Beranda » Jurnal Ilmiah » PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK BAHASA JAWA

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK BAHASA JAWA

T Diposting oleh pada 30 Desember 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 393 kali

Saat ini, banyak siswa yang kesulitan dalam menguasai materi bahasa jawa. Mulai dari faktor internal hingga eksternal. Untuk menemukan solusi tepatnya, dibuatlah Jurnal PTK Bahasa Jawa agar bisa mencari tahu apa penyebab permasalahannya.

Penyebab Siswa Kurang Bisa Menggunakan Bahasa Jawa Krama Inggil

Dalam proses pembelajaran di dalam kelas, memang tidak semuanya berjalan dengan baik. Seperti saat mengajar mata pelajaran bahasa jawa, masih banyak siswa yang belum memahaminya. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas ditemukan apa penyebabnya. Seperti:

1. Bahasa Jawa yang Diajarkan Berbeda

Permasalahan pertama karena bahasa jawa yang diajarkan di dalam kelas berbeda dengan dialek yang digunakan sehari-hari. Sehingga, para siswa tidak mengetahui penyebab kesulitan saat memahaminya.

2. Menganggap Bahasa Jawa Hanya Mata Pelajaran Muatan Lokal

Berbeda dengan matematika ataupun IPA, bahasa jawa hanya merupakan mata pelajaran muatan lokal untuk sebagian siswa tidak begitu penting. Pemikiran tersebut berakibat mereka tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas dan terkesan seperti acuh.

3. Materi yang Diajarkan Terlalu Banyak

Kurikulum saat ini memang terkesan seperti memaksa siswa untuk menguasai semua mata pelajaran yang menjadi beban. Terlebih posisi bahasa jawa dianggap kurang penting dan materinya cukup bayak dan sulit. Selain itu, juga tidak sesuai dengan minat mereka.

4. Cara Mengajar Guru Kurang Menarik

Bahasa jawa terbagi menjadi ngoko, krama dan krama inggil. Di antara ketiganya memiliki dialek dan juga makna yang berbeda-beda. Saat pembelajaran di kelas seorang guru tidak menjelaskan artinya dengan jelas dan lengkap. Sehingga, membuat mereka kebingungan dan akhirnya tidak antusias lagi. Terlebih jika siswa hanya diberikan tugas dan PR saja.

5. Penyajian Materinya Kurang Variatif

Permasalahan lainnya adalah materi yang diberikan oleh guru hanya itu-itu saja. Dengan begtiu, kurang variatif. Misalnya dalam beberapa minggu hanya mempelajari tentang kosa kata saja. Ini membuat siswa menjadi cepat bosan dan tidak antusias lagi.

Berbagai Tema Jurnal PTK Bahasa Jawa

Untuk mengatasi permasalahan di atas, maka guru harus membuat jurnal penelitian tindakan kelas bahasa jawa. Ini dilakukan agar proses belajar mengajar bisa berjalan baik dan siswa menjadi sangat antusias. Berikut beberapa tema Jurnal PTK Bahasa Jawa sebagai bahan referens :

1. Tema Implementasi Model Pembelajaran Bermain Peran

Dalam tema bermain peran, siswa bisa praktik berbicara menggunakan bahasa jawa secara langsung sesuai dengan dialek yang tepat. Dalam kegiatan ini mereka memainkan karakternya maupun berdialog menggunakan kosa kata yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisinya.

2. Menggunakan Media Charta untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Aksara Jawa

Media charta ini ditampilkan secara visual, sehingga membuat siswa lebih tertarik untuk menulis kalimat menggunakan aksara jawa sesuai dengan gampar yang dilihat. Lebih menarik lagi jika dibuat bagan pengelompokkan.

3. Tema Pembelajaran Bahas Komunikatif

Maksud tema ini adalah melibatkan siswa dalam interaktif aktif selama proses pembelajaran di dalam kelas. Artinya ada dialog tanya jawab di antara keduanya. Selain itu, juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami peserta didik. Disarankan untuk menghindari kata-kata asing meskipun sedikit.

4. Tema Membaca Bahasa Jawa Nglegena Melalui Metode Drill

Metode drill ini diterapan untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu. Selain itu, juga membuat peserta didik memperoleh suatu ketepatan, ketangkasan, kesempatan dan juga keterampilan saat membaca bahasa jawa nglegena.

Karena seorang guru memiliki tanggung jawab untuk mendidik siswa, maka harus bisa mengembangkan kemampuannya. Semoga dengan dibuatnya Jurnal PTK Bahasa Jawa menghasilkan output terbaik dan berkualitas.

Belum ada Komentar untuk PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK BAHASA JAWA

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK BAHASA JAWA

TOPIK JURNAL PTK TATA BUSANA

TOPIK JURNAL PTK TATA BUSANA

T 17 Desember 2019 F A aankurn

Guru di Sekolah Menengah Kejurusan khususnya pembelajaran Tata Busana juga harus menuliskan penelitian ilmiahnya. Ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan siswa dalam ranah pendidikan dan melaporkanya dalam bentuk Jurnal PTK Tata Busana. Masalah Menarik yang Menjadi Topik PTK Tata Busana Guru... Selengkapnya

TUJUAN PUBLIKASI JURNAL ILMIAH

TUJUAN PUBLIKASI JURNAL ILMIAH

T 30 Januari 2020 F A aankurn

Walaupun teknologi dan pendidikan sudah semakin berkembang, namun banyak orang masih belum mengerti tujuan publikasi jurnal ilmiah. Sehingga, mereka malas menerbitkan karya-karya yang telah dihasilkan dan seolah hal tersebut hanya menjadi formalitas untuk memenuhi tugas saja. Tujuan Mempublikasikan Karya Ilmiah... Selengkapnya

MENEMBUS JURNAL PTK INTERNASIONAL YANG BERKUALITAS

MENEMBUS JURNAL PTK INTERNASIONAL YANG BERKUALITAS

T 27 Desember 2019 F A aankurn

Menerbitkan karya tulis ilmiah dan bisa lolos seleksi jurnal PTK internasional merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi penulisnya. Betapa tidak, tulisan tersebut diakui oleh dunia keilmuan internasional yang sudah pasti sangat bereputasi dan tidak diragukan lagi kualitasnya. Pastinya, nama Anda... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.