Beranda » Jurnal Inspirator Guru Volume 1 » PUBLIKASI ILMIAH NASIONAL

PUBLIKASI ILMIAH NASIONAL

T Diposting oleh pada 11 Desember 2019
F Kategori
b 2 komentar
@ Dilihat 238 kali
contoh publikasi ilmiah nasional

Volume 1 Nomor 5, Juli 2019
ISSN: 2654-2536

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI HIDROKARBON DENGAN MEDIA PERMAINAN DOKI
Oleh :
Akhmad Faojan
SMA NEGERI 1 PAGERBARANG KAB. TEGAL

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui Peningkatan motivasi belajar, hasil belajar dan perubahan perilaku siswa pada saat mengikuti pembelajaran materi hidrokarbon melalui pembelajaran Cooperative dengan media permainan doki.
Subjek penelitian adalah siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Pagerbarang Tahun Pelajaran 2015/2016 berjumlah 31 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil penilaian tes dan nontes. Indikator penilaian adalah kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Aspek penilaian meliputi pengetahuan, peilaku, motivasi dan tanggapan siswa terhadap proses belajar mengajar.
Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (a) Secara klasikal ketuntasan belajar meningkat 16,13 % (b) Penggunaan model pembelajaran Cooperative dengan media permainan doki dapat meningkatkan motivasi belajar siswa (c) Penggunaan model pembelajaran Cooperative dengan permainan doki dapat merubah perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Siswa aktif dan senang mengikuti pembelajaran.

Kata Kunci: Motivasi, hidrokarbon, Cooperative, Permainan Doki
Download PDF

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX A MTs RIYADUSH SHOLIHIN PURWAREJA KLAMPOK TAHUN PELAJARAN 2016/2017 PADA MATERI POKOK TABUNG, KERUCUT DAN BOLA MELALUI IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Oleh:
Ahmad Munir Effendi, S.Pd
MTs RIYADUSH SHOLIHIN

ABSTRAK
Pada hakekatnya Matematika muncul dari kehidupan nyata sehari-hari, oleh karena itu proses pembelajaran Matematika harus dapat menghubungkan antara ide abstrak Matematika dengan suatu situasi nyata yang pernah dialami siswa ataupun yang dapat dipikirkan siswa, maka dalam setiap pembelajaran diharapkan menggunakan pendekatan kontekstual yang akrab dengan kehidupan nyata sehari-hari. Peserta didik kelas IX A MTs Riyadush Sholihin Purwareja Klampok masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan geometri ruang, sehingga hasil belajar peserta didik kelas IX A tahun pelajaran 2016/2017 dalam pokok bahasan bangun ruang, masih sangat rendah. Permasalahan yang dikaji dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah apakah melalui implementasi pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX A MTs Riyadush Sholihin Purwareja Klampok tahun pelajaran 2016/2017 pada materi pokok tabung, kerucut dan bola? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa kelas IX A MTs Riyadush Sholihin Purwareja Klampok tahun pelajaran 2016/2017 dalam materi pokok tabung, kerucut dan bola melalui implementasi pendekatan kontekstual.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil pengamatan terhadap keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan pemberian soal tes pada setiap akhir siklus serta hasil reflaksi siswa pada setiap akhir pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diambil dari lembar pengamatan terhadap guru. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: siswa dianggap tuntas belajar jika mencapai skor >60%, sedangkan kelas dianggap tuntas belajar jika kelas tersebut terdapat 85% siswa yang mencapai daya serap >60%.
Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan belajar siswa adalah 68,18% sehingga kelas belum tuntas belajar dan prosentase keaktifan siswa adalah 69,17%, sedangkan hasil penelitian pada siklus 2 menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan belajar siswa adalah 90,83% sehingga kelas sudah tuntas belajar dan prosentase keaktifan siswa adalah 86,36%.
Dari penelitian ini dapat diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil peserta didik kelas IX A MTs Riyadush Sholihin tahun pelajaran 2016/2017 pada materi pokok tabung, kerucut dan bola. Saran yang dapat diajukan adalah para guru dalam melaksanakan pembelajaran jug diharapkan menggunakan pendekatan kontekstual.

Dowonload PDF

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI VEKTOR, OPERASI VEKTOR, PANJANG VEKTOR, SUDUT ANTARVEKTOR DALAM RUANG BERDIMENSI DUA (BIDANG) DAN BERDIMENSI TIGA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 1 DI SMA NEGERI 1 KUTA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Oleh:
Drs. I Ketut Gawiana, M.Pd
NIP. 19640702 198403 1002

