Beranda » PEMBELAJARAN DARING » TRIK BAGI ORANG TUA SAAT MENDAMPINGI ANAK SD DALAM PEMBELAJARAN VIDEO ONLINE

TRIK BAGI ORANG TUA SAAT MENDAMPINGI ANAK SD DALAM PEMBELAJARAN VIDEO ONLINE

T Diposting oleh pada 12 Agustus 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 590 kali

Mewabahnya COVID-19 di seluruh dunia memang berdampak luas bagi seluruh sektor tak terkecuali pendidikan. Tidak hanya siswa SD dan tenaga pendidik saja yang ikut merasakan peralihan dari pertemuan tatap muka menuju pembelajaran video ini, namun juga para orang tua peserta didik.
Trik Bagi Orang Tua dan Siswa SD dalam Melalui Pembelajaran Video
Kini selain guru, orang tua juga menjadi faktor penentu keberhasilan berjalannya pembelajaran secara online selama masa pandemi. Mereka dituntut untuk mengetahui sistem pembelajaran hingga harus jago ketika membantu menyelesaikan tugas sekolah. Lantas apa saja triknya agar tidak kerepotan?

1. Membuat Jadwal Bersama

Orang tua yang melaksanakan kebijakan WFH atau work from home pasti juga memiliki kesibukan padat dengan urusan pekerjaannya. Kini mereka mempunyai tugas baru, yaitu mendampingi sang anak selama pembelajaran secara daring.
Orang tua harus kreatif dalam membagi waktu untuk urusan pekerjaannya bersamaan dengan mendampingi sang anak. Hal tersebut tentu saja membuat sang buah hati tidak akan merasa kesepian atau bahkan kesulitan dalam menyelesaikan tugasnya.

2. Bangun Komunikasi Positif

Mungkin biasanya orang tua tidak begitu memperhatikan kesulitan sang anak saat menyelesaikan tugasnya, namun kini mereka harus lebih peka dengan kebutuhan putranya selama mengikuti kegiatan belajar mengajar secara online.
Para orang tua harus lebih sering menanyakan kepada anaknya mengenai pembelajaran video secara online seperti “Hari ini ada jadwal pelajaran apa?”, “Adakah yang bisa dibantu?” atau hanya sekedar bertanya tugas sekolah sudah diselesaikan atau belum.

3. Mengingatkan Jadwal Belajar Sang Anak

Pembelajaran secara online memang bisa dilakukan secara lebih fleksibel oleh siswa SD maupun pengajar. Namun hal ini tidak dapat menjadi alasan bahwa kegiatan belajar dilaksanakan secara santai dan ditunda-tunda.
Orang tua harus sering mengingatkan jadwal belajar sang anak agar tidak terbengkalai. Dengan begitu, kewajiban mereka dalam mendampingi buah hati untuk mengikuti pembelajaran secara online pun bisa terlaksana meskipun harus disibukkan urusan pekerjaan.
Itulah tadi beberapa hal yang perlu dilakukan oleh orang tua ketika mendampingi sang buah hati mengikuti pembelajaran video secara online semasa pandemi ini. Kini peran mereka sangatlah besar dalam mencapai efektivitas belajar dengan metode daring.

Belum ada Komentar untuk TRIK BAGI ORANG TUA SAAT MENDAMPINGI ANAK SD DALAM PEMBELAJARAN VIDEO ONLINE

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait TRIK BAGI ORANG TUA SAAT MENDAMPINGI ANAK SD DALAM PEMBELAJARAN VIDEO ONLINE

PRO KONTRA PEMBELAJARAN VIDEO DI MASA PANDEMI

PRO KONTRA PEMBELAJARAN VIDEO DI MASA PANDEMI

T 11 Agustus 2020 F A aankurn

Perkembangan kasus positif COVID-19 di Indonesia sangat berdampak pada semua sektor di negeri ini, tak terkecuali pendidikan yang tidak dianjurkan adanya pertemuan tatap muka dengan diganti pembelajaran video. Lantas apa saja pro kontra kebijakan tersebut? Pro Pembelajaran Video Kebijakan sistem... Selengkapnya

BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT PEMBELAJARAN ZONA HIJAU PELAJARAN MENTEMATIKA

BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT PEMBELAJARAN ZONA HIJAU PELAJARAN MENTEMATIKA

T 18 Agustus 2020 F A aankurn

Zona hijau memang dianggap aman, namun Anda jangan sampai lengah mengawal putra-putri saat bersekolah di jenjang SD, SMP ataupun SMA. Memasuki tahun ajaran baru 2020 ini, beberapa lembaga sudah memiliki agenda pembelajaran zona hijau dengan prosedur kesehatan masing-masing, tidak terkecuali... Selengkapnya

PERSIAPAN PEMBELAJARAN ZONA HIJAU UNTUK MATERI BAHASA INDONESIA

PERSIAPAN PEMBELAJARAN ZONA HIJAU UNTUK MATERI BAHASA INDONESIA

T 31 Agustus 2020 F A aankurn

Pelajaran bahasa Indonesia memang telah diajarkan mulai dari bangku SD, SMP hingga SMA. Namun, dalam pembelajaran zona hijau ini masih sama dengan kegiatan sebelum pademi berlangsung. Walaupun beberapa bulan lalu dilakukan secara online. Pembelajaran Zona Hijau untuk Materi Bahasa Indonesia... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.