Beranda » Jurnal Ilmiah » FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL NASIONAL PTK

FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL NASIONAL PTK

T Diposting oleh pada 18 Desember 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 557 kali

Jurnal Nasional PTK merupakan jurnal yang memfokuskan mata pelajaran secara menyeluruh. Biasanya, mata pelajaran yang dijadikan bahan dalam penelitian adalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) atau mata pelajaran berkurikulum Nasional lainnya.

Fokus dalam Jurnal Nasional PTK

Jurnal Nasional PTK akan menuangkan hasil penelitiannya dalam bentuk artikel ilmiah. Artikel yang dihasilkan akan dipublikasikan dalam format/kategori tetentu. Tidak hanya disusun dalam bentuk laporan PTK, namun juga melatih para guru terampil dalam membuat artikel jurnal.

Fokus ini didasari karena faktanya masih banyak guru belum terampil dalam pembuatan karya tulis ilmiah. Oleh karena itu, pelatihan ini dilakukan untuk memberikan wawasan lebih tentang bagaimana teknik dan trik menulis artikel ilmiah yang baik dan benar.

Jurnal ini mengutamakan penyajian data yang bersifat fakta-fakta. Setelah itu, dipaparkan secara jelas, singkat dan harus mengandung banyak informasi. Namun, kalimat yang digunakan harus sependek mungkin dan tidak diperbolehkan menggunakan kata metafora atau analogi.

Karena PTK ini berbasis jurnal Nasional, maka harus menyajikan beberapa koleksi data. Jurnal yang dibuat juga dituntut lebih mengutamakan penyajian analisis dan interpretasi, secara intelektual atas data-data yang disajikan dalam jurnal. Selain itu, jurnal Nasional PTK harus menyajikan data terkini.

Karakteristik Jurnal Nasional PTK

Berbeda dengan PTK pada umumnya, Jurnal Nasional PTK memiliki karakteristik yang membedakan dalam proses pembuatannya. Dalam penulisannya, ada beberapa kriteria harus diperhatikan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Metode Participatory Learning and Action

Metode ini meliputi koordinasi dengan mitra dalam persiapan pelaksanaan, penyusunan beberapa modul pelatihan sebagai panduan pelaksanaan kegiatan dan beberapa pelatihan. Ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan saat berlangsungnya PTK.

Selain itu, metode ini juga menerapkan beberapa hal dalam proses pembuatan jurnal seperti menghubungi tim ahli, mengadakan pelatihan, teknik menyusun proposal Jurnal PTK, pelatihan teknik penulisan artikel ilmiah serta pendampingan program dan evaluasi.

2. Mitra Memiliki Wawasan dan Keterampilan

Dalam pembuatan jurnal Nasional PTK, banyak manfaat yang dapat diambil oleh guru dan mitra. Salah satunya, akan mempunyai wawasan dan keterampilan dalam penyusunan proposal dan keterampilan menulis artikel ilmiah.

Ketika mitra telah berhasil menyusun laporan, karya ilmiah yang dihasilkan akan dimuat dalam jurnal ilmiah pendidikan. Ini akan membuat hasil laporan PTK tampak semakin akurat dan maksimal. Dengan begitu, tidak ada pihak yang meragukan keabsahannya.

3. Tujuan Penulisan Artikel Ilmiah yang Mengutamakan Temuan Baru

Penulisan artikel ilmiah dalam jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan banyak pemikiran dan temuan-temuan baru. Temuan dan pemikiran ini lebih ditujukan kepada akademisi melalui media jurnal sesuai disiplin ilmunya dengan cakupan atau lingkup Nasional.

Artikel ilmiah ini merupakan suatu bentuk kontribusi akademik. Kontribusi difokuskan untuk pengembangan keilmuan dan kemajuan IPTEK. Selayaknya penelitian lainnya, harus memiliki khazanah pendidikan yang memuat informasi dan fakta yang akurat, empirik dan komprehensif.

4. Menemukan Solusi Tepat

Saat berlangsungnya PTK, tentu menggunakan beberapa macam metode yang ada. Di antaranya pasti memiliki hasil terbaik dan sesuai dengan angan-angan. Dengan begitu, metode ini akan digunakan untuk mencari solusi tepat dari beberapa permasalahan di kelas.

Jurnal Nasional PTK harus menggunakan fakta-fakta mutakhir dan memiliki metodologi yang jelas. Dengan adanya jurnal Nasional PTK ini, guru ataupun mitra akan dilatih lebih terampil dalam membuat jurnal/artikel ilmiah dan dapat menguasai isu-isu terbaru Nasional dalam dunia pendidikan.

Belum ada Komentar untuk FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL NASIONAL PTK

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL NASIONAL PTK

HAL YANG MELATAR BELAKANGI GURU MEMBUAT JURNAL PTK OLAHRAGA

HAL YANG MELATAR BELAKANGI GURU MEMBUAT JURNAL PTK OLAHRAGA

T 19 November 2019 F A aankurn

Jurnal PTK Olahraga dibuat untuk menemukan dan mencari solusi dari berbagai masalah di dalam kelas, tidak terkecuali Olahraga. Semakin banyak jurnal dibuat, akan bertambah pula variasi media dan metode yang bisa digunakan untuk pengajaran kedepannya. Pentingnnya Membuat Jurnal PTK Olahraga... Selengkapnya

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK PAUD

T 23 November 2019 F A aankurn

Bagi seorang tenaga pendidik, membuat laporan penelitian tindakan kelas seperti jurnal seringkali menjadi momok menakutkan. Hal ini disebabkan kurangnya budaya membaca sehingga kemampuan menulis yang baik menjadi kurang optimal. Padahal Jurnal PTK PAUD sangat dibutuhkan. Pendidikan Tindakan Kelas (PTK) PAUD... Selengkapnya

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK KEAKTIFAN SISWA

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK KEAKTIFAN SISWA

T 30 Desember 2019 F A aankurn

Penelitian Tindakan Kelas wajib dilakukan guna meningkatkan kualitas sistem belajar mengajar di sekolah. Sebab, tanpa dilakukannya hal tersebut, kondisi pendidik dan peserta didik tidak terkontrol dengan baik. Berikut akan diulas mengenai jurnal PTK keaktifan siswa yang harus dipahami. Masalah Yang... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.