Beranda » Jurnal Ilmiah » MENGENAL JURNAL PTK SENI BUDAYA

MENGENAL JURNAL PTK SENI BUDAYA

T Diposting oleh pada 12 Desember 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 701 kali

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memiliki jenis yang banyak. Salah satunya adalah Seni Budaya. Jurnal PTK Seni Budaya sendiri meliputi beberapa tema. Misalkan seni musik, seni tari, seni rupa, seni kriya, dan masih banyak lainnya.

Tujuan PTK Seni Budaya

Penelitian Tindakan Kelas Seni Budaya mempunyai beberapa tujuan yang disesuaikan dengan masalah yang dihadapi peneliti di kelas. Namun, secara umum beberapa tujuan tersebut adalah:

  1. Memotivasi siswa untuk meningkatkan semangat belajar seni budaya.
  2. Meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran seni budaya.
  3. Meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran seni budaya.
  4. Meningkatkan kecermatan siswa dalam pelajaran seni budaya.

Contoh Penerapan PTK Seni Budaya

PTK Seni Budaya memiliki beragam jenis berdasarkan tema, latar belakang dan tujuan. Selain itu, penelitian jenis ini juga menggunakan metode dan media yang berbeda-beda. Berikut ini adalah contoh beberapa jurnal PTK Seni Budaya:

1. Peningkatan kreativitas siswa dalam membuat karya konstruksi

Dalam penelitian tersebut, peneliti menggunakan metode pembelajaran langsung. Subjek dari penelitian itu adalah siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Latar belakang contoh ini adalah karakteristik siswa yang belum berani menuangkan ide karena memiliki rasa takut dengan nilai jelek.

2. Penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran seni musik.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan membaca notasi musik yang masih rendah. Dengan metode demonstrasi ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca notasi pada pelajaran seni musik.

3. Penerapan metode PAIKEM

Pembelajaran metode PAIKEM memiliki dampak postif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan model pembelajaran seni budaya, siswa merasa mendapatkan perhatian dan kesempatan untuk mengemukakan ide dan pendapatnya.

4. Peningkatan kreatifitas seni budaya dengan media gambar ilustrasi

Manfaat yang diperoleh dari penelitian tersebut adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan menggambar ilustrasi.

5. Penerapan media pameran karya seni

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakseimbangan nilai pada bidang akademik dan non-akademik. Nilai keterampilan masih sangat kurang, sehingga siswa memiliki motivasi yang rendah dalam pelajaran seni budaya.

Penerapan media pameran karya seni ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pelajaran keterampilan seni Budaya.

Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas Seni Budaya

Dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas ini, peneliti harus mengikuti beberapa langkah.

1. Perencanaan

Pada tahapan pertama ini, peneliti menjelaskan fokus masalah yang hendak diamati. Kemudian membuat instrument untuk menemukan hasil dari tahapan perencanaan tersebut. Misalkan masalah kesulitan siswa dalam memberi warna pada pelajaran seni lukis
Di sini, guru atau peneliti harus menyesuaikan strategi pembelajaran yang sesuai agar pelaksanaan penelitian dapat dilakukan dengan lancer nantinya.

2. Pelaksanaan

Sebelum melaksanakan pelaksanaan, peneliti harus mengikuti perencanaan yang telah dibuat sebelumnya. Buatlah kondisi kelas semengalir mungkin tanpa ada settingan, hal ini akan membuat siswa bertindak kaku atau dibuat-buat.

3. Pengamatan

Penilitian PTK dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Maka pada jenis ini, guru adalah seorang peneliti. Dalam proses pengamatan guru dapat menggunakan alat bantu rekam seperti, kamera atau handycam.
Untuk membuat pengamatan lebih objektif, guru (peneliti) dapat meminta bantuan teman sejawatnya dalam mengamati kejadian selama proses pembelajaran berlangsung.

4. Refleksi

Kegiatan pada tahap ini adalah menelusuri kembali proses pengamatan yang telah dilakukan. Refleksi biasanya dilakukan setelah pembelajaran usai

Belum ada Komentar untuk MENGENAL JURNAL PTK SENI BUDAYA

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait MENGENAL JURNAL PTK SENI BUDAYA

JURNAL PTK PAUD

JURNAL PTK PAUD

Membuat jurnal PTK PAUD juga tidak kalah penting dibandingkan dengan karya ilmiah yang lain. Pendidikan pada level ini harus mendapatkan perhatian khusus dari berbagai pihak, sehingga seorang guru lebih mudah untuk mengatasi ragam permasalahan di ruang kelas bersama anak-anak lucu... Selengkapnya

MEMAHAMI METODE PENULISAN DALAM JURNAL ILMIAH KUALITATIF

MEMAHAMI METODE PENULISAN DALAM JURNAL ILMIAH KUALITATIF

T 26 November 2019 F A aankurn

Metode penulisan dalam Jurnal Ilmiah Kualitatif sering sekali digunakan untuk memaparkan dan mendeskripsikan berbagai ragam sumber data, juga fakta penunjang yang sifatnya analistis. Gaya penulisan ini biasanya banyak digunakan dalam tugas akhir dan juga skripsi. Penelitian Kualitatif Secara Umum Untuk... Selengkapnya

CONTOH MAKALAH UNTUK KENAIKAN PANGKAT GURU SD

CONTOH MAKALAH UNTUK KENAIKAN PANGKAT GURU SD

Selain jurnal, Anda juga harus membaca banyak contoh makalah untuk kenaikan pangkat guru SD. Karena hal tersebut sangatlah berpengaruh terhadap keberlangsungan karir sebagai pendidik di tingkatan Sekolah Dasar, supaya bisa menaikkan jabatan ke golongan lebih tinggi dari sebelumnya. Seberapa Penting... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.