Beranda » Jurnal Ilmiah » TOPIK JURNAL PTK TATA BUSANA

TOPIK JURNAL PTK TATA BUSANA

T Diposting oleh pada 17 Desember 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 91 kali

Guru di Sekolah Menengah Kejurusan khususnya pembelajaran Tata Busana juga harus menuliskan penelitian ilmiahnya. Ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan siswa dalam ranah pendidikan dan melaporkanya dalam bentuk Jurnal PTK Tata Busana.

Masalah Menarik yang Menjadi Topik PTK Tata Busana

Guru selalu disarankan untuk menulis Penelitian Tindakan Kelas setiap tahunya. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pihak yang disasar dan juga menyelesaikan masalah siswanya. Tidak terkecuali bagi para pendidik di Sekolah Menengah Kejuruan. Seperti:

1. Media Pengajaran Menggambar

Masalah pertama yang sering dialami oleh siswa SMK Tata Busana adalah tentang mengambar. Biasanya, mereka kesulitan untuk untuk menemukan cara efektif bagaimana untuk menggambar yang baik.

Oleh karena masalah tersebut, seorang guru dituntut untuk menyelesaikan masalah siswa. Mereka haruslah menemukan metode tepat untuk mengatasi kesulitan dalam pelajaran menggambar. Dengan begitu, dapat menentukan pola yang bagus dan lebih berkembang.

Selanjutnya, PTK dengan topik ini menyelidiki tentang metode yang tepat untuk digunakan dalam pengajaran dan siswa merasa senang serta tertarik terhadap kegiatan belajar mengajar yang disampaikan.

2. Penggunaan Buku Kerja untuk Meningkatkan Belajar Industri Busana

Hasil belajar materi Tata Busana kadangkala tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang berlaku di sekolah. Maka dari itu, seorang guru berusaha mengatasinya dengan menggunakan buku kerja yang terstruktur.

Keefektifan penggunaan buku kerja ini dapat diuji coba dahulu sebelum benar-benar diterapkan. Hal ini dapat dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas yang membuktikan apakah penggunaan buku itu bisa membantu atau tidak.

3. Faktor Kesulitan Belajar Mendesain Busana

Ketika siswa mengalami kesulitan dalam mendesain busana, guru juga harus mengetahui, mengkaji, dan menganalisa faktor-faktor yang menyebabkanya terlebih dahulu. Tulis dan berikan list permasalahan mana yang akan didahulukan.

Hal ini bertujuan untuk mengupas tuntas hal-hal kecil penyebab kesulitan yang dialami siswa, agar guru dapat mengatasi hingga ke akarnya. Sehingga, tidak akan muncul kembali masalah yang sama di kemudian hari.

Salah satu cara untuk mengetahui faktor kesulitan belajar siswa dalam mendesain busana adalah dengan melakukan Jurnal PTK Tata Busana, dimana subjeknya yaitu mereka yang mempunyai masalah. Hal tersulit dalam langkah ini, membedakan kemampuan yang cenderung tidak sama.

4. Model Pembelajaran Pembuatan Pola Gaun

Pembuatan pola gaun dalam jurusan Tata Busana seringkali dianggap sebagai momok menakutkan oleh siswa. Menurut mereka, pelajaran ini sangat sulit karena harus menyesuaikan ukuran yang pas dan juga harus memotong dengan rapi serta tepat tidak ada kesalahan.

Karena banyak siswa kesulitan, guru pun harus memutar otak bagaimana metode pengajaran pembuatan pola gaun yang efektif, agar para pelajar cepat paham dan bisa mengaplikasikanya secara nyata.

Maka dari itu, topik ini sangat relevan jika digunakan untuk melakukan penelitian, karena banyak siswa yang mengalami kesulitan. Nantinya, hasil dari PTK tersebut akan bisa memberikan solusi terhadap kegelisahan siswa dan guru.

5. Pembuatan Busana Industri

Dalam penjurusan Tata Busana juga diajarkan mengenai cara yang tepat dalam pembuatan baju sebagai produk industri. Akan tetapi, kebanyakan siswa tidak tertarik untuk belajar konsep ini. Maka dari itu, diperlukan adanya inovasi dari guru untuk menarik minat belajar dengan melakukan PTK.

Itulah ulasan singkat mengenai Jurnal PTK Tata Busana. Setelah membaca tulisan ini diharapkan Anda dapat menulis Penelitian Tindakan Kelas dengan topik menarik dan menerbitkanya sesuai dengan kaidah dan metode yang benar.

Belum ada Komentar untuk TOPIK JURNAL PTK TATA BUSANA

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait TOPIK JURNAL PTK TATA BUSANA

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

T 23 November 2019 F A aankurn

Bagi seorang tenaga pendidik, membuat laporan penelitian tindakan kelas seperti jurnal seringkali menjadi momok menakutkan. Hal ini disebabkan kurangnya budaya membaca sehingga kemampuan menulis yang baik menjadi kurang optimal. Padahal Jurnal PTK PAUD sangat dibutuhkan. Pendidikan Tindakan Kelas (PTK) PAUD... Selengkapnya

JURNAL PTK KENAIKAN PANGKAT

JURNAL PTK KENAIKAN PANGKAT

Dalam menulis jurnal PTK kenaikan pangkat, maka Anda perlu untuk memperhatikan tips-tips tertentu supaya nantinya karya tulis tersebut bisa diterima dengan baik dan golongan kepegawaian pun menjadi naik secara berangsur-angsur. Tips Menulis Jurnal PTK Kenaikan Pangkat Untuk memudahkan kinerja guru... Selengkapnya

JURNAL PTK PAUD

JURNAL PTK PAUD

Membuat jurnal PTK PAUD juga tidak kalah penting dibandingkan dengan karya ilmiah yang lain. Pendidikan pada level ini harus mendapatkan perhatian khusus dari berbagai pihak, sehingga seorang guru lebih mudah untuk mengatasi ragam permasalahan di ruang kelas bersama anak-anak lucu... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.