Beranda » PEMBELAJARAN DARING » PERSIAPAN PEMBELAJARAN ZONA HIJAU UNTUK MATERI BAHASA INDONESIA

PERSIAPAN PEMBELAJARAN ZONA HIJAU UNTUK MATERI BAHASA INDONESIA

T Diposting oleh pada 31 Agustus 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 250 kali

Pelajaran bahasa Indonesia memang telah diajarkan mulai dari bangku SD, SMP hingga SMA. Namun, dalam pembelajaran zona hijau ini masih sama dengan kegiatan sebelum pademi berlangsung. Walaupun beberapa bulan lalu dilakukan secara online.

Pembelajaran Zona Hijau untuk Materi Bahasa Indonesia

Setelah mengalami pademi yang cukup panjang, daerah-daerah di Indonesia dikelompokkan menjadi beberapa zona. Salah satunya zona hijau, bisa dikatakan daerah tersebut aman dari serangan Covid-19. Lantas, apa saja yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran? Berikut ulasannya:

1. Buku Ajar

Pelajaran bahasa Indonesia tidak lepas dari membaca, maka tidak heran jika buku ajarnya cukup tebal dengan beberapa jumlah halaman. Baik untuk jenjang SD, SMP ataupun SMA. Namun untuk materinya sendiri juga masih sama dengan zona lainnya.
Untuk memaksimalkan bukua ajar, guru harus menerangkannya pada peserta didik. Sesi tanya jawab juga dibutuhkan untuk menyelesaikan beberapa permasalahan siswa yang kurang memahaminya. Dengan begitu, pembelajaran akan lebih kondusif lagi.

2. Materi Terbaru

Seiring berkembangnya zaman, materi yang disajikan juga beraneka ragam, terlebih untuk contoh masalah. Karena saat ini sudah memasuki era modern, maka guru juga dituntun untuk mengaitkan pelajaran dengan teknologi yang telah berkembang.
Selain itu, salah satu materi yang cukup penting dalam penulisan terkait dengan ejahan baku atau biasa dikenal dengan sebutan EYD. Pembelajaran zona hijau memang tidak memiliki materi khusus, namun harus memperhatikan beberapa protokol kesehatan.

3. Soal-soal Latihan

Soal latihan juga mempengaruhi pola fikir peserta didik, usahakan dalam memberikan soal tidak terlalu menyulitkan. Namun pergunakan bobot soal yang bisa memacu perkembangan mereka untuk lebih meluaskan materinya.
Dalam menanggapi zona hijau, bisa juga seorang guru memberi arahan soal dengan mengangkat isu terkait. Namun hal ini kurang cocok jika digunakan untuk anak SD, setidaknya berikan pada jenjang teratas (SMA dan SMK).
Walaupun terbilang aman dari Covid-19, namun pembelajaran zona hijau juga harus mengikuti protokol kesehatan dan jangan lupa untuk rajin cucu tangan sebelum masuk ke dalam kelas.

Belum ada Komentar untuk PERSIAPAN PEMBELAJARAN ZONA HIJAU UNTUK MATERI BAHASA INDONESIA

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait PERSIAPAN PEMBELAJARAN ZONA HIJAU UNTUK MATERI BAHASA INDONESIA

PEMAHAMAN YANG SALAH SAAT PEMBELAJARAN ZONA HIJAU BERLANGSUNG

PEMAHAMAN YANG SALAH SAAT PEMBELAJARAN ZONA HIJAU BERLANGSUNG

T 20 Agustus 2020 F A aankurn

Saat pembelajaran zona hijau berlangsung, banyak stigma yang salah dari berbagai orang. Dengan begitu juga akan berdampak pada aktivitas siswa di sekolah masing-masing. Hal ini jika dibiarkan akan menimbulkan beberapa hal negatif. Beberapa Anggapan yang Salah saat Pembelajaran Zona Hijau... Selengkapnya

3 STRATEGI UNTUK SEKOLAH SMA PERLU DILAKUKAN SELAMA PEMBELAJARAN VIDEO

3 STRATEGI UNTUK SEKOLAH SMA PERLU DILAKUKAN SELAMA PEMBELAJARAN VIDEO

T 5 Agustus 2020 F A aankurn

Penyebaran virus COVID-19 yang semakin meningkat di Indonesia membuat banyak sekolah memberhentikan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Sebagai salah satu solusi, kini mereka menggantinya melalui pembelajaran video dan dinilai memerlukan strategi penting agar berjalan sesuai target. 3 Strategi Penting... Selengkapnya

PEMBELAJARAN VIDEO SECARA ONLINE TERNYATA MENUAI BANYAK TUNTUTAN

PEMBELAJARAN VIDEO SECARA ONLINE TERNYATA MENUAI BANYAK TUNTUTAN

T 11 Agustus 2020 F A aankurn

Dalam memutus penyebaran virus Corona di Indonesia, semua anak didik baik dari SD sampai SMA pun harus merubah total mekanisme belajarnya. Pembelajaran video secara online yang kini dilaksanakan ternyata menimbulkan banyak tuntutan kepada pemerintah. 3 Tuntutan Masyarakat Terkait Pembelajaran Video... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.