Beranda » Jurnal Ilmiah » JURNAL ILMIAH UNTUK KENAIKAN PANGKAT PNS

JURNAL ILMIAH UNTUK KENAIKAN PANGKAT PNS

T Diposting oleh pada 26 Desember 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1207 kali

Profesionalisme seorang tenaga pengajar dalam instansi pendidikan salah satunya diukur dengan kemampuan publikasinya. Di antara publikasi yang harus dilakukan adalah membuat jurnal ilmiah untuk kenaikan pangkat PNS. Hal ini pula yang banyak dikeluhkan oleh sebagian PNS.

Beberapa Metode dalam Membuat Jurnal Ilmiah untuk Kenaikan PNS

Membuat jurnal ilmiah yang baik dan benar memang bukan hal mudah. Ada berbagai materi yang harus dipahami terlebih dahulu, misalnya dari segi metode penelitian dan penulisan. Berikut adalah beberapa jenis metode yang umum digunakan untuk pembuatan jurnal ilmiah dan PTK.

1. Metode Kualitatif

Metode jenis ini kerap digunakan ketika Pegawai Negeri Sipil melakukan penelitian dalam lingkup kerja observasi. Sehingga, nantinya data yang disampaikan bisa berupa wawancara, pemantauan lanjut, hingga bentuk narasi.

2. Metode Kuantitatif

Tidak semua orang menyukai pola penjabaran data secara narasi. Apabila Anda hendak membuat jurnal ilmiah namun lebih mengedepankan tingkat kredibilitas angka, maka metode kuantitatif cocok untuk diterapkan. Sebab, hanya berbekal ilmu statistika maka pekerjaan akan selesai dengan cepat.

3. Metode Library Research

Selain kedua metode di atas, model metode Library Research juga banyak digunakan. Sebab, jenis ini tidak dapat terlepas dari kegiatan penelitian. Karena kajian pustaka seperti adanya refrensi atau literatur begitu dibutuhkan untuk melengkapi teori.

4. Metode Field Research

Bagi Anda yang cbekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil dan sering menjumpai tugas lapangan seperti seorang Humas, maka ada baiknya membuat jurnal ilmiah menggunakan metode field research. Sebab, akan mempermudah dalam membaca berbagai fenomena.

Tema Jurnal Ilmiah yang Sering Diangkat untuk Kenaikan Pangkat PNS

Setiap karya tulis yang diajukan sebagai syarat tingkatan jabatan, tentu memiliki judul yang berbeda-beda, namun ide bahasan bisa sama. Bahkan, cenderung menjadi kunci paten dengan mengangkat ulasan tersebut. Berikut ini beberapa tema jurnal ilmiah kenaikan pangkat PNS.

1. Di Bidang Manajerial

Seorang Pegawai Negeri Sipil memiliki janji satya yang salah satu poinnya ialah disiplin waktu. Maka, apabila Anda hendak membuat jurnal ilmiah, sebaiknya angkat berbagai masalah dibidang manajemen maupun ketepatan bekerja.

2. Bidang Keuangan Atau Pembendaharaan

Jika Anda seorang pegawai yang tengah menduduki jabatan sebagai bendahara, maka ada baiknya membuat jurnal ilmiah tentang problematika yang didalamnya membahas kiat-kiat atau upaya meminimalisir pengeluaran kantor.

3. Bidang Administrasi

Menduduki jabatan di bidang administrasi sering kali membuat Anda harus berulang kali melakukan berbagai jenis pembukuan. Ada baiknya menulis jurnal ilmiah terkait hal ini dengan menyertakan inovasi terbaru agar mempermudah merekap data.

4. Bidang Kinerja Atau Pola Lingkup Sosialisasi

Sering kali berbagai masalah di kantor timbul sebab kurangnya komunikasi. Baik itu antar anggota maupun karyawan dengan atasan. Namun, tidak banyak yang menyadari hal tersebut. Sangat menarik jika mengambil tema ini sebagai bahan jurnal ilmiah.

5. Bidang Inovasi Atas Sarana dan Prasarana

Sebagian dari pegawai mungkin memilih bungkam dengan segala bentuk ketidaknyamanan ketika bekerja. Baik itu disebabkan oleh sarana maupun prasarana. Anda tidak perlu takut menyampaikan aspirasi tersebut. Gunakan kesempatan dalam pembuatan jurnal ilmiah untuk mengutarakan keluhan.

6. Bidang Kebijakan Hukum

Dalam sebuah lingkungan kerja pasti terdapat berbagai jenis peraturan. Apabila Anda merasa ada yang kurang baik, hal tersebut dapat dijadikan pokok bahasan untuk jurnal ilmiah kenaikan pangkat. Dengan begitu, nantinya dapat menjadi ulasan lebih jauh bagi petinggi.

Sebenarnya, kehadiran jurnal ilmiah kenaikan pangkat PNS tidak hanya berperan sebagai pemenuh syarat saja. Melainkan juga menyampaikan segala bentuk aspirasi, keluhan hingga inovasi kepada pimpinan.

Belum ada Komentar untuk JURNAL ILMIAH UNTUK KENAIKAN PANGKAT PNS

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait JURNAL ILMIAH UNTUK KENAIKAN PANGKAT PNS

CONTOH JURNAL PTK UNTUK KENAIKAN PNS

CONTOH JURNAL PTK UNTUK KENAIKAN PNS

T 16 Desember 2019 F A aankurn

Menjadi Pegawai Negeri Sipil menjadi dambaan banyak orang. Akan tetapi, tidak banyak yang berhasil menembusnya sebab proses seleksinya sangat ketat. Bagi Anda yang telah sukses, harus mengupayakan kemaksimalan jabatan PNS dengan membuat jurnal PTK untuk kenaikan PNS. Beberapa Contoh Judul... Selengkapnya

JURNAL PTK PGSD

JURNAL PTK PGSD

Untuk seorang pendidik di tingkatan Sekolah Dasar, menulis jurnal PTK PGSD merupakan suatu kewajiban yang harus dipenuhi sebagai tugas administratif kependidikan. Di samping itu, hal ini juga ditujukan dalam rangka menyelesaikan permasalahan siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Topik Terkini Penelitian... Selengkapnya

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

T 23 November 2019 F A aankurn

Bagi seorang tenaga pendidik, membuat laporan penelitian tindakan kelas seperti jurnal seringkali menjadi momok menakutkan. Hal ini disebabkan kurangnya budaya membaca sehingga kemampuan menulis yang baik menjadi kurang optimal. Padahal Jurnal PTK PAUD sangat dibutuhkan. Pendidikan Tindakan Kelas (PTK) PAUD... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.