Beranda » Jurnal Ilmiah » JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI

JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI

T Diposting oleh pada 25 Februari 2020
F Kategori , , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 567 kali

Mempublikasikan jurnal nasional terakreditasi bukanlah pekerjaan gampang untuk dilakukan. Hanya orang-orang dengan pengetahuan luas serta memiliki skill kepenulisan berkualitas saja yang dapat menjalankannya. Di sana juga ada beberapa syarat agar karya ilmiah Anda bisa diakreditasi.

Syarat Agar Jurnal Terakreditasi Nasional

Syarat-syarat yang dijelaskan berikut ini kiranya bisa membantu Anda untuk membuat jurnal yang sesuai dengan standar akreditasi nasional. Sehingga nantinya karya ilmiah tersebut benar-benar diakui serta mampu berada di jajaran papan atas karya penelitian di Indonesia.

1. Jurnal Telah Memiliki ISSN

Untuk mendaftarkan jurnal Anda agar memiliki akreditasi internasional, maka karya ilmiah tersebut juga harus ber-ISSN atau mempunyai nomor seri internasional baik dalam bentuk elektronik maupun format cetaknya. Dengan begitu pembaca tidak akan merasa ragu lagi.

2. Lolos Seleksi Etika Publikasi

Kemudian, salah satu persyaratan jurnal nasional akreