Beranda » Jurnal Ilmiah » MENGENAL JURNAL PTK IPA DAN KARAKTERISTIKNYA

MENGENAL JURNAL PTK IPA DAN KARAKTERISTIKNYA

T Diposting oleh pada 31 Desember 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 257 kali

Jurnal PTK IPA merupakan penelitian yang dikhususkan terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar. Karya ilmiah ini dibuat dan disusun untuk memperbaiki cara guru menyampaikan materi dan memperbaiki hasil belajar siswa/i terhadap permasalahan yang ada.

Kenapa Jurnal PTK IPA Penting Dibuat?

Pembelajaran mata pelajaran IPA hingga saat ini selalu mengacu pada buku-buku paket, LKS atau alat-alat peraga yang sederhana. Hal ini terus menerus dilakukan oleh para guru sebagai media dalam menyampaikan materi. Beberapa peserta didik menikmati proses belajar, namun sebagian tidak.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah, seorang guru yang kurang memahami mata pelajaran IPA dan menguasai teknik pembelajaran di dalam kelas. Sehingga, guru mengalami kesulitan untuk menerapkan materi dengan lingkungan sekitar. Di sisi lain, mereka dituntut harus mengajar secara efektif dan efisien.

Setiap anak memiliki cara masing-masing untuk mengadaptasikan dirinya dengan lingkungan di sekitar. Sementara perilaku belajar anak di kelas juga dipengaruhi aspek-aspek lingkungannya. Maka jurnal PTK IPA ini dibuat dan disusun untuk menjadikan proses belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan adalah, guru dan tim pembuatan jurnal PTK harus merumuskan beberapa media atau metode. Ini diharapkan dapat manarik perhatian dan minat belajar peserta didik di dalam kelas.

Karakteristik Jurnal PTK IPA

Setiap jurnal PTK masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Baik secara isi yang dibahas, dianalisis, ataupun poin-poin yang harus turut serta menjadi bagian dari karya ilmiah tersebut. Di antaranya:

1. Berisi Materi-Materi Alat Peraga

Alat peraga adalah salah satu media pembelajaran yang mengandung atau mengambarkan ciri dari konsep materi dalam kelas. Sebagai media, alat ini memegang peranan penting untuk mata pelajaran IPA. Ini karena digunakan sebagai alat bantu untuk pembelajaran menjadi lebih efektif.

Alat yang membantu pembelajatan ini menyuguhkan wawasan dan ilmu pengetahuan melalui indera penglihatan dan pendengaran. Jurnal yang membahas strategi baru alat peraga ini lebih sering dijadikan topik utama dalam penelitian dan pembuatan jurnal PTK IPA.

2. Desain Penelitian Berbentuk Kolaboratif

Pelaksanaan PTK IPA ini lebih sering dijumpai dalam bentuk kolaboratif. Desain dan model penelitian ini, mengacu pada pandangan bahwa PTK diawali dengan mengidentifikasi setiap gagasan umum. Dan juga difokuskan kembali serta disesuaikan dengan tema jurnal.

Spesifikasi gagasan utama tersebut dikerjakan melalui tiga tahap. Pertama adalah secara berdaur ulang, yaitu bagian dari perencanaan awal, kedua pelaksanaan dan yang ketiga adalah refkelsi yang meliputi evaluasi, pemikiran dan perenungan. Pastikan langkah tersebut terpenuhi semuanya.

3. Menggunakan Teknik Pengumpulan Data Kualitatif

Dalam jurnal ini, data kualitatif yang dimaksuad merupakan data yang didapatkan melalui siswa/i dan kegiatan guru sebagai peneliti. Data tersebut mencakup observasi untuk pengamatan seluruh kegiatan guru, murid, wawancara dan catatan lapangan.

Wawancara yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran dan setelah evaluasi tindakan, terakhir catatan lapangan dilakukan untuk memperoleh data mengenai kejadian dan proses pembelajaran yang tidak tercantum dalam lembar observasi.

Peningkatan kualitas belajar mengajar guru dan siswa/i harus terus dikembangkan. Adanya Jurnal PTK IPA adalah penelitian yang wajib dilakukan dan dijadikan acuan guru menyampaikan materi IPA untuk hasil belajar. Selain itu, mendapatkan manfaat yang berguna, khususnya pada mata pelajaran IPA.

Belum ada Komentar untuk MENGENAL JURNAL PTK IPA DAN KARAKTERISTIKNYA

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait MENGENAL JURNAL PTK IPA DAN KARAKTERISTIKNYA

MEMAHAMI METODE PENULISAN DALAM JURNAL ILMIAH KUALITATIF

MEMAHAMI METODE PENULISAN DALAM JURNAL ILMIAH KUALITATIF

T 26 November 2019 F A aankurn

Metode penulisan dalam Jurnal Ilmiah Kualitatif sering sekali digunakan untuk memaparkan dan mendeskripsikan berbagai ragam sumber data, juga fakta penunjang yang sifatnya analistis. Gaya penulisan ini biasanya banyak digunakan dalam tugas akhir dan juga skripsi. Penelitian Kualitatif Secara Umum Untuk... Selengkapnya

MENGENAL TOPIK JURNAL PTK TERBARU

MENGENAL TOPIK JURNAL PTK TERBARU

T 17 Desember 2019 F A aankurn

Penelitian Tindakan Kelas pada dasarnya sering ditulis oleh seorangg guru untuk melaporkan tentang situasi kegiatan belajar mengajar mereka. Tujuanya adalah untuk memberikan informasi kepada para pihak yang disasar. Sahingga, menuntut untuk membuat tema jurnal PTK Terbaru. Penelitian Tindakan Kelas Secara... Selengkapnya

FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL NASIONAL PTK

FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL NASIONAL PTK

T 18 Desember 2019 F A aankurn

Jurnal Nasional PTK merupakan jurnal yang memfokuskan mata pelajaran secara menyeluruh. Biasanya, mata pelajaran yang dijadikan bahan dalam penelitian adalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) atau mata pelajaran berkurikulum Nasional lainnya. Fokus dalam Jurnal Nasional PTK Jurnal Nasional PTK akan menuangkan hasil... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.