Beranda » Jurnal Ilmiah » GURU INGIN NAIK PANGKAT? INI YANG HARUS DILAKUKAN

GURU INGIN NAIK PANGKAT? INI YANG HARUS DILAKUKAN

T Diposting oleh pada 26 Desember 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1271 kali

Bagi guru PNS jenjang Sekolah Menengah Atas, kenaikan pangkat jabatan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah menerbitkan jurnal ilmiah kenaikan pangkat PNS SMA.

Selanjutnya, seorang guru dianggap profesional bila memenuhi syarat kompetensi guru, berakhlak terpuji, mempunyai jiwa sosial yang baik serta produktif untuk menulis laporan penelitian yang dituangkan dalam bentuk jurnal ilmiah.

Langkah Mudah Menulis Jurnal Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat Guru PNS

Untuk memudahkan kinerja guru dalam membuat jurnal ilmiah, akan lebih baik jika diulas mengenai langkah-langkah mudah yang harus dilakukan dalam proses penulisanya. Apa saja mereka? Simak penjelasan berikut:

1. Menentukan Topik atau Masalah

Langkah pertama dalam menulis jurnal ilmiah yaitu menentukan topik yang akan dijadikan pokok bahasan. Dalam hal ini, topik yang dipilih harus jelas, detail, spesifik dan tidak menimbulkan perbedaan pemahaman oleh pembaca.

Penentuan topik ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh disertai pertimbangan pertimbangan, karena akan menjadi sorotan utama pada jurnal ilmiah yang akan ditulis. Topik sebaiknya terkait dengan hal-hal baru yang menjadi issue hangat saat ini.

2. Menentukan Tujuan

Setelah topik ditentukan, langkah selanjutnya adalah merumuskan tujuan penulisan jurnal ilmiah. Tujuan yang dimaksud juga harus jelas dan sesuai topik yang ada. Jika tujuan tidak jelas, maka pembaca bisa salah pengertian terhadap inti jurnal Anda.

3. Mengidentifikasi Sasaran Pembaca Jurnal

Hal ini penting lain yang harus dilakukan adalah mengetahui sasaran pembaca jurnal. Anda sebagai penulis juga bisa menciptakan irama penulisan yang kiranya sesuai dengan karakater pembaca.

4. Menulis Jurnal Ilmiah

Adapun langkah terakhirnya adalah mulai menulis jurnal. Dalam penulisan ini, Anda harus benar-benar memperhatikan diksi, bahasa, metode dan tata cara penulisan yang bersifat formal dan ilmiah.

Tulislah Jurnal dengan benar karena penulisan jurnal ilmiah kenaikan pangkat PNS SMA ini dipandang sangat penting. Dimana penelitian merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai guru diluar kewajiban utama mengajar.

Di samping itu, hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas literasi guru sehingga dapat menjadi contoh bagi murid-murid mereka. Guru yang sadar literasi dan gemar membaca akan banyak menelurkan karya tulis ilmiah selama pengabdian yang mereka lakukan.

Macam Karya Tulis ilmiah untuk Kenaikan Pangkat

Karya tulis ilmiah memiliki banyak jenis. Berikut ini adalah rekomendasi tulisan ilmiah yang bisa digunakan seorang guru sebagai syarat kenaikan pangkat, terlebih bagi pendidik di tingkat SMA.

1. Penelitian Kuantitatif Uji Hipotesis

Jenis ini merupakan karya ilmiah yang menyajikan data hasil temuan penelitian dalam bentuk angka atau yang lebih dikenal dengan kuantitatif. Biasaya, penelitian ini digunakan dalam Skripsi maupun Tesis.

2. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Penelitian ini memiliki ciri utama adanya Indikator Keberhasilan dan Desain Penelitian berjenjang dari kegiatan pengamatan awal identifikasi masalah, kegiatan Siklus 1 dan seterusnya hingga Indikator Keberhasilan tercapai atau terlampaui dengan baik.   

3. Penelitian Pengembangan Model

Karakateristik utama dari jenis penelitian ini adalah adanya produk yang dihasilkan. Jadi, selain menuliskan laporan hasil penelitian, juga akan ada sebuah hasil atau wujud nyata yang dihasilkan oleh proses penelitian, seperti buku, majalah, lembar kerja siswa dan lain sebagainya.

4. Penelitian Kualitatif

Berbeda dengan kuantitatif, penelitian ini menyajikan hasil dalam bentuk kata-kata atau deskripsi. Selain itu, ciri utamanya adalah adanya kriteria keabsahan data seperti triangulasi, kredibiliti dan juga transferabiliti.

Itulah sekilas tentang jurnal ilmiah kenaikan pangkat PNS SMA dan macam-macamnya. Seorang guru harus melek terhadap penelitan agar tidak kehilangan kesempatan penting untuk menaikkan pangkat mereka.

Belum ada Komentar untuk GURU INGIN NAIK PANGKAT? INI YANG HARUS DILAKUKAN

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait GURU INGIN NAIK PANGKAT? INI YANG HARUS DILAKUKAN

PERTIMBANGAN DALAM PEMBUATAN JUDUL JURNAL ILMIAH

PERTIMBANGAN DALAM PEMBUATAN JUDUL JURNAL ILMIAH

T 30 November 2019 F A aankurn

Pemilihan kata yang tepat untuk pembuatan judul jurnal ilmiah harus dipertimbangkan dengan baik. Ini dilakukan agar mampu menginterpretasikan dan memberikan gambaran singkat tentang pemaparan yang terdapat pada karya tersebut. Pahami Jurnal Ilmiah sebelum Membuat Judul Memahami serta mengenal jurnal ilmiah... Selengkapnya

PAHAMI JURNAL PTK SEBELUM ANDA MEMBUATNYA

PAHAMI JURNAL PTK SEBELUM ANDA MEMBUATNYA

T 15 November 2019 F A aankurn

Apakah Anda pernah mendengar istilah jurnal PTK? Terkadang setiap orang memiliki pendapat yang berbeda dalam mendeskripsikannya. Namun, kebanyakan dari mereka mengatakan jurnal PTK adalah karya tulis yang berisi beberapa metode ilmiah. Benarkah begitu? Pengertian Jurnal PTK Berasal dari Bahasa Perancis... Selengkapnya

PENTINGNYA JURNAL PTK GURU DAN TAHAPAN PEMBUATANNYA

PENTINGNYA JURNAL PTK GURU DAN TAHAPAN PEMBUATANNYA

T 16 Desember 2019 F A aankurn

Seorang guru tentunya tak luput dari tanggungjawab perihal karya ilmiah dan penelitian yang harus dilakukan. Salah satu dari kewajiban guru tersebut adalah melakukan penelitian dan menuliskanya dalam laporan Penelitian Tindakan Kelas atau yang dikenal dengan jurnal PTK guru. Mengapa PTK... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.