Beranda » Jurnal Ilmiah » MENULIS JURNAL PTK PGSD BAGI MAHASISWA

MENULIS JURNAL PTK PGSD BAGI MAHASISWA

T Diposting oleh pada 1 Januari 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 2124 kali

Penelitian merupakan salah satu aspek dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bersanding dengan pendidikan dan pengabdian. Hal ini tentunya juga berlaku bagi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau mereka yang dididik untuk menjadi seorang guru SD professioanal.

Salah satu research yang harus dilakukan oleh mahasiswa di jurusan tersebut adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hal ini juga berguna sebagi tugas akhir penelitian mereka. Selanjutnya, bagaimana seluk-beluk tentang jurnal PTK PGSD? Ikuti penjelasan berikut ini.

Karakteristik Peserta Didik Usia Sekolah Dasar

Sebelum berbicara lebih lanjut dengan PTK, mahasiswa calon guru SD harus mengenali karakter siswa pada jenjang ini. Pendidikan di Sekolah Dasar menjadi sangat penting karena merupakan pondasi seorang individu untuk tahap pembelajaran selanjutnya.

Maka dari itu, pada masa ini usia 7-12 tahun disebut dengan masa keemasan ( golden age ) sekaligus masa kritis dalam tahapan kehidupan anak, dimana anak tumbuh dan berkembang dengan pesat disertai rasa ingin tahu yang tinggi. Sehingga, guru harus pintar-pintar mendidik mereka.

Apa Pentingnya Menguasai PTK untuk Mahasiswa Calon Guru SD?

Penelitian tindakan atau Classroom Action Research kelas ini sangat penting dipelajari oleh mahasiswa jurusan PGSD yang merupakan calon guru masa depan di Sekolah Dasar. Hal ini untuk mendidik mereka agar nanti ketika jadi guru akan lebih produktif untuk menulis jurnal PTK PGSD.

Ada banyak hal yang menjadikan seorang mahasiswa calon guru kelas Sekolah Dasar melakukan Penelitian Tindakan Kelas sejak dini. Hal tersebut untuk membiasakan mereka melakukan PTK saat sudah menjadi guru sungguhan nantinya. Berikut adalah pentingnya menguasai PTK.

Pertama, menghadapi permasalahan rendahnya kemampuan anak SD dalam melakukan perintah sederhana. Untuk mengetahui apa kesalahan atau kekurangan dan cara mengatasinya, maka guru dapat melakukan Penelitian Tindakan Kelas sebagai solusi cerdas.

Kedua, menghadapi persoalan rendahnya minat baca buku pada anak usia Sekolah Dasar. Untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar di kelas, maka guru perlu melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Terakhir, untuk meningkatkan profesionalisme guru. Sebagai guru, Anda harus dapat melakukan observasi, refleksi dan evalusi terhadap dirinya sendiri, siswa dan kondisi kelas. Apabila hal tersebut berhasil dilaksanakan, maka akan tercipta pembelajaran ideal yang diinginkan.

Manfaat Jurnal PTK PGSD bagi Mahasiswa

Manfaat yang pertama adalah Penelitian Tidakan Kelas dapat dijadikan sebagai inovasi pembelajaran. Inovasi ini nantinya akan diterapkan selama proses pembelajaran ketika suatu saat mengajar di kelas agar menjadi lebih mutakhir dan optimal.

Selanjutnya, ketika menjadi guru Anda akan selalu menghadapi karakteristik dan kemampuan anak yang berbeda-beda di sepanjang tahun. Jadi, ketika nanti mahasiswa yang telah menjadi guru melakukan penelitian di kelasnya, itu akan menghasilkan solusi terhadap permasalahan di kelas.

Manfaat lain dari Penelitian Tindakan Kelas adalah sebagai kebutuhan seorang guru kelas untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif. Sehingga, target pembelajaran bisa terpenuhi dan siswa menjadi paham dengan materi yang diajarkan.

Manfaat yang terakhir bagi mahasiswa calon guru SD yakni agar mereka belajar sejak dini bahwa PTK bisa digunakan untuk peningkatan profesionalisme guru. Seorang guru yang profesional perlu untuk mengembangkan dan meningkatkan metode yang digunakanya dalam mengajar.

Ulasan tentang penulisan jurnal PTK PGSD di atas dapat dijadikan sebagai pengetahuan dasar. Harapannya, dengan adanya artikel ini dapat memperbaiki proses belajar dan memotivasi para calon guru untuk lebih produktif dalam menulis karya ilmiah.

Belum ada Komentar untuk MENULIS JURNAL PTK PGSD BAGI MAHASISWA

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait MENULIS JURNAL PTK PGSD BAGI MAHASISWA

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

T 23 November 2019 F A aankurn

Bagi seorang tenaga pendidik, membuat laporan penelitian tindakan kelas seperti jurnal seringkali menjadi momok menakutkan. Hal ini disebabkan kurangnya budaya membaca sehingga kemampuan menulis yang baik menjadi kurang optimal. Padahal Jurnal PTK PAUD sangat dibutuhkan. Pendidikan Tindakan Kelas (PTK) PAUD... Selengkapnya

TEMPAT PUBLIKASI JURNAL PTK

TEMPAT PUBLIKASI JURNAL PTK

T 30 Januari 2020 F A aankurn

Bagi seorang guru, melakukan penelitian dan melaporkanya dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas merupakan sebuah kewajiban. Sebagian dari mereka sudah mempunyai skill yang mumpuni. Namun, permasalahannya adalah belum tersosialisasikannya tempat publikasi jurnal PTK dengan baik Dimanakah Mempublikasikan Jurnal Penelitian Tindakan Kelas?... Selengkapnya

PENTINGNYA JURNAL PTK GURU DAN TAHAPAN PEMBUATANNYA

PENTINGNYA JURNAL PTK GURU DAN TAHAPAN PEMBUATANNYA

T 16 Desember 2019 F A aankurn

Seorang guru tentunya tak luput dari tanggungjawab perihal karya ilmiah dan penelitian yang harus dilakukan. Salah satu dari kewajiban guru tersebut adalah melakukan penelitian dan menuliskanya dalam laporan Penelitian Tindakan Kelas atau yang dikenal dengan jurnal PTK guru. Mengapa PTK... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.