Beranda » Jurnal Ilmiah » TEMPAT PUBLIKASI JURNAL PTK

TEMPAT PUBLIKASI JURNAL PTK

T Diposting oleh pada 30 Januari 2020
F Kategori
b 7 komentar
@ Dilihat 3038 kali

Bagi seorang guru, melakukan penelitian dan melaporkanya dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas merupakan sebuah kewajiban. Sebagian dari mereka sudah mempunyai skill yang mumpuni. Namun, permasalahannya adalah belum tersosialisasikannya tempat publikasi jurnal PTK dengan baik

Dimanakah Mempublikasikan Jurnal Penelitian Tindakan Kelas?

Mencari tempat publikasi untuk sebuah karya ilmiah khususnya Penelitian Tindakan Kelas memanglah tidak bisa dikatakan mudah. PTK yang dihasilkan harus berkualitas dan memenuhi standar uji kelulusan seleksi tersendiri oleh badan penerbitnya.

1. Badan Pengelola Jurnal Kampus

Jika Anda masih awam dalam hal menulis jurnal PTK dan belum banyak mengetahui prosedur penerbitan karya ilmiah, maka cobalah bertanya terlebih dahulu kepada pengelola jurnal di suatu kampus untuk melakukan konsultasi.

Anda bisa mengirimkan jurnal PTK yang telah ditulis kepada pihak pengelola rumah jurnal di suatu kampus tertentu. Jika karya tersebut baik, biasanya akan diterbitkan dan penulis pasti mendapatkan imbalan. Akan tetapi, jikalau masih belum lolos seleksi, maka diberikan review agar bisa diperbaiki lagi.

2. Google Scholar

Google Scholar merupakan tempat publikasi jurnal PTK maupun karya ilmiah yang lain. Ia sudah sangat populer hingga ke seluruh dunia. Walaupun levelnya skala internasional, namun di sini siapa saja boleh mengirimkan karyanya tanpa ada seleksi ketat.

Jadi, jika Anda mempunyai banyak file PTK yang menumpuk, maka cobalah membuat akun Google Scholar di internet dan uploadlah karya ilmiah tersebut agar jurnal itu juga bisa memberikan manfaat pada masalah-masalah kependidikan.

3. Pengelola Jurnal Internasional Terindeks

Menerbitkan jurnal PTK internasional pada pengelola seperti halnya SCOPUS akan melalui runtutan proses seleksi dan juga presentasi yang sangat ketat. Untuk mendaftarkan karya ilmiah di sini, Anda harus mempunyai skill tinggi dalam bidang penelitian maupun kepenulisan.

Jurnal yang diterbitkan secara internasional harus benar-benar berkualitas jika dilihat dari berbagai aspek. Selain itu, ia juga wajib menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Itulah sekilas pembahasan tentang tempat publikasi jurnal PTK yang dapat disampaikan dalam artikel ini. Semoga Anda semua bisa bertambah wawasan dan tidak bingung lagi untuk mempublikasikan karya ilmiah yang telah ditulis supaya menjadi manfaat untuk dibaca orang lain.

7 Komentar untuk TEMPAT PUBLIKASI JURNAL PTK

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait TEMPAT PUBLIKASI JURNAL PTK

JURNAL PENGGUNAAN MEDIA IT VIDEO PEMBELAJARAN YOUTUBE MELALUI WHATSAPP

T 7 Juni 2021 F , A aankurn

Volume 3 Nomor 4, Mei 2021ISSN: 2654-2536 MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI APLIKASI WHATSAPP PADA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA SUB TEMA 2 PERPINDAHAN KALOR DISEKITAR KITA SISWA KELAS V MIOleh:MusliahMI Negeri 4 Tanah LautEmail:... Selengkapnya

TUJUAN PUBLIKASI JURNAL ILMIAH

TUJUAN PUBLIKASI JURNAL ILMIAH

T 30 Januari 2020 F A aankurn

Walaupun teknologi dan pendidikan sudah semakin berkembang, namun banyak orang masih belum mengerti tujuan publikasi jurnal ilmiah. Sehingga, mereka malas menerbitkan karya-karya yang telah dihasilkan dan seolah hal tersebut hanya menjadi formalitas untuk memenuhi tugas saja. Tujuan Mempublikasikan Karya Ilmiah... Selengkapnya

JURNAL PTK PAUD

JURNAL PTK PAUD

Membuat jurnal PTK PAUD juga tidak kalah penting dibandingkan dengan karya ilmiah yang lain. Pendidikan pada level ini harus mendapatkan perhatian khusus dari berbagai pihak, sehingga seorang guru lebih mudah untuk mengatasi ragam permasalahan di ruang kelas bersama anak-anak lucu... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.