Beranda » Jurnal Ilmiah » MENEMBUS JURNAL PTK INTERNASIONAL YANG BERKUALITAS

MENEMBUS JURNAL PTK INTERNASIONAL YANG BERKUALITAS

T Diposting oleh pada 27 Desember 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 211 kali

Menerbitkan karya tulis ilmiah dan bisa lolos seleksi jurnal PTK internasional merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi penulisnya. Betapa tidak, tulisan tersebut diakui oleh dunia keilmuan internasional yang sudah pasti sangat bereputasi dan tidak diragukan lagi kualitasnya.

Pastinya, nama Anda ingin tercatat dalam jurnal internasional beserta karya yang prestisius bukan? Untuk mewujudkan hal tersebut, disini akan diulas lebih mendalam tentang bagaimana menulis jurnal PTK internasional terbaik.

Mengenal Kriteria Jurnal PTK Internasional

Sebelum menulis laporan PTK agar masuk seleksi jurnal internasional, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang kriterianya. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Maka dari itu, simak informasi kriteria jurnal internasional berikut:

Kriteria yang pertama adalah karya ilmiah yang ditulis harus memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan. Jadi, jika Anda menulis PTK tidak sesuai dengan metode-metode ilmiah, maka karya tersebut tidak akan lolos seleksi jurnal PTK internasional.

Selanjutnya, karya Anda harus sudah memiliki International Standard Serial Number (ISSN) yang merupakan nomor unik dan digunakan sebagai identifikasi publikasi berkala dengan perantara media cetak maupun media elektronik.

Kriteria selanjutya adalah karya tersebut wajib ditulis dengan menggunakan bahasa resmi PBB yang meliputi Bahasa Inggris, Perancis, Arab, Rusia dan Mandarin dengan kaidah kebahasaan yang baik dan benar.

Untuk terbit di jurnal internasional, salah satu kriterianya adalah memiliki terbitan versi daring. Maksudnya yaitu jurnal yang didaftarkan ke dalam jurnal ilmiah haruslah mempunyai publikasi online di media elektronik seperti internet. Disamping itu, media tersebut dikelola secara profesional.

Kemudian, kriteria dari jurnal internasional berikutnya adalah Dewan editornya merupakan pakar di bidangnya dan sedikitnya berasal dari 4 negara. Selain itu, penulis jurnalnya juga harus berasal dari berbagai macam negara.

Jadi, jika Anda ingin menerbitkan jurnal PTK internasional, mulailah menulis dari sekarang dan pastikan karya Anda memenuhi kriteria seperti yang telah disebutkan. Jangan lupa untuk berkolaborasi dengan penulis dari berbagai negara agar lebih meyakinkan.

Cara Publikasi ke Jurnal Internasional

Saat Anda ingin mempublikasikan karya ilmiah untuk didaftarkan di jurnal internasional, maka ada beberapa pilihan cara yang dapat digunakan. Apa saja caranya? Pilihan-pilihan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mulai Dari Jurnal dengan Impact Factor Rendah

Jika Anda masih tergolong pemula dalam penulisan karya ilmiah, maka jurnal dengan impact rendah lebih cocok untuk dipilih. Anda bisa mengirimkan karya ilmiah atau PTK Anda ke jurnal dengan impact factor kurang dari 0.5 terlebih dahulu.

2. Memilih Jurnal Internasional dengan Volume Kurang dari 10

Biasanya, jurnal dengan volume yang masih sedikit akan lebih mudah untuk menerima karya. Jurnal-jurnal baru masih sering kekurangan tulisan untuk dipublikasikan. Selain itu, jurnal ini juga memiliki penilai yang lebih flexible daripada reviewer dari jurnal yang sudah berpengalaman.

3. Melalui Open Access Journal

Memilih jenis jurnal ini untuk publikasi karya bisa dikatakan cukup menyulitkan. Hal ini karena Anda harus membayar biaya publikasinya secara mandiri dan penuh. Biasanya, untuk satu jurnal akan dikenai biaya publikasi yang agak mahal, sekitar 200-800 USD.

Kiranya itulah penjelasan seputar penerbitan jurnal PTK internasional. Diharapkan dapat memotivasi Anda untuk menelurkan karya ilmiah berkualitas yang lolos seleksi jurnal internasional. Jangan mudah menyerah dan terus berkarya untuk kemajuan bangasa Indonesia tercinta.

Belum ada Komentar untuk MENEMBUS JURNAL PTK INTERNASIONAL YANG BERKUALITAS

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait MENEMBUS JURNAL PTK INTERNASIONAL YANG BERKUALITAS

CONTOH JURNAL ILMIAH SINGKAT

CONTOH JURNAL ILMIAH SINGKAT

T 25 November 2019 F A aankurn

Perlu disajikan contoh Jurnal Ilmiah Singkat dan tepat bagi seseorang yang belum terbiasa berkecimpung ke dalam dunia penulisan. Hal ini dimaksudkan agar orang tersebut dapat mengerti dan memahami konsep dasar sebuah jurnal ilmiah. Contoh Jurnal Ilmiah Jurnal memiliki berbagai macam... Selengkapnya

MENGENAL JURNAL PTK METODE DEMONSTRASI

MENGENAL JURNAL PTK METODE DEMONSTRASI

T 25 Desember 2019 F A aankurn

Jurnal PTK Metode Demonstrasi merupakan penelitian berbentuk jurnal ilmiah yang menggunakan metode demonstrasi. Metode ini dilakukan para guru untuk mengevaluasi kinerja selama memberikan materi dalam proses pembelajaran di kelas. Metode ini juga menjadi salah satu model yang efektif diterapkan. Apa... Selengkapnya

JURNAL ILMIAH UNTUK KENAIKAN PANGKAT PNS

JURNAL ILMIAH UNTUK KENAIKAN PANGKAT PNS

T 26 Desember 2019 F A aankurn

Profesionalisme seorang tenaga pengajar dalam instansi pendidikan salah satunya diukur dengan kemampuan publikasinya. Di antara publikasi yang harus dilakukan adalah membuat jurnal ilmiah untuk kenaikan pangkat PNS. Hal ini pula yang banyak dikeluhkan oleh sebagian PNS. Beberapa Metode dalam Membuat... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.