Beranda » Jurnal Ilmiah » TEMPAT PUBLIKASI JURNAL PTK

TEMPAT PUBLIKASI JURNAL PTK

T Diposting oleh pada 30 Januari 2020
F Kategori
b 6 komentar
@ Dilihat 2025 kali

Bagi seorang guru, melakukan penelitian dan melaporkanya dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas merupakan sebuah kewajiban. Sebagian dari mereka sudah mempunyai skill yang mumpuni. Namun, permasalahannya adalah belum tersosialisasikannya tempat publikasi jurnal PTK dengan baik

Dimanakah Mempublikasikan Jurnal Penelitian Tindakan Kelas?

Mencari tempat publikasi untuk sebuah karya ilmiah khususnya Penelitian Tindakan Kelas memanglah tidak bisa dikatakan mudah. PTK yang dihasilkan harus berkualitas dan memenuhi standar uji kelulusan seleksi tersendiri oleh badan penerbitnya.

1. Badan Pengelola Jurnal Kampus

Jika Anda masih awam dalam hal menulis jurnal PTK dan belum banyak mengetahui prosedur penerbitan karya ilmiah, maka cobalah bertanya terlebih dahulu kepada pengelola jurnal di suatu kampus untuk melakukan konsultasi.

Anda bisa mengirimkan jurnal PTK yang telah ditulis kepada pihak pengelola rumah jurnal di suatu kampus tertentu. Jika karya tersebut baik, biasanya akan diterbitkan dan penulis pasti mendapatkan imbalan. Akan tetapi, jikalau masih belum lolos seleksi, maka diberikan review agar bisa diperbaiki lagi.

2. Google Scholar

Google Scholar merupakan tempat publikasi jurnal PTK maupun karya ilmiah yang lain. Ia sudah sangat populer hingga ke seluruh dunia. Walaupun levelnya skala internasional, namun di sini siapa saja boleh mengirimkan karyanya tanpa ada seleksi ketat.

Jadi, jika Anda mempunyai banyak file PTK yang menumpuk, maka cobalah membuat akun Google Scholar di internet dan uploadlah karya ilmiah tersebut agar jurnal itu juga bisa memberikan manfaat pada masalah-masalah kependidikan.

3. Pengelola Jurnal Internasional Terindeks

Menerbitkan jurnal PTK internasional pada pengelola seperti halnya SCOPUS akan melalui runtutan proses seleksi dan juga presentasi yang sangat ketat. Untuk mendaftarkan karya ilmiah di sini, Anda harus mempunyai skill tinggi dalam bidang penelitian maupun kepenulisan.

Jurnal yang diterbitkan secara internasional harus benar-benar berkualitas jika dilihat dari berbagai aspek. Selain itu, ia juga wajib menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Itulah sekilas pembahasan tentang tempat publikasi jurnal PTK yang dapat disampaikan dalam artikel ini. Semoga Anda semua bisa bertambah wawasan dan tidak bingung lagi untuk mempublikasikan karya ilmiah yang telah ditulis supaya menjadi manfaat untuk dibaca orang lain.

6 Komentar untuk TEMPAT PUBLIKASI JURNAL PTK

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait TEMPAT PUBLIKASI JURNAL PTK

PENILAIAN JURNAL ILMIAH

PENILAIAN JURNAL ILMIAH

Pada umumnya, setiap penerbit yang akan mempublikasikan karya Anda pasti memiliki standar penilaian jurnal ilmiah masing-masing. Hal tersebut haruslah benar-benar dipahami oleh peneliti dan juga menulis dalam rangka menciptakan laporan hasil penelitian berkualitas unggulan. 3 Penilaian Dasar Jurnal Ilmiah Secara... Selengkapnya

MEMAHAMI APA ITU JURNAL ILMIAH

MEMAHAMI APA ITU JURNAL ILMIAH

T 13 November 2019 F A aankurn

MEMAHAMI APA ITU JURNAL ILMIAH-Apa yang terfikirkan ketika mendengar istilah jurnal? Mungkin Anda akan berpikir bahwa jurnal adalah kolom-kolom yang digunakan oleh seorang guru untuk menulis lembar penilaian mereka. Tidak melulu seperti itu, namun yang dimaksud di sini yaitu sebuah... Selengkapnya

MENGENAL JURNAL PTK TEMATIK

MENGENAL JURNAL PTK TEMATIK

T 18 Desember 2019 F A aankurn

Salah satu bentuk penelitian yang sering diterapkan dengan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yakni Jurnal PTK Tematik. Penelitian ini digunakan untuk melihat segala aspek terkait proses pembelajan yang berlangsung di dalam kelas, baik guru atau peserta didiknya. Siapa yang Membuat... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.