Beranda » Jurnal Ilmiah » MANFAAT JURNAL ILMIAH

MANFAAT JURNAL ILMIAH

T Diposting oleh pada 31 Januari 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 214 kali

Mayoritas orang di Indonesia belum sadar terhadap adanya manfaat jurnal ilmiah yang mereka publikasikan, sehingga cenderung malas dalam melakukan penelitian serta menulisnya. Padahal, jika diurai lebih lanjut, hal tersebut sangat berguna bagi penulis secara pribadi maupun pihak lain.

Manfaat Dipublikasikannya Jurnal Ilmiah

Keberadaan jurnal ilmiah memang menghadirkan manfaat tersendiri. Tidak ada tulisan yang sia-sia dan hanya menjadi pajangan saja. Oleh karena itu, mulai sekarang Anda harus lebih peka terhadap masalah-masalah di sekitar untuk selanjutnya dituangkan dalam sebuah karya tulis.

1. Karya Akan Dikenal Khalayak Ramai

Ketika Anda menulis sebuah jurnal ilmiah dan mempublikasikannya, maka karya tersebut akan dikenal dan dibaca oleh banyak orang. Hal tersebut tentunya juga akan berimbas pada penulisnya secara pribadi yang semakin populer dalam bidang penelitian akademik.

Jika sudah begini, maka Anda pun akan merasakan keuntungan-keuntungan nyata seperti diundang pada acara seminar sebagai pemateri, diminta menjadi pereview jurnal, hingga diajak kerjasama oleh ilmuwan kenamaan di dunia.

2. Mendapatkan Kesempatan untuk Mempresentasikan Jurnal

Manfaat jurnal ilmiah yang selanjutnya adalah banyaknya kesempatan untuk mempresentasikan karya tersebut dalam forum-forum baik di Indonesia maupun di Luar Negeri. Pada acara tersebut akan diperoleh banyak ilmu serta pengalaman.

Jika jurnal yang Anda tulis memiliki kualitas baik dan lolos seleksi, maka tidak ada yang mustahil untuk pergi ke luar negeri dan duduk satu meja dengan para akademisi dari seluruh dunia. Selain itu, bonus jalan-jalan juga pastinya akan mengikuti.

3. Mengasah Berpikir Kritis Terhadap Masalah Sosial

Semakin Anda banyak menulis jurnal ilmiah, maka pikiran pun juga lebih terasah karena seringnya dipakai untuk berpikir dalam rangka menyelesaikan masalah.

Jadi, gunakanlah pikiran Anda sesering mungkin untuk memikirkan sesuatu yang bersifat ilmiah dan tuangkan hal tersebut dalam bentuk tulisan atau jurnal.

Itulah sedikit pemaparan mengenai manfaat jurnal ilmiah. Semoga ulasan dalam artikel ini bisa menambah wawasan dan membuat pembaca sadar untuk lebih rajin dalam melakukan penelitian serta menulisnya. Jangan lelah dalam belajar dan tetaplah produktif berkarya.

Belum ada Komentar untuk MANFAAT JURNAL ILMIAH

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait MANFAAT JURNAL ILMIAH

MENGENAL JURNAL PTK IPA DAN KARAKTERISTIKNYA

MENGENAL JURNAL PTK IPA DAN KARAKTERISTIKNYA

T 31 Desember 2019 F A aankurn

Jurnal PTK IPA merupakan penelitian yang dikhususkan terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar. Karya ilmiah ini dibuat dan disusun untuk memperbaiki cara guru menyampaikan materi dan memperbaiki hasil belajar siswa/i terhadap permasalahan yang ada. Kenapa Jurnal... Selengkapnya

CONTOH JURNAL PTK UNTUK KENAIKAN PNS

CONTOH JURNAL PTK UNTUK KENAIKAN PNS

T 16 Desember 2019 F A aankurn

Menjadi Pegawai Negeri Sipil menjadi dambaan banyak orang. Akan tetapi, tidak banyak yang berhasil menembusnya sebab proses seleksinya sangat ketat. Bagi Anda yang telah sukses, harus mengupayakan kemaksimalan jabatan PNS dengan membuat jurnal PTK untuk kenaikan PNS. Beberapa Contoh Judul... Selengkapnya

TUJUAN DIBUATNYA JURNAL PTK IPS

TUJUAN DIBUATNYA JURNAL PTK IPS

T 1 Januari 2020 F A aankurn

Jurnal PTK IPS merupakan sebuah penelitian atau analisis yang dihasilkan dalam bentuk karya ilmiah. Di dalamnya, membahas persoalan dan kejadian di dalam kelas. Ini dilakukan dengan pola pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) antara guru dan peserta didiknya. Tujuan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.