Beranda » Jurnal Ilmiah » JURNAL ILMIAH 2019: PENGERTIAN DAN FUNGSI

JURNAL ILMIAH 2019: PENGERTIAN DAN FUNGSI

T Diposting oleh pada 14 November 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 2442 kali

JURNAL ILMIAH 2019: PENGERTIAN DAN FUNGSI-Media diseminasi hasil penelitian dalam suatu disiplin keilmuan telah menjadi faslitas dari jurnal ilmiah 2019. Kehadirannya di tahun ini menjadi sangat rentan diperhatikan, guna memunculkan output kajian yang dapat dijadikan refrensi maupun diterbitkan di berbagai media.

Pengertian Jurnal Ilmiah

Pada dasarnya jurnal ilmiah dibuat oleh kelompok ilmuan yang terdiri dari dosen, mahasiswa, peneliti, guru, dosen, professor, jurnalis dan lain sebagainya. Mereka menulis jurnal untuk berbagai kepentingan akademik, panelitian atau yang lain.

Kehadirannya pertama kali disebut dalam bahasa Inggris yakni, ‘Scientific Journal’ yang berarti di bidang akademik. Namun saat ini, secara familiar dapat dijabarkan sebagai kumpulan artikel ilmiah dengan pempublikasian secara regular dalam rangkan mendiseminasi hasil penelitian.

Apabila dikaitkan dengan kata ‘ilmiah’-nya, jurnal tersebut merupakan terbitan berkala yang berisi seputar berbagai bahan ilmiah. Selain itu, juga bisa dijadikan sarana komunikasi antar anggota di suatu komunitas tertentu dengan keilmuan terkait.

Fungsi dan Kegunaan Jurnal Ilmiah 2019

Semakin diperketatnya pempublikasian jurnal ilmiah 2019, maka beberapa komunitas penelitian seperti telah disebutkan, berupaya untuk membangun karya bermutu demi mencapai fungsi dan kegunaan yang dapat bermanfaat bagi semua khalayak. Di antaranya sebagai berikut:

1. Fungsi Jurnal Ilmiah dalam Pembuatan Latar Belakang

Keberadaan jurnal ilmiah sering kali digunakan sebagai rujukan dalam pembuatan latar belakang sebuah penelitian seperti kajian keilmuan maupun skripsi. Di dalamnya dapat Anda jadikan refrensi mengenai studi kasus, data ataupun informasi yang relevan.

2. Fungsi Jurnal Ilmiah untuk Menulis Penelitian Kerangka Teori

Sebuah penelitian pasti memilki bagian kerangka teori yang berisi tentang berbagi bab yang akan dijadikan pembahasan lebih lanjut. Dengan adanya jurnal ilmiah, Anda dapat melakukan pengembangan data serta informasi guna menjadikannya lebih berkualitas.

3. Jurnal Ilmiah Sebagai Acuan Penelitian Terdahulu

Untuk memperkuat kajian pasti dibutuhkan adanya penelitian terdahulu. Maka kemudian, dapat memanfaatkan keberadaaan jurnal ilmiah untuk dijadikan refrensi tambahan, yang nantinya bisa dipergunakan sebagai pembanding dari isi, tema dan judul mengenai karya Anda.

4. Jurnal Ilmiah Sebagai Penjelas dari Metodologi Penelitian

Dalam menentukan metodologi akan menjadi lebih mudah apabila diiringi sebuah penelitian yang sejenis. Maka, dari contoh tersebut Anda akan mendapatkan gambaran bagaimana pola penentuan pendekatan metodenya.

5. Sebagai Bahan untuk Memperkaya Khazanah Ilmu Pengetahuan

Seiring dengan bergantinya waktu, keberadaan jurnal ilmiah menjadi bertambah. Hal ini patut di banggakan, sebab artinya Anda akan semakin leluasa untuk melalukan penelitian terbaru dengan berbagai inovasi yang ada. Pasalnya, refrensi sangat berarti penting bagi kegiatan akademik.

6. Jurnal Ilmiah Juga Dibutuhkan untuk Membuat sebuah Kesimpulan Penelitian

Sebagian dari Anda yang mungkin belum terlalu berkecimpung dengan dunia meneliti, maka akan beranggapan bahwa menulis sebuah kesimpulan tidak membutuhkan refrensi apapun. Padahal, kenyataannya salah. Jurnal ilmiah berguna untuk memperjelas hasil akhir dari penelitian terdahulu.

7. Sebagai Bahan Acuan Ajar Pendidik

Terlepas dari berbagai kegunaan serta fungsi untuk membuat penelitian, ternyata jurnal ilmiah juga sangat dibutuhkan oleh para pendidik guna membuat bahan ajar. Tentu saja, karena dengan mengambil refrensi tersebut maka akan semakin memperluas wawasan serta memunculkan inovasi.

Sebagaimana disebutkan di atas mengenai fungsi dan kegunaan jurnal ilmiah 2019, Anda dapat menjadikannya sebagai bahan refrensi yang relevan sesuai dengan kebutuhan. Pastikan judul dipilih secara sesuai serta perhatikan tingkat akreditasi dan nomor ISSN.

Belum ada Komentar untuk JURNAL ILMIAH 2019: PENGERTIAN DAN FUNGSI

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait JURNAL ILMIAH 2019: PENGERTIAN DAN FUNGSI

JENIS-JENIS JURNAL ILMIAH SECARA UMUM

JENIS-JENIS JURNAL ILMIAH SECARA UMUM

T 13 November 2019 F A aankurn

JENIS-JENIS JURNAL ILMIAH SECARA UMUM-Sebagian besar orang di Indonesia memahami jika semua jurnal ilmiah itu adalah sama. Namun tahukah Anda, jika jenis-jenis jurnal ilmiah memiliki ragam yang berdasar pada tujuan penulisanya. Lantas apa saja jurnal yang ada untuk saat ini?... Selengkapnya

PENTINGNYA JURNAL PTK GURU DAN TAHAPAN PEMBUATANNYA

PENTINGNYA JURNAL PTK GURU DAN TAHAPAN PEMBUATANNYA

T 16 Desember 2019 F A aankurn

Seorang guru tentunya tak luput dari tanggungjawab perihal karya ilmiah dan penelitian yang harus dilakukan. Salah satu dari kewajiban guru tersebut adalah melakukan penelitian dan menuliskanya dalam laporan Penelitian Tindakan Kelas atau yang dikenal dengan jurnal PTK guru. Mengapa PTK... Selengkapnya

JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI

JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI

Mempublikasikan jurnal nasional terakreditasi bukanlah pekerjaan gampang untuk dilakukan. Hanya orang-orang dengan pengetahuan luas serta memiliki skill kepenulisan berkualitas saja yang dapat menjalankannya. Di sana juga ada beberapa syarat agar karya ilmiah Anda bisa diakreditasi. Syarat Agar Jurnal Terakreditasi Nasional... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.