Beranda » Jurnal Ilmiah » APA SAJA METODE JURNAL PTK?

APA SAJA METODE JURNAL PTK?

T Diposting oleh pada 16 Desember 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 187 kali

Dalam membuat jurnal, harus menggunakan metode yang dianggap cocok untuk kebutuhan permasalahannya. Apalagi kalau hal semacam ini menyangkut peroblematika pendidikan di kelas. Dengan metode jurnal PTK yang tepat, akan meningkatkan pola fikir objek penelitian.

Beberapa Metode Membuat Jurnal PTK

Dalam pembelajaran, tetunya terdapat banyak sekali metode yang dapat digunakan oleh seorang guru ketika mengajar. Hal tersebut dapat dijadikan topik Penelitian Tindakan Kelas. Apa saja metode tersebut? Simak ulasan berikut ini:

1. Metode Contextual Teaching Learning (CTL)

Merupakan penelitian yang menekankan pada keterkaitan, antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan peserat didik secara nyata. Sehingga, mereka mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi dalam kehidupan sehari-hari.

2. Metode Index Card Match

Model pembelajaran Index Card Match (mencari pasangan) cukup menyenangkan jika digunakan untuk mengulang materi yang telah diberikan sebelumnya. Materi baru juga tetap bisa diajarkan, dengan catatan peserta didik diberi tugas mempelajari topik yang akan diajarkan terlebih dahulu.

3. Metode Pembelajaran Berbasis Masalah

Model pembelajaran jenis ini mulai diangkat sebab ditinjau secara umum mengedepankan pembelajaran untuk mengatasi masalah terdiri dari menyajikan kepada siswa situasi masalah autentik dan bermakna.

Pembelajaran berbasis masalah adalah pendekatan efektif untuk meningkatkan critical thinking siswa. Metode ini membantu siswa dalam mengolah informasi yang terlintas dalam benaknya. Selanjutnya menyusun pengetahuan mereka sendiri tentang dunia sosial dan sekitarnya.

4. Metode Pembelajaran Kooperatif

Metode pembelajaran kooperatif merupakan metode atau strategi pembelajaran gotong-royong yang konsepnya hampir tidak jauh berbeda dengan metode pembelajaran kelompok. Proses pembelajaran tidak harus belajar dari guru kepada siswa. Mereka dapat saling membelajarkan dengan lainnya.

5. Metode Jigsaw

Dalam pembelajaran jigsaw, para siswa bekerja dalam tim yang heterogen. Mereka diberikan tugas untuk membaca beberapa bab atau unit dan diberikan “lembar ahli” dan dibagi atas topik-topik yang berbeda. Ini harus menjadi fokus perhatian anggota tim saat kegiatan membaca.

Setelah semua selesai membaca, siswa dari tim bereda yang memiliki fokus topik sama bertemu dalam “kelompok ahli” untuk mendiskusikan topik mereka. Setelah itu, para ahli kembali ke timnya secara bergantian mengajari teman satu timnya mengenai topik masing-masing.

6. Metode Make a Match

Ini adalah metode jurnal PTK menggunakan kartu. Kartu-kartu tersebut terdiri dari pertanyaan-pertanyaan dan lainnya berisi jawaban dari pertanyaanpertanyaan tersebut. Siswa harus pandai dalam menemukan jawaban yang cocok.

7. Metode Talking Stick

Model pembelajaran ini adalah tipe pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan perantara sebuah tongkat, pemegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah siswa tersebut diminta mempelajari materi pokoknya.

8. Metode Simulasi

Merupakan suatu teknik yang digunakan dalam semua sistem pengajaran, terutama dalam desain instruksional berorientasi pada tujuan-tujuan tingkah laku.

9. Metode Discovery Learning

Discovery Learning adalah belajar mencari dan menemukan sendiri. Dalam sistem belajar mengajar ini, guru menyajikan bahan pelajaran yang tidak berbentuk final. Tetapi, anak didik diberi peluang untuk mencari dan menemukan sendiri dengan menggunakan teknik pendekatan pemecahan masalah.

10. Metode Brainstorming

Diciptakan dari pengembangan metode diskusi. Model diskusi banyak dikembangkan menjadi Metode pembelajaran baru salah satunya yaitu metode Branstorming. Dalam metode ini, semua ide atau gagasan ditampung oleh ketua kelompok dan hasilnya kemudian dijadikan peta gagasan

Itulah ulasan singkat mengenai metode jurnal PTK. Setelah membaca tulisan ini diharapkan Anda dapat menulis Penelitian Tindakan Kelas dengan topik yang menarik dan menerbitkanya sesuai dengan kaidah dan metode yang benar.

Belum ada Komentar untuk APA SAJA METODE JURNAL PTK?

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait APA SAJA METODE JURNAL PTK?

SYARAT JURNAL ILMIAH YANG BAIK

SYARAT JURNAL ILMIAH YANG BAIK

T 13 November 2019 F A aankurn

SYARAT JURNAL ILMIAH YANG BAIK- Ketika menulis sebuah penelitian maupun buku, Anda harus menggunakan sebuah refrensi. Keberadaannya sangat diperlukan sebab, membantu melengkapi data ataupun teori. Namun, harus diperhatikan karena hanya syarat jurnal ilmiah yang baik dapat di jadikan literatur. Keberadaan... Selengkapnya

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK KEAKTIFAN SISWA

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK KEAKTIFAN SISWA

T 30 Desember 2019 F A aankurn

Penelitian Tindakan Kelas wajib dilakukan guna meningkatkan kualitas sistem belajar mengajar di sekolah. Sebab, tanpa dilakukannya hal tersebut, kondisi pendidik dan peserta didik tidak terkontrol dengan baik. Berikut akan diulas mengenai jurnal PTK keaktifan siswa yang harus dipahami. Masalah Yang... Selengkapnya

CARA PUBLIKASI JURNAL NASIONAL GRATIS

CARA PUBLIKASI JURNAL NASIONAL GRATIS

Cara publikasi jurnal nasional gratis memang sedang diidam-idamkan banyak orang, karena hal tersebut merupakan sebuah langkah awal untuk membuka gerbang kesuksesan dalam bidang penelitian serta penerbitan bagi berbagai kalangan akademisi yang ingin menelurkan karyanya. Bagaimana Mempublikasikan Jurnal Nasional Secara Gratis?... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.