Beranda » PEMBELAJARAN DARING » 3 Kesalahan, yang Bisa Mempersulit Pembelajaran Video Secara Online

3 Kesalahan, yang Bisa Mempersulit Pembelajaran Video Secara Online

T Diposting oleh pada 4 Agustus 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 868 kali

Guru menjadi faktor utama dalam berjalannya pembelajaran video secara online di Indonesia ini. Tenaga pendidik dituntut untuk kreatif demi menciptakan suasana belajar yang efektif meskipun menggunakan media minim seperti sekarang.

3 Kesalahan Guru yang Mempersulit Pembelajaran Video

Guru yang mengambil andil utama dalam proses kegiatan belajar mengajar terkadang juga menarik perhatian untuk diberi kritikan maupun komentar. Terlebih pada saat masa pandemi ini, sistem pembelajaran oleh tenaga pendidik juga dinilai mengandung beberapa kesalahan.

1. Patut Perintah

Kesalahan pertama yang hingga saat ini menjadi kecenderungan pengajar memperburuk berjalannya pembelajaran secara online adalah terlalu patut perintah. Jadi kepala sekolah akan memberikan laporan bahwa pengajar sudah memberikan materi kepada peserta didik, salah satunya lewat tugas.
Hal ini akan menjadi dasar dari tenaga pendidik untuk tetap memberikan tugas terus menerus kepada siswanya. Bahkan pekerjaan sekolah yang cukup banyak hanya akan memberatkan para siswa dan kurang efektif untuk memahami materi.

2. Kurang Responsif

Kunci utama dalam melakukan kegiatan apapun secara online adalah komunikasi. Selama pembelajaran dengan metode daring, tidak sedikit tenaga pendidik yang menyampaikan materi tanpa adanya sesi tanya jawab dari siswa.
Hal seperti ini sangatlah menyulitkan bagi para siswa untuk memahami materi yang tengah disampaikan. Padahal ketidakjelasan dari murid kemungkinan bisa bertambah besar karena tidak adanya kegiatan tatap muka saat pembelajaran video secara online.

3. Tidak Peduli Aspirasi Siswa

Dengan adanya pembelajaran secara online ini, sudah pasti banyak sekali keluhan yang dirasakan oleh siswa mulai dari ketidakjelasan materi atau bahkan terlalu singkatnya deadline tugas. Hal tersebut kadang tidak dipedulikan oleh para guru.
Pasti tidak banyak guru yang menanyakan aspirasi siswa mengenai efektifkah metode pembelajaran atau kesulitan apa saja selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Biasanya hal ini kurang dipedulikan oleh para pengajar sehingga murid pun kurang bisa menyampaikan keluhannya.
Penjelasan tadi merupakan tiga kesalahan dari tenaga pendidik yang hingga kini perlu dikritisi selama proses pembelajaran video secara online di masa pandemi. Tentu saja guru masih memiliki andil besar dalam efektifitas kegiatan belajar jarak jauh ini.

Belum ada Komentar untuk 3 Kesalahan, yang Bisa Mempersulit Pembelajaran Video Secara Online

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait 3 Kesalahan, yang Bisa Mempersulit Pembelajaran Video Secara Online

Penelitian Tindakan Kelas Masa Covid-19 Berbasis WhatsApp dan Google Classroom

Penelitian Tindakan Kelas Masa Covid-19 Berbasis WhatsApp dan Google Classroom

T 10 Juni 2021 F , , , , A aankurn

Dalam pembelajaran dapat dikatan berhasil dapat dilihat pada penguasaan materi pelajaran oleh peserta didik. Selain itu, berhasilnya proses pembelajaran bisa diketahui dari seberapa banyak penguasaan materi yang didapatkan pada perolehan nilai. Penggunaan metode yang tepat serta menarik, membuat adanya interaksi... Selengkapnya

AGAR PEMBELAJARAN VIDEO DI LINGKUP SD TIDAK MEMBOSANKAN

AGAR PEMBELAJARAN VIDEO DI LINGKUP SD TIDAK MEMBOSANKAN

T 17 Juli 2020 F A aankurn

Pembelajaran video pada masa pandemi ini memang dirasa cukup membosankan karena tidak ada pertemuan tatap muka secara langsung. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar belajar bisa tetap mengasyikkan. 3 Hal Perlu Dilakukan agar Pembelajaran Video Tidak Membosankan Materi... Selengkapnya

BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT PEMBELAJARAN ZONA HIJAU PELAJARAN MENTEMATIKA

BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT PEMBELAJARAN ZONA HIJAU PELAJARAN MENTEMATIKA

T 18 Agustus 2020 F A aankurn

Zona hijau memang dianggap aman, namun Anda jangan sampai lengah mengawal putra-putri saat bersekolah di jenjang SD, SMP ataupun SMA. Memasuki tahun ajaran baru 2020 ini, beberapa lembaga sudah memiliki agenda pembelajaran zona hijau dengan prosedur kesehatan masing-masing, tidak terkecuali... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.