Beranda » Jurnal Ilmiah » MANFAAT PENERAPAN JURNAL PTK EKONOMI BAGI PENDIDIK

MANFAAT PENERAPAN JURNAL PTK EKONOMI BAGI PENDIDIK

T Diposting oleh pada 19 November 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 179 kali

Adanya Penelitian Tindak Kelas digunakan untuk mengamati kegiatan dan sebagai upaya guru dalam melakukan perbaikan pada proses pembelajaran. Ini dilakukan agar memperoleh hasil yang diinginkan. Salah satu permasalah yang kerap kali di temukan adalah ada beberapa peserta didik yang kurang paham dengan pelajaran ekonomi. Oleh karena itu, dibuatlah jurnal PTK Ekonomi.

Urgensi PTK dalam Pendidikan Ekonomi

Melakukan Penelitian Tindak Kelas merupakan keharusan dan kebutuhan para tenaga kependidikan guna meningkatkan profesionalitas seorang pendidik. Tidak terkecuali banyaknya manfaat yang akan diperoleh guru dari penerapannya.

Pentingnya PTK Ekonomi untuk guru antara lain dapat melatih agar lebih peka terhadap keadaan kelas pada pelajaran Ekonomi, terkait dengan proses pembelajarannya. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam melakukan perbaikan atau meningkatkan kualitas pembelajaran.

Dengan membuat jurnal tersebut, guru paham akan kinerjanya selama ini. Sehingga, saat mengajar tidak merasa cepat puas. Secara tidak langsung, upaya-upaya perbaikan akan menjadikan guru lebih berinovasi dan kreatif dalam membuat strategi pembelajaran yang lebih menyenangkan.

Bentuk PTK yang dilakukan oleh guru Ekonomi ini sama sekali tidak mengganggu tugasnya. Sebab, beliau melakukan penelitian yang terjadi di kelasnya sehari-hari. Jadi, tidak ada yang perlu untuk ditinggalkan.

Manfaat Penerapan Jurnal Penelitian Tindak Kelas Ekonomi

Keberadaan peneliti yang melakukan PTK, secara umum akan memberi dampak positif. Sebab PTK sendiri mampu diterapkan ke semua tipe sekolah, semua guru atau peserta didik. Sehingga, banyak pihak yang akan diuntungkan dari penerapannya.

Hasil yang akan diperoleh dalam jurnal PTK Ekonomi dapat membantu berbagai masalah yang timbul di kelas. Misalnya terkait ketidak cocokan metode pembelajaran dengan materi, media pembelajaran yang digunakan atau bentuk evaluasi tidak mencakup kompetensi yang seharusnya dilakukan siswa.

Sehingga, hasilnya akan diterapkan pada upaya perbaikan praktik pendidikan maupun membantu guru dalam mendapatkan solusi terbaik. Oleh karena itu, keberadaan peneliti akan menguntungkan bagi sekolah tempat penelitian.

Seorang guru kelas juga bisa mengadakan penelitian sendiri. Hal tersebut berguna untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif, maupun mengidentifikasi segala hal terkait masalah yang sering dijumpai di kelas.

Kategori Masalah PTK Ekonomi

Ada beberapa kategori masalah yang bisa dimasukkan dalam PTK Ekonomi. Pertama adalah keinginan guru dalam meningkatkan pembelajaran pada siswanya. Ini berkaitan dengan perbaikan sarana pendukung belajar, interaksi antara guru dan siswa atau siswa dengan teman sebayanya.

Kedua, masalah yang muncul karena untuk perbaikan kurikulum. Sehingga hasil PTK nantinya dapat digunakan untuk menetapkan kebijakan. Ketiga. Adanya masalah karena keinginan guru untuk menginovasi strategi pembelajaran di kelas Ekonomi.

Agar para siswa di kelas lebih aktif, dalam melaksanakan PTK harus melakukan praktik langsung sebagai upaya penerapannya. Sehingga, bisa diaplikasikan pada kegiatan sehari-hari. Hal tersebut diharapkan akan membantu siswa lebih menguasai materi.

Masalah untuk mengetahui hubungan sebab-akibat atau keterikatan cara mengajar dengan hasil belajar yang diperoleh. Contohnya, seperti ingin melihat penerapan model pembelajaran jigsaw pada pelajaran Ekonomi dan lain-lain. Terakhir. adanya masalah yang timbul dari isu yang timbul pada sekolah tersebut.

Demikian beberapa manfaat penerapan jurnal PTK Ekonomi bagi pendidik. Hal ini akan berakibat semakin banyaknya guru yang turut meneliti keadaan yang ada di kelas. Selain itu, dapat digunakan sebagai acuan dan evaluasi untuk pelaksaan pembelajaran yang lebih baik lagi.

Belum ada Komentar untuk MANFAAT PENERAPAN JURNAL PTK EKONOMI BAGI PENDIDIK

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait MANFAAT PENERAPAN JURNAL PTK EKONOMI BAGI PENDIDIK

ARTIKEL JURNAL ILMIAH

ARTIKEL JURNAL ILMIAH

Bagi Anda yang masih kebingungan dan berkali-kali gagal dam menerbitkan artikel jurnal ilmiah, maka seharusnya mengetahui komponen-komponen penilaiannya ketika sudah masuk proses seleksi oleh penerbit. Selain itu, seorang penulis juga harus paham kiat-kiat lolos publikasi karya penelitian artikel jurnal pdf.... Selengkapnya

9 KOMPONEN PENULISAN JURNAL ILMIAH BAHASA INDONESIA

9 KOMPONEN PENULISAN JURNAL ILMIAH BAHASA INDONESIA

T 18 November 2019 F A aankurn

Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dalam bentuk tulisan sesuai EYD, maka siswa akan diberikan materi mengenai penulisan jurnal ilmiah Bahasa Indonesia. Selain itu, mereka juga diminta untuk membuat sebuah tulisan ilmiah, lengkap dengan komponen-komponenya. Pengertian Jurnal Ilmiah Jurnal ilmiah merupakan artikel... Selengkapnya

JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI

JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI

Mempublikasikan jurnal nasional terakreditasi bukanlah pekerjaan gampang untuk dilakukan. Hanya orang-orang dengan pengetahuan luas serta memiliki skill kepenulisan berkualitas saja yang dapat menjalankannya. Di sana juga ada beberapa syarat agar karya ilmiah Anda bisa diakreditasi. Syarat Agar Jurnal Terakreditasi Nasional... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.