Beranda » Jurnal Ilmiah » MENGENAL TOPIK JURNAL PTK TERBARU

MENGENAL TOPIK JURNAL PTK TERBARU

T Diposting oleh pada 17 Desember 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1284 kali

Penelitian Tindakan Kelas pada dasarnya sering ditulis oleh seorangg guru untuk melaporkan tentang situasi kegiatan belajar mengajar mereka. Tujuanya adalah untuk memberikan informasi kepada para pihak yang disasar. Sahingga, menuntut untuk membuat tema jurnal PTK Terbaru.

Penelitian Tindakan Kelas Secara Umum

Pada mulanya, Penelitian Tidakan Kelas dilakukan pada bidang pekerjaan tertentu yang mana peneliti sedang melakukan pekerjaannya, baik itu di bidang pendidikan, kesehatan maupun bidang lain seperti pengelolaan sumber daya manusia.

Dalam konteks pendidikan, PTK digunakan oleh seorang guru untuk menyelidiki kejadian-kejadian yang terjadi pada saat merekan menyampaikan pembelajaran.

Tentu saja, hal ini dilakukan untuk memperbaiki kelemahan dalam proses pengajaran pembelajaran oleh guru dan siswanya. Selanjutnya, masalah tersebut dicarikan jalan keluarnya melalui sebuah penelitian.

Sifat dari penelitian ini adalah reflektif dengan melakukan suatu tindakan tertentu untuk memperbaiki masalah yang muncul di dalam kelas melalui empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.

Karakteristik Jurnal PTK Terbaru

Sudah pasti bahwa Jurnal PTK berbeda dengan penelitian jenis yang lain. Ini tentunya memiliki karakteristik tersendiri yang membedakanya dengan desain penelitian formal. Seperti:

1. Mengkaji Isu Pendidikan

Penelitian Tindakan Kelas mengkaji dan menghasilkan keuntungan dalam dunia pendidikan. Hal ini muncul dari masalah yang diperoleh guru di dalam kelas atau sebuah problematika, melibatkan banyak pendidik dalam lembaga pendidikan.

2. Dilakukan oleh Pendidik atau Guru

Pada penelitian ini, yang bertindak sebagai penelii adalah seorang guru. Mereka terjun ke dalam penelitian partisipatori atau penelitian self reflektif,  di mana akan mengalihkan pandangan dan pengamatan pada ruang kelas, sekolah atau praktik-praktik pendidikan yang dilakukan.

3. Adanya Partisipasi Pihak Lain dalam Penelitian

Jurnal PTK Terbaru dilaksanakan dengan kerjasama pihak lain, seperti teman sejawat. Jadi didalam perlu ada campur tangan dari pihak lain yang berperan sebagai observer atau pengamat. Hal ini ditujukan agar mendukung objektivitas hasil penelitian yang dilakukan.

4. Adanya Rencana Tindakan

Pada PTK yang dilakukan, selalu di rumuskan suatu rencana tindakan untuk merespon masalah hasil temuan selama studi berlangsung. Perencanaan ini sangat penting untuk dilakukan karena bertujuan menyelidiki praktik kegiatan baru yang akan diterapkan.

Topik PTK Terbaru

Secara umum topik PTK adalah tentang masalah, baik itu bersifat global maupun khusus dalam dunia pendidikan dan pengajaran. Untuk mengetahuhui tentang tema yang sedang menarik untuk diteliti, simak penjelasan berikut ini:

1. PTK Tentang Digital Media

Saat ini, pengaruh digital media sangat besar tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Topik ini sangat menarik untuk diteliti dengan dikaitkan pada media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan siswa.

Misalnya, penggunaan digital photograps untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi. Hal ini menyelidiki apakah media tersebut dapat menyelesaikan masalah siswa untuk membuat karangan tulisan atau tidak.

2. Implementasi Literasi

Sekarang pemerintah sedang gencar menggalakkan program literasi. Hal ini bertujuan untuk membiasakan siswa memperoleh informasi melalui membaca dan juga agar mereka produktif dalam membuat karya tulis baik berupa artikel, esai, cerpen, puisi maupun buku.

Terkait dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas, guru dapat menggunakan topik literasi untuk menyelidiki apakah siswa benar-benar mengalami peningkatan pengetahuan yang berkaitan dengan mata pelajaran tertentu.

3. Metode Pengajaran Berbasis Game

Kadangkala, siswa pasti merasa bosan jika metode dan media yang digunakan guru dalam mengajar adalah biasa saja. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat digunakan game kesukaan dan menyenangkan. Kefektifanya bisa diteliti dahulu dengan PTK.

Itulah ulasan singkat mengenai Jurnal PTK terbaru. Setelah membaca tulisan ini diharapkan Anda dapat menulis penelitian dengan topik menarik dan menerbitkanya sesuai dengan kaidah dan metode yang benar.

Belum ada Komentar untuk MENGENAL TOPIK JURNAL PTK TERBARU

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait MENGENAL TOPIK JURNAL PTK TERBARU

TUJUAN DIBUATNYA JURNAL PTK IPS

TUJUAN DIBUATNYA JURNAL PTK IPS

T 1 Januari 2020 F A aankurn

Jurnal PTK IPS merupakan sebuah penelitian atau analisis yang dihasilkan dalam bentuk karya ilmiah. Di dalamnya, membahas persoalan dan kejadian di dalam kelas. Ini dilakukan dengan pola pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) antara guru dan peserta didiknya. Tujuan... Selengkapnya

JENIS-JENIS JURNAL ILMIAH BAHASA INGGRIS

JENIS-JENIS JURNAL ILMIAH BAHASA INGGRIS

T 26 November 2019 F A aankurn

Jurnal Ilmiah Bahasa Inggris dapat dikategorikan menjadi dua jenis. Pertama, Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris. Kedua, jurnal dengan tema selain pendidikan yang menggunakan Bahasa Inggris atau biasa disebut dengan Jurnal Internasional. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Inggris Jurnal Ilmiah merupakan referensi penting... Selengkapnya

JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI

JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI

Mempublikasikan jurnal nasional terakreditasi bukanlah pekerjaan gampang untuk dilakukan. Hanya orang-orang dengan pengetahuan luas serta memiliki skill kepenulisan berkualitas saja yang dapat menjalankannya. Di sana juga ada beberapa syarat agar karya ilmiah Anda bisa diakreditasi. Syarat Agar Jurnal Terakreditasi Nasional... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.