperhatikan agar kesulitan dari para siswa tetap diketahui dengan baik oleh pengajar.
Dengan adanya komunikasi yang kuat selama masa pandemi ini, tentu saja akan memudahkan berjalannya kegiatan pembelajaran jarak jauh. Guru dengan visi pembelajaran secara jelas bisa menjalin ikatan batin bersama para siswanya.
Itulah tadi tiga kunci yang perlu diperhatikan oleh tenaga pendidik selama kebijakan pembelajaran video secara online masih diberlakukan. Tidak hanya guru saja, orang tua pun juga memiliki andil besar dalam efektifitas berjalannya kegiatan belar mengajar daring ini.

Belum ada Komentar untuk INILAH 3 KUNCI BAGI TENAGA PENDIDIK AGAR PEMBELAJARAN VIDEO SEMASA PADEMI BERHASIL

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait INILAH 3 KUNCI BAGI TENAGA PENDIDIK AGAR PEMBELAJARAN VIDEO SEMASA PADEMI BERHASIL

Penelitian Tindakan Kelas Masa Covid-19 Berbasis WhatsApp dan Google Classroom

Penelitian Tindakan Kelas Masa Covid-19 Berbasis WhatsApp dan Google Classroom

T 10 Juni 2021 F , , , , A aankurn

Dalam pembelajaran dapat dikatan berhasil dapat dilihat pada penguasaan materi pelajaran oleh peserta didik. Selain itu, berhasilnya proses pembelajaran bisa diketahui dari seberapa banyak penguasaan materi yang didapatkan pada perolehan nilai. Penggunaan metode yang tepat serta menarik, membuat adanya interaksi... Selengkapnya

3 Kesalahan, yang Bisa Mempersulit Pembelajaran Video Secara Online

3 Kesalahan, yang Bisa Mempersulit Pembelajaran Video Secara Online

T 4 Agustus 2020 F A aankurn

Guru menjadi faktor utama dalam berjalannya pembelajaran video secara online di Indonesia ini. Tenaga pendidik dituntut untuk kreatif demi menciptakan suasana belajar yang efektif meskipun menggunakan media minim seperti sekarang. 3 Kesalahan Guru yang Mempersulit Pembelajaran Video Guru yang mengambil... Selengkapnya

PRO KONTRA PEMBELAJARAN VIDEO DI MASA PANDEMI

PRO KONTRA PEMBELAJARAN VIDEO DI MASA PANDEMI

T 11 Agustus 2020 F A aankurn

Perkembangan kasus positif COVID-19 di Indonesia sangat berdampak pada semua sektor di negeri ini, tak terkecuali pendidikan yang tidak dianjurkan adanya pertemuan tatap muka dengan diganti pembelajaran video. Lantas apa saja pro kontra kebijakan tersebut? Pro Pembelajaran Video Kebijakan sistem... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.