Beranda » Jurnal Ilmiah » PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

T Diposting oleh pada 23 November 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 188 kali

Bagi seorang tenaga pendidik, membuat laporan penelitian tindakan kelas seperti jurnal seringkali menjadi momok menakutkan. Hal ini disebabkan kurangnya budaya membaca sehingga kemampuan menulis yang baik menjadi kurang optimal. Padahal Jurnal PTK PAUD sangat dibutuhkan.

Pendidikan Tindakan Kelas (PTK) PAUD

Di dalam kelas, guru memiliki peran sebagai pembimbing, observer dan fasilitator. Namun setiap pendidik memiliki karakter dan ilmu yang berbeda-beda. Sehingga akan berpengaruh pada gaya mengajarnya, metode yang dipakai dan juga kreatifitasnya.

Pendidikan Anak Usia Dini berisi anak-anak dengan usia antara 3-6 tahun. Kegiatan ini sangat penting bagi mereka karena merupakan pondasi pembelajaran untuk tingkat selanjutnya. Pada masa itu disebut dengan golden age, yaitu anak tumbuh dan berkembang dengan pesat.

Melakukan penelitian tindakan kelas PAUD bisa dijadikan sebagai bahan inovasi dalam proses pembelajaran yang sudah diterapkan. Sehingga pengajaran bisa berjalan dengan optimal. Karena dalam penerapannya, seorang guru akan selalu menghadapi berbagai karakter dan kemampuan.

Jadi, bisa dipastikan jika guru melakukan penelitian tindakan tersebut di dalam kelas, maka akan mendapatkan solusi setiap permasalahan yang terjadi. Bisa dikatakan proses tersebut sebagai kebutuhan tenaga pendidik untuk menciptakan suasana belajar agar selalu kondusif.

Bagi guru, jurnal PTK ini juga bisa dijadikan sarana meningkakan profesionalismenya. Maka dari itu, perlu untuk mencoba merubah, mengembangkan,dan meningkatkan gaya mengajar. Agar anak-anak selalu senang dan bahagia dalam belajar, sehingga apa yang diajarkan menjadi mudah dipahami.

Pentingnya Membuat Jurnal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) PAUD

Membuat jurnal penelitian tindakan kelas (PTK) PAUD memang sangat penting, karena jika ada permasalahan dan menganggu proses belajar dan mengajar akan langsung bisa diketahui serta dicarikan solusi. Dalam hal ini, guru diharuskan kreatif untuk melakukan inovasi pembelajaran.

1. Bagi Guru

Ada banyak alasan mengapa melakukan penelitian tindakan kelas PAUD merupakan suatu keharusan dan sangat penting bagi seorang guru. Pertama bisa melatih dan membuat pendidik menjadi peka sekaligus cepat tanggap terhadap dinamika pembelajaran selama di kelasnya.

Memperbaiki dan meningkatkan kualitas penggunaan media pembelajaran atau alat bantu lainnya yang lebih menarik lagi. Hal ini agar bisa membuat anak didik PAUD semakin bersemangat dalam belajar sehingga mempermudah proses pemahaman siswa.

Memperbaiki dan juga meningkatkan kualitas alat evaluasi serta prosedur yang digunakan untuk mengukur proses dan hasil belajar peserta didik. Selain itu, juga membuat sedikit perubahan pada penerapaan kurikulum dan pengembangan kompetensi serta hasil belajar mereka.

Guru akan menjadi sangat kritis dan reflektif. Mampu dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kuantitas proses pembelajaran di kelas. Terakhir bisa untuk meningkatkan kinerja pendidik itu sendiri.

Tak hanya itu, guru juga memiliki keberanian dan kemampuan dalam membuat laporan penelitian tindakan kelas dalam bentuk jurnal. Sehingga, mereka tidak lagi merasa puas dengan apa yang dikerjakan tanpa ada upaya perbaikan maupun inovasi. Tentunya dengan menjadi seorang peneliti di bidangnya.

2. Bagi Anak PAUD

Segala permasalahan yang menghambat anak didik PAUD dalam kegiatan belajar bisa di atasi oleh guru setelah melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Sehingga, akan tercipta suasana di kelas yang kondusif dan sesuai dengan karakter perkembangan siswa. Pastinya dengan dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan.

Ketika suasana belajar menjadi kondusif dan menarik, maka anak didik jenjang PAUD akan merasa senang dan semangat mengikuti kegiatan kelas sampai selesai. Terlebih, jika proses pembelajaran dijalankan dengan cara yang menyenangkan.

Membuat Jurnal PTK PAUD sangatlah penting bagi seorang guru. Mengingat ini adalah tingkatan dasar dalam pendidikan mereka sehingga harus dilakukan dengan baik agar peserta didik lebih siap memasuki TK maupun SD.

Belum ada Komentar untuk PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

HAL YANG MELATAR BELAKANGI GURU MEMBUAT JURNAL PTK OLAHRAGA

HAL YANG MELATAR BELAKANGI GURU MEMBUAT JURNAL PTK OLAHRAGA

T 19 November 2019 F A aankurn

Jurnal PTK Olahraga dibuat untuk menemukan dan mencari solusi dari berbagai masalah di dalam kelas, tidak terkecuali Olahraga. Semakin banyak jurnal dibuat, akan bertambah pula variasi media dan metode yang bisa digunakan untuk pengajaran kedepannya. Pentingnnya Membuat Jurnal PTK Olahraga... Selengkapnya

MANFAAT JURNAL ILMIAH

MANFAAT JURNAL ILMIAH

T 31 Januari 2020 F A aankurn

Mayoritas orang di Indonesia belum sadar terhadap adanya manfaat jurnal ilmiah yang mereka publikasikan, sehingga cenderung malas dalam melakukan penelitian serta menulisnya. Padahal, jika diurai lebih lanjut, hal tersebut sangat berguna bagi penulis secara pribadi maupun pihak lain. Manfaat Dipublikasikannya... Selengkapnya

JURNAL PTK TIK SEBAGAI UPAYA TINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEKNOLOGI

JURNAL PTK TIK SEBAGAI UPAYA TINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEKNOLOGI

T 31 Desember 2019 F A aankurn

Dewasa ini zaman mulai berkembang, bahkan tuntutan setiap orang untuk menguasai teknologi semakin besar. Dalam dunia pendidikan, ada istilah mata pelajaran Teknologi, Informasi, dan Komunikasi atau yang akrab disebut dengan TIK. Mapel ini telah telah dipelajari sejak tingkatan SD hingga... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.