Beranda » Jurnal Ilmiah » TUJUAN PUBLIKASI JURNAL ILMIAH

TUJUAN PUBLIKASI JURNAL ILMIAH

T Diposting oleh pada 30 Januari 2020
F Kategori
b 2 komentar
@ Dilihat 459 kali

Walaupun teknologi dan pendidikan sudah semakin berkembang, namun banyak orang masih belum mengerti tujuan publikasi jurnal ilmiah. Sehingga, mereka malas menerbitkan karya-karya yang telah dihasilkan dan seolah hal tersebut hanya menjadi formalitas untuk memenuhi tugas saja.

Tujuan Mempublikasikan Karya Ilmiah

Adanya penerbitan karya ilimiah sejatinya bukanlah tanpa tujuan. Hal tersebut mempunyai peran penting dalam menyelesaikan permasalahan pada beberapa aspek kehidupan baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, kebudayaan, kesehatan dan lain sebagainya.

1. Mendapatkan Saran untuk Lebih Baik dalam Menulis Ilmiah

Jika Anda menulis karya ilmiah dan berniat untuk mempublikasikannya, maka pihak penerbit akan menyeleksi tulisan tersebut terlebih dahulu. Di samping itu, mereka juga akan memberikan masukan-masukan positif agar di lain kesempatan penulis bisa memperbaikinya.

Lebih lanjut, tujuan publikasi karya ilmiah yang satu ini sangat berguna untuk meningkatkan skill dan rasa percaya diri dari penulisnya sendiri. Dengan adanya feedback atau nasehat tersebut, maka besar kemungkinan bahwasanya kesalahan atau kekeliruan bisa diminimalisir di kemudian hari.

2. Memiliki Jaringan yang Lebih Luas

Semakin banyak Anda mempublikasikan karya ilmiah, maka jaringan pertemanan atau relasi pun akan berkembang dengan drastis. Setiap pembaca yang tertarik dengan sebuah tulisan, maka mereka selalu ingin mencari tahu perihal sang penulis.

Maka dari itu, jika karya Anda dibaca banyak orang, maka hal tersebut tentunya mendatangkan keuntungan tersendiri entah itu dari segi bisnis, finansial dan lain-lain. Jangan bosan untuk selalu berusaha memproduksi karya ilmiah terbaik supaya bermanfaat bagi sesama.

3. Dapat Ikut Andil Dalam Menuntaskan Permasalahan

Terkadang, sebuah permasalahan sosial yang timbul di kehidupan ini bisa diselesaikan dengan adanya karya ilmiah hasil penelitian yang telah Anda tulis. Jika tulisan itu dipublikasikan secara luas hingga level internasional, maka ia bisa menjadi problem solving berkualitas.

Tentunya, Anda merasa bangga bukan jika hal kecil yang dilakukan sepert halnya publikasi karya ilmiah bisa menyelesaikan masalah hingga tingkat internasional?

Demikianlah paparan tentang tujuan publikasi karya ilimiah. Semoga apa yang diulas dalam artikel ini bisa memberikan tambahan ilmu serta wawasan mengenai penerbitan hasil penelitian bagi Anda para pembaca sekalian. Tetap semangat dan jangan lelah untuk terus belajar.

2 Komentar untuk TUJUAN PUBLIKASI JURNAL ILMIAH

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait TUJUAN PUBLIKASI JURNAL ILMIAH

LIMA WEBSITE JURNAL TENTANG SOSIOLOGI

LIMA WEBSITE JURNAL TENTANG SOSIOLOGI

T 31 Desember 2019 F A aankurn

Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang kehidupan sosial masyarakat. Ilmu ini mengkaji tentang hubungan individu dengan individu lain atau dengan kelompok. Jika anda melakukan penelitian di bidang ini, berikut beberapa jurnal yang dapat dijadikan pilihan untuk publikasi. Jurnal Pemikiran... Selengkapnya

JURNAL PTK BK UNTUK MENJADIKAN GURU LEBIH PROFESIONAL

JURNAL PTK BK UNTUK MENJADIKAN GURU LEBIH PROFESIONAL

T 17 November 2019 F A aankurn

JURNAL PTK BK UNTUK MENJADIKAN GURU LEBIH PROFESIONAL-Sebagai bentuk penelitian yang bersifat reflektif, Jurnal PTK BK memiliki karakteristik tersendiri yang mengharuskan untuk melakukan tindakan-tindakan tertentu. Langkah ini bertujuan memperbaiki dan meningkatkan praktek pelayanan konseling agar lebih professional. Mengapa Guru BK... Selengkapnya

MENGENAL JURNAL PTK TEMATIK

MENGENAL JURNAL PTK TEMATIK

T 18 Desember 2019 F A aankurn

Salah satu bentuk penelitian yang sering diterapkan dengan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yakni Jurnal PTK Tematik. Penelitian ini digunakan untuk melihat segala aspek terkait proses pembelajan yang berlangsung di dalam kelas, baik guru atau peserta didiknya. Siapa yang Membuat... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.