Beranda » Jurnal Ilmiah » SYARAT AKREDITASI JURNAL

SYARAT AKREDITASI JURNAL

T Diposting oleh pada 19 Februari 2020
F Kategori , , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 342 kali

Mengetahui syarat akreditasi jurnal dalam kancah internasional merupakan sesuatu yang sangat penting bagi setiap penulis. Betapa tidak, tulisan tersebut akan bisa diakui oleh dunia keilmuan yang sudah pasti bereputasi dan kualitasnya tidak bisa diragukan lagi.

Syarat Akreditasi Jurnal

Sebelum menulis laporan hasil penelitian dalam bentuk jurnal agar masuk dalam seleksi tingkat internasional, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang syaratnya. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Maka dari itu, simak informasi berikut secara seksama:

1. Memenuhi Kaidah dan Etika Keilmuan Secara Ilmiah

Syarat yang pertama adalah karya ilmiah yang ditulis harus memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan. Jadi, jika Anda menulis jurnal tidak sesuai dengan metode-metode serta prinsip-prinsip penelitian, maka hal tersebut tidak akan lolos seleksi dan mendapatkan akreditasi.

2. Jurnal Harus Memiliki ISSN

Syarat akreditasi jurnal selanjutnya adalah, karya Anda harus sudah memiliki International Standard Serial Number (ISSN) yang merupakan nomor unik dan digunakan sebagai identifikasi publikasi berkala dengan perantara media cetak maupun elektronik.

3. Bahasa Jurnal Harus resmi

Kemudian, karya jurnal tersebut wajib ditulis dengan menggunakan bahasa resmi PBB yang meliputi bahasa Inggris, Perancis, Arab, Rusia, dan Mandarin dengan kaidah kebahasaan yang baik dan benar. Jika Anda belum menguasai, silahkan belajar bahasa terlebih dahulu.

4. Jurnal Sudah Memiliki Terbitan Daring

Agar jurnal lolos akreditasi , salah satu sayaratnya adalah memiliki terbitan versi daring. Maksudnya disini karya yang didaftarkan ke dalam haruslah mempunyai publikasi online di media elektronik seperti internet. Disamping itu media tersebut wajib dikelola secara profesional.

5. Memiliki Dewan Editor Berkualitas

Kemudian, syarat dari lolos akreditasi jurnal internasional adalah dewan editornya merupakan pakar di bidangnya dan sedikitnya berasal dari 4 negara. Selain itu, penulis jurnalnya juga harus berasal dari berbagai macam negara.

Itulah pembahasan tentang syarat akreditasi jurnal. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan penilaian terbaik dalam kancah internasional, mulailah menulis dari sekarang dan pastikan karya Anda berbobot seperti serta jangan lupa untuk berkolaborasi dengan penulis dari berbagai negara.

Belum ada Komentar untuk SYARAT AKREDITASI JURNAL

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait SYARAT AKREDITASI JURNAL

FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL PENELITIAN  NON PTK

FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL PENELITIAN NON PTK

T 17 Desember 2019 F A aankurn

Jurnal Penelitian Non PTK merupakan jurnal yang cangkupan masalahnya bisa dari mana saja. Jurnal ini hadir dengan berbagai teori dan juga mengutamakan validitas internal maupun eksternal. Hasil penelitian dari jurnal ini merupakan sebuah produk ilmu. Fokus dalam Jurnal Non PTK... Selengkapnya

PUBLIKASI JURNAL ILMIAH UNTUK KENAIKAN PANGKAT GURU

PUBLIKASI JURNAL ILMIAH UNTUK KENAIKAN PANGKAT GURU

T 23 Februari 2020 F A aankurn

Syarat agar sebuah karya lolos publikasi jurnal ilmiah untuk kenaikan pangkat guru memanglah tidak bisa dibilang sepele. Selain kualitas kontenya harus bagus, penulisnya pun juga wajib menseminarkan hasil penelitianya tersebut di depan para audien agar diberikan review dan komentar demi... Selengkapnya

APA SAJA METODE JURNAL PTK?

APA SAJA METODE JURNAL PTK?

T 16 Desember 2019 F A aankurn

Dalam membuat jurnal, harus menggunakan metode yang dianggap cocok untuk kebutuhan permasalahannya. Apalagi kalau hal semacam ini menyangkut peroblematika pendidikan di kelas. Dengan metode jurnal PTK yang tepat, akan meningkatkan pola fikir objek penelitian. Beberapa Metode Membuat Jurnal PTK Dalam... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.