Beranda » Jurnal Ilmiah » TUJUAN DIBUATNYA JURNAL PTK IPS

TUJUAN DIBUATNYA JURNAL PTK IPS

T Diposting oleh pada 1 Januari 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 209 kali

Jurnal PTK IPS merupakan sebuah penelitian atau analisis yang dihasilkan dalam bentuk karya ilmiah. Di dalamnya, membahas persoalan dan kejadian di dalam kelas. Ini dilakukan dengan pola pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) antara guru dan peserta didiknya.

Tujuan dan Pentingnya Jurnal PTK IPS

IPS sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah memiliki peran penting. Karena, mata pelajaran ini bertujuan untuk secara intens membekali siswa/i dengan ilmu pengetahuan, dan ketrampilan yang berhubungan dengan kehidupan sehari–hari atau sosial.

Materi mata pelajaran IPS cenderung menekankan aspek pengetahuan dalam implementasinya. Dalam hal ini, seorang guru akan mengarahkan siswanya untuk mengembangkan pikiran melalui edukasi yang berkaitan dengan nilai-nilai sosial dalam kehidupan.

Dengan adanya PTK IPS, seorang guru akan lebih terpacu untuk memperbaiki praktik pembelajarannya di dalam kelas. Hal ini dilakukan, supaya proses kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan efisien diaplikasikan kepada siswa-siswinya.

Beberapa hal-hal di atas melatarbelakangi adanya pembuatan jurnal PTK IPS secara berkala di Sekolah Dasar. Banyak guru yang mengadakan penelitian PTK ini demi mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran IPS kepada siswa-siswinya.

Karakteristik Jurnal PTK IPS

Jurnal PTK IPS akan menghasilkan solusi yang berguna untuk bahan perbaikan pembelajaran. Masing-masing PTK dalam mata pelajaran tertentu pasti memiliki hasil yang berbeda-beda. Ini karena setiap materi pelajaran memiliki karakteristik yang tidak sama. Di antaranya:

1. Memperbaiki Metode Menghafal dan Belajar di Luar Kelas

Dalam hal ini, materi IPS banyak menggunakan metode menghafalkan yang membuat siswa-siswi merasa bahwa materi sangat membosankan. Maka guru harus memberikan suasana fresh dan berbeda dalam penyampaian materi. Misalnya dengan menyajikan pelajaran dalam bentuk game/permainan.

Selain itu, belajar di luar ruangan kelas juga dirasa cukup efektif untuk menjauhkan rasa malas dan jenuh saat belajar. Salah satu metode ini juga terbukti ampuh untuk membuat siswa-siswi menjadi lebih fun dan enjoy saat menerima materi pelajaran dari guru.

Ataupun dengan gabungan antara ke duanya, dengan cara belajar dengan permainan di luar kelas. Misalnya dalam meteri jual beli dan keuntungannya.

2. Mengembangkan Proses Generalisasi

Prinsip pengajaran yang baik adalah, dalam prosesnya dapat mengembangkan konsep generalisasi yang jelas dan nyata. Beberapa pakar pendidikan mengatakan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan anak didik.

Generalisasi yang dimaksudkan yakni hal mampu mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa/i sendiri. Dorongan dapat berasal dari eksternal ataupun internal (pribadi/lingkungan) Sementara untuk meningkatkan hasil belajar masih rendah, maka perlu digunakan media yang cocok.

3. Pada Umumnya Menggunakan Teknik Pengumpulan Data

Dalam pembuatan jurnal PTK IPS, para guru atau peneliti menggunakan dua teknik, berupa tes dan observasi. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas peserta dan guru selama proses belajar mengajar berlangsung.

Jika ingin mengetahui hasil belajar dalam mata pelajaran IPS, dilakukan dengan teknik pengumpulan data yang bersifat Tes. Penelitian ini dilakukan menggunakan lembar observasi, yaitu berupa soal-soal yang disusun oleh guru atau peneliti dan yang akan diujikan kepada murid.

Demikian mengenai jurnal PTK IPS yang banyak memberikan manfaat baik untuk guru maupun siswa-siswi. Seorang guru diharapkan dapat memberikan alur yang tepat dalam kegiatan belajar setiap harinya. Akan tetapi, untuk hasil maksimal harus menemukan permasalahan yang paling vital.

Belum ada Komentar untuk TUJUAN DIBUATNYA JURNAL PTK IPS

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait TUJUAN DIBUATNYA JURNAL PTK IPS

CARA MEMBUAT KERANGKA JURNAL PTK MATEMATIKA

CARA MEMBUAT KERANGKA JURNAL PTK MATEMATIKA

T 19 November 2019 F A aankurn

Guru sebagai kunci pembuka keberhasilan siswa, sudah sepatutnya harus lebih inovatif, kreatif, komunikatif, edukatif, apresiatif dan profesional dalam mengajar di dalam kelas. Namun, salah satu pelajaran yang dianggap momok dan patut untuk dicari solusinya adalah Matematika. Dalam pengaplikasiaannya, seorang guru... Selengkapnya

KUMPULAN PUBLIKASI ILMIAH

KUMPULAN PUBLIKASI ILMIAH

Bagi Anda yang masih pemula dalam hal penerbitan jurnal maupun artikel, maka belajar dari adanya kumpulan publikasi ilmiah merupakan kegiatan menarik. Walaupun terlihat sepele, namun itu bisa dijadikan pengalaman serta menambah jam terbang untuk memperoleh berbagai wawasan. Apa Sajakah yang... Selengkapnya

FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL NASIONAL PTK

FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL NASIONAL PTK

T 18 Desember 2019 F A aankurn

Jurnal Nasional PTK merupakan jurnal yang memfokuskan mata pelajaran secara menyeluruh. Biasanya, mata pelajaran yang dijadikan bahan dalam penelitian adalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) atau mata pelajaran berkurikulum Nasional lainnya. Fokus dalam Jurnal Nasional PTK Jurnal Nasional PTK akan menuangkan hasil... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.