Beranda » Jurnal Ilmiah » LETAK PENERBIT JURNAL

LETAK PENERBIT JURNAL

T Diposting oleh pada 14 Februari 2020
F Kategori , , ,
b 4 komentar
@ Dilihat 64532 kali

Untuk Anda yang masih baru bersentuhan dengan yang namanya publikasi ilmiah hasil penelitian, tentunya mengetahui letak penerbit jurnal bukanlah sebuah hal mudah untuk dilakukan. Perlu ilmu serta wawasan khusus agar bisa mengidentifikasi hal tersebut dengan mudah.

Dimakanah Letak Penerbit Jurnal?

Dalam sebuah jurnal, biasanya penerbitnya diletakkan pada sisi sebelah kanan atas pada heading setiap halamanya.
Nama penerbit jurnal tersebut diletakkan bersanding dengan:

  • Volume jurnal
  • Nomor jurnal
  • Tanggal diterbitkanya jurnal
  • Serta halaman artikel yang diterbitkan pada kumpulan yang disebut jurnal tersebut

Selanjutnya, tata cara penulisan penerbit jurnal beserta identitasnya yaitu dengan format sebagai berikut:
Nama penerbit, volume dan nomor jurnal, tanggal penerbitan, halaman.
Contohnya yakni:
Jurnal Bahasa dan Pendidikan, Vol.2 No. 4, 4 Desember 2019. pp. 45-56

Seberapa Pentingkah Keberadaan Penerbit Jurnal?

Keberadaan penerbit jurnal adalah sangat penting untuk dicantumkan dalam sebuah artikel ilmiah. Maka dari itu, letaknya pun juga dibuat strategis yakni berada di sisi sebelah kanan atas dengan tujuan memudahkan setiap pembaca dalam mencarinya.
Lantas, apakah dampak keberadaan penerbit jurnal ?

1. Memudahkan Pembaca Mengetahui Isi Jurnal

Jika Anda membaca bahwa penerbit jurnal tersebut bernama “Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akutansi”, maka pembaca pun sudah pasti bisa menebak tentang apa isi artikel-artikel di dalamnya dengan mudah.

Tentunya, penulisan letak penerbit jurnal tersebut juga akan memudahkan Anda jika ingin mencari sebuah topik tertentu tanpa harus membaca lebih lanjut isi di dalamnya karena hanya dengan melihat pihak penerbitanya saja, semua gambaran karya ilmiah tersebut telah terpampang dengan nyata.

2. Memberikan Referensi Jika Ada yang Ingin Menerbitkan Jurnal

Selanjutnya, bagi Anda yang masih kebingungan dalam mencari penerbit karya ilmiah sesuai dengan tema penelitian, maka membaca membaca jurnal adalah solusi terbaik.

Di sana, Anda tidak perlu membaca keseluruhan isinya, cukup baca penerbitnya saja dan kemudian cari tahu apakah itu sesuai dengan tema serta keinginan karya yang telah dibuat atau tidak.

Letak penerbit jurnal memang sudah tertera di setiap karya ilmiah yang diterbitkan. Namun, Anda juga harus lebih teliti dalam mengidentifikasinya karena setiap dari mereka terkadang disajikan dengan cara berbeda. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi pembaca dan jangan bosan untuk terus berbagi ilmu.

4 Komentar untuk LETAK PENERBIT JURNAL

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait LETAK PENERBIT JURNAL

DOWNLOAD JURNAL ISSN

DOWNLOAD JURNAL ISSN

Sebelum Anda melakukan download jurnal ISSN, maka memahami maksud hal tersebut serta memahami cirin-cirinya merupakan sesuatu yang wajib dilakukan. Jika pengunduh tidak memiliki cukup banyak ilmu dan belum mengetahui seluk beluknya kemungkinan akan terjadi kekeliruan. Ciri-ciri Jurnal yang Memiliki ISSN... Selengkapnya

MENDALAMI ARTI PUBLIKASI MENURUT PARA AHLI

MENDALAMI ARTI PUBLIKASI MENURUT PARA AHLI

Publikasi adalah suatu hal penting yang harus dilakukan oleh seorang penulis dalam mempresentasikan apa yang sudah dikerjakanya. Hal ini merupakan titik tolak untuk mengetahui sejauh mana perkembangan ilmu-ilmu dalam segala bidang di seluruh dunia. Apa Itu Publikasi? Untuk membahas lebih... Selengkapnya

MENGENAL JURNAL PTK SENI BUDAYA

MENGENAL JURNAL PTK SENI BUDAYA

T 12 Desember 2019 F A aankurn

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memiliki jenis yang banyak. Salah satunya adalah Seni Budaya. Jurnal PTK Seni Budaya sendiri meliputi beberapa tema. Misalkan seni musik, seni tari, seni rupa, seni kriya, dan masih banyak lainnya. Tujuan PTK Seni Budaya Penelitian Tindakan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.