Beranda » Jurnal Ilmiah » PENILAIAN JURNAL ILMIAH

PENILAIAN JURNAL ILMIAH

T Diposting oleh pada 19 Februari 2020
F Kategori , , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 682 kali

Pada umumnya, setiap penerbit yang akan mempublikasikan karya Anda pasti memiliki standar penilaian jurnal ilmiah masing-masing. Hal tersebut haruslah benar-benar dipahami oleh peneliti dan juga menulis dalam rangka menciptakan laporan hasil penelitian berkualitas unggulan.

3 Penilaian Dasar Jurnal Ilmiah

Secara mendasar, ada 3 hal penting yang telah menjadi patokan penilaian jurnal ilmiah dari dulu hingga sekarang. Rupanya, aspek tersebut merupakan tolok ukur valid untuk mengetahui baik atau tidaknya suatu karya jika benar-benar telah diterbitkan nantinya.

1. Konten

Hal pertamakali yang pasti akan dinilai dari sebuah karya tulis ilmiah adalah mengenai konten atau isinya. Seberapa baik jurnal dapat dilihat dengan bagaiman penulis mengungkapkan ide serta pikiranya disana dengan logis serta dapat menarik minat pembaca.

Penilaian konten pada jurnal ilmiah meliputi abstrak, pendahuluan, latar belakang, review tentang teori yang digunakan, hasil temuan, analisis data, kesimpulan, serta saran. Semua isi tersebut haruslah benar-benar dinilai dengan baik oleh penyeleksi atau asesor jurnalnya.

2. Keorisinilan Karya

Plagiat merupakan tindakan tidak terpuji serta dapat dikenai pidana bagi siapa saja yang melakukanya dengan sengaja. Maka, atas dasar itulah, sebelum menerbitkan jurnal, karya Anda tersebut akan dicek orisinilitasnya oleh pihak penerbit.

Jika memang masih terbukti ada plagiat di dalamnya walaupun jumlahnya sangat sedikit, bisa jadi jurnal tersebut tidak akan diterbitkan dan Anda akan diblacklist dari pihak penerbitan selamanya. Jadi, jangan main-main terhadap hal ini.

3. Teknik Penulisan dan Bahasa

Bahasa dan teknik penulisan dalam jurnal ilmiah merupakan salah satu aspek terpenting karena mereka adalah sesuatu yang membuat pembaca paham terhadap karya tersebut.

Jika teknik penulisan masih salah dan bahasa yang digunakan amburadul, maka pembaca pun akan cepat merasa bosan. Oleh sebab itu, hal tersebut menjadi alasan penerbit untuk dimasukkan dalam ranah penilaian.

Demikianlah paparan singkat mengenai penilaian jurnal ilmiah yang dapat disampaikan dalam artikel ini. Semoga dengan adanya informasi tersebut bisa membangkitkan semangat para peneliti untuk lebih produktif dalam mencetak prestasi dari karya hasil penelitian mereka di kancah internasional.

Belum ada Komentar untuk PENILAIAN JURNAL ILMIAH

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait PENILAIAN JURNAL ILMIAH

JURNAL PTK SMP

JURNAL PTK SMP

Jurnal PTK SMP tentunya harus dibuat dengan sebaik-baiknya oleh seorang guru. Kegiatan tersebut bukan hanya soal pemenuhan kewajiban profesi keguruan saja, namun lebih mendalam terhadap adanya kemanfaatanya terhadap para pelaku pendidikan. Manfaat PTK Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama Penulisan jurnal... Selengkapnya

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

T 23 November 2019 F A aankurn

Bagi seorang tenaga pendidik, membuat laporan penelitian tindakan kelas seperti jurnal seringkali menjadi momok menakutkan. Hal ini disebabkan kurangnya budaya membaca sehingga kemampuan menulis yang baik menjadi kurang optimal. Padahal Jurnal PTK PAUD sangat dibutuhkan. Pendidikan Tindakan Kelas (PTK) PAUD... Selengkapnya

BENTUK-BENTUK PUBLIKASI ILMIAH

BENTUK-BENTUK PUBLIKASI ILMIAH

T 31 Januari 2020 F A aankurn

Bagi Anda yang kurang familiar dengan dunia penelitian ataupun penerbitan, pasti juga masih asing dengan bentuk-bentuk publikasi ilmiah. Hal tersebut sangat penting untuk diketahui dalam rangka menambah wawasan ilmu akademik khususnya bagi mahasiswa atau pun akademisi. Berikut ini akan dipaparkan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.