Beranda » PEMBELAJARAN DARING » 3 STRATEGI UNTUK SEKOLAH SMA PERLU DILAKUKAN SELAMA PEMBELAJARAN VIDEO

3 STRATEGI UNTUK SEKOLAH SMA PERLU DILAKUKAN SELAMA PEMBELAJARAN VIDEO

T Diposting oleh pada 5 Agustus 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 292 kali

Penyebaran virus COVID-19 yang semakin meningkat di Indonesia membuat banyak sekolah memberhentikan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Sebagai salah satu solusi, kini mereka menggantinya melalui pembelajaran video dan dinilai memerlukan strategi penting agar berjalan sesuai target.

3 Strategi Penting Pembelajaran Video Selama Pandemi

Nadiem Kariem selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pun menyatakan bahwa sekolah harus melakukan kegiatan belajar mengajar secara online demi memutus rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia. Terdapat tiga strategi yang perlu dilakukan selama pembelajaran daring sampai saat ini.

1. Manajemen Waktu

Pembelajaran daring yang bisa dilakukan dimana saja menuntut para siswa SMA maupun tenaga pendidik untuk mengatur waktu seefisien mungkin. Tugas serta jadwal belajar harus dikerjakan dengan teratur dan tidak bersifat memberatkan.
Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan harus dihindari sebab akan membuat beban tugas semakin berat. Pihak penyedia pendidikan yang memberikan fleksibilitas penuh kepada siswa SMA harus digunakan secara baik oleh para murid untuk mengatur sendiri jadwal belajarnya.

2. Teknologi Penunjang

Strategi kedua yang perlu dipersiapkan agar pembelajaran video selama pandemi membuahkan hasil adalah baik murid ataupun tenaga pendidik harus mempersiapkan teknologi penunjang seperti akses internet, laptop, gadget ataupun aplikasi pendukung.
Kebanyakan tenaga pendidik yang sudah berumur pasti akan kesusahan saat menggunakan teknologi dalam masa pandemi ini. Hal tersebut harus disiasati bagaimanapun caranya agar para siswa SMA tetap mendapatkan hak belajarnya dengan baik.

3. Maksimalkan Komunikasi

Pembelajaran secara online akan membutuhkan banyak diskusi hanya melalui aplikasi belajar yang digunakan. Kendati tidak bisa melakukan pembelajaran secara tatap muka, komunikasi antara tenaga pendidik dan siswa SMA haruslah dijaga agar meminimalkan adanya ketidakjelasan suatu materi.
Diskusi online seperti ini perlu dimaksimalkan ketika siswa SMA masih kurang paham dengan materi atau saat pengumpulan tugas. Bertanya kepada guru atau sesama murid bisa menjadi alternatif jitu pengganti pembelajaran tatap muka.
Itulah ketiga strategi penting yang harus dilakukan baik oleh tenaga pendidik maupun siswa SMA ketika melakukan pembelajaran video secara online di saat masa pandemi ini. Jika sudah terbiasa dengan daring seperti ini, nantinya pasti akan memberikan kemudahan saat proses belajar mengajar.

Belum ada Komentar untuk 3 STRATEGI UNTUK SEKOLAH SMA PERLU DILAKUKAN SELAMA PEMBELAJARAN VIDEO

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait 3 STRATEGI UNTUK SEKOLAH SMA PERLU DILAKUKAN SELAMA PEMBELAJARAN VIDEO

APAKAH BENAR PEMBELAJARAN VIDEO  SELAMA PANDEMI HANYA MEMBUAT PUSING?

APAKAH BENAR PEMBELAJARAN VIDEO SELAMA PANDEMI HANYA MEMBUAT PUSING?

T 9 Agustus 2020 F A aankurn

Adanya perubahan aktivitas akibat wabah virus Corona memang sulit bagi kebanyakan orang. Salah satunya sektor pendidikan yang juga ikut berimbas dengan kebijakan PSBB di Indonesia. Banyak yang mengeluh sebab adanya pemberlakuan pembelajaran video di beberapa sekolah ini.Kenapa Pembelajaran Video Bisa... Selengkapnya

PEMAHAMAN YANG SALAH SAAT PEMBELAJARAN ZONA HIJAU BERLANGSUNG

PEMAHAMAN YANG SALAH SAAT PEMBELAJARAN ZONA HIJAU BERLANGSUNG

T 20 Agustus 2020 F A aankurn

Saat pembelajaran zona hijau berlangsung, banyak stigma yang salah dari berbagai orang. Dengan begitu juga akan berdampak pada aktivitas siswa di sekolah masing-masing. Hal ini jika dibiarkan akan menimbulkan beberapa hal negatif. Beberapa Anggapan yang Salah saat Pembelajaran Zona Hijau... Selengkapnya

METODE PEMBELAJARAN ZONA HIJAU UNTUK  LINGKUP SMA

METODE PEMBELAJARAN ZONA HIJAU UNTUK LINGKUP SMA

T 18 Agustus 2020 F A aankurn

Pedemi yang telah berlangsung ini memang merubah segala hal termasuk juga dalam pembelajaran di lingkup sekolah SD, SMP ataupun SMA. Bahkan pembelajaran zona hijau pun juga diberhentikan. Namun di tahun 2020 ini membelajaran akan kembali dilaksakan dengan acuan “New Normal”... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.