Abstrak
Pelajaran Matematika bagi banyak siswa menjadi beban selama menjalani masa sekolah, padahal Matematika adalah ilmu dasar dari tingkat pendidikan dasar sampai tingkat pendidikan tinggi. Realitas saat ini, banyak siswa merasa kesulitan dalam mempelajari dan menguasai pelajaran Matematika di sekolah, hal ini berefek pada rendahnya prestasi belajar Matematika, begitu juga yang dialami oleh siswa SMA Negeri 1 Kuta Selatan khususnya di kelas X MIPA 1.
Pada siklus I jumlah siswa tuntas belajar mencapai 23 siswa, nilai rata-rata mencapai 77,22. Artinya pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Vektor, Operasi Vektor, Panjang Vektor, Sudut Antarvektor dalam Ruang Berdimensi Dua (Bidang) dan Berdimensi Tiga.
Pada kegiatan observasi peserta didik, guru menilai bahwa siswa mendengarkan materi yang di sampaikan guru, siswa terlihat antusias dalam mengikuti pembelajaran Matematika materi Vektor, Operasi Vektor, Panjang Vektor, Sudut Antarvektor dalam Ruang Berdimensi Dua (Bidang) dan Berdimensi Tiga, siswa dapat mengungkapkan pendapatnya, siswa bertanya tentang hal-hal yang tidak diketahui dan siswa dapat bekerja kelompok dengan teman lainnya.
Hasil observasi menunjukkan skor 127. Artinya aktifitas siswa di dalam kelas cukup baik. Akan tetapi agar lebih kondusif lagi pembelajaran Matematika materi Vektor, Operasi Vektor, Panjang Vektor, Sudut Antarvektor dalam Ruang Berdimensi Dua (Bidang) dan Berdimensi Tiga maka peneliti hendak melaksanakan siklus II.
Pada siklus II jumlah siswa tuntas belajar mencapai 34 siswa, nilai rata-rata mencapai 82,5. Artinya pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Vektor, Operasi Vektor, Panjang Vektor, Sudut Antarvektor dalam Ruang Berdimensi Dua (Bidang) dan Berdimensi Tiga.
Hasil observasi menunjukkan skor 162. Artinya aktifitas siswa di dalam kelas sangat baik.

Kata Kunci: Prestasi Belajar Matematika Materi Vektor, Operasi Vektor, Panjang Vektor, Sudut Antarvektor dalam Ruang Berdimensi Dua (Bidang) dan Berdimensi Tiga, Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Gambar
Download PDF

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI DAN ALAT INDRA PADA MANUSIA DI KELAS IX-H SMP NEGERI 16 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Oleh:
ANNI SIMBOLON, S.Pd

Abstrak
Berdasarkan hasil tanya jawab seputar masalah siswa dengan guru yang telah lama mengajar Biologi di SMP Negeri 16 Kota Jambi, siswa kelas IX-H mempunyai masalah pemahaman yang kurang dalam belajar Biologi sehingga hasil belajar tidak sesuai dengan yang diharapankan guru. Hal ini membuat saya untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-H SMP Negeri 16 Kota Jambi? 2) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar materi sistem koordinasi dan alat indra pada manusia pada siswa kelas IX-H SMP Negeri 16 Kota Jambi?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan langkah-langkah penerapan model kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar materi sistem koordinasi dan alat indra pada manusia pada siswa kelas IX-H SMP Negeri 16 Kota Jambi, 2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar materi sistem koordinasi dan alat indra pada manusia pada siswa kelas IX-H SMP Negeri 16 Kota Jambi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan untuk mengetahui peningkatan pada waktu sebelum tindakan dan sesudah tindakan dilakukan dan teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi.
Model pembelajaran kooperatif tipe make a match ini diujicobakan pada sesi review dengan sintak guru memberikan kartu soal kepada setiap kelompok kemudian siswa mencari kartu pasanganya (kartu jawaban) dari soal yang ada di kartu soal yang diterimanya dengan batas waktu tertentu dengan menyertakan penyelesaiannya. Siswa yang mendapatkan nilai tertinggi mendapatkan reward.
Berdasarkan hasil belajar siswa pada tes awal nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 56,97 menjadi 74,24 (siklus I) dan 83,33 (siklus II). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar materi sistem koordinasi dan alat indra pada manusia pada siswa kelas IX-H SMP Negeri 16 Kota Jambi.

Kata Kunci: Kooperatif Make A Match, Hasil Belajar
Download PDF

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII SEMESTER 1 SMAN KADIPATEN MAJALENGKA
Oleh:
Maman Noer Al’Aiman Syah Akbar

Abstrak
Penelitian ini berjudul “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas XII Semester 1 SMAN Kadipaten Kabupaten Majalengka Tahun Pelajaran 2018/2019”, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran cooperatif model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XII semester 1 SMAN 1 Majalengka Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 1 dengan jumlah siswa 26 orang berlokasi di SMAN 1 Kadipaten Kabupaten Majalengka. Data yang diperoleh di lapangan dianalisis menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan hasil antar siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 69%, pada siklus II 80%, dan pada siklus III 89%. Hal ini berarti penggunaan pembelajaran cooperatif model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Metode CTL, Kegiatan Pembelajaran, Hasil Belajar.
Download PDF

2 Komentar untuk PUBLIKASI ILMIAH NASIONAL

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait PUBLIKASI ILMIAH NASIONAL

CONTOH PENERBITAN JURNAL PTK

T 10 Desember 2019 F A aankurn

Volume 1 Nomor 1, November 2019ISSN: 2654-2536 UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DETERMINAN DAN INVERS MATRIX 2 X 2 DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA SISWA KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 1 KARANGJATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018... Selengkapnya

publikasi dan penerbitan jurnal

CONTOH JURNAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

T 10 Desember 2019 F A aankurn

Volume 1 Nomor 3, Maret 2019ISSN: 2654-2536 PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SSCS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X TP2Oleh:Drs. Sudarto, S.Pd., M.Pd.SMKN 1 SEMARANG ABSTRAKModel pembelajaran yang tepat sangat diharapkan untuk keefektifan pembelajaran. Model pembelajaran Search, Solve,... Selengkapnya

contoh jurnal nasional

JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN

T 11 Desember 2019 F A aankurn

Volume 1 Nomor 4, Mei 2019ISSN: 2654-2536 IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS IX SMP NEGERI 2 BONANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018Oleh:Yamin, S.PdSMP NEGERI 2 BONANG ABSTRAKPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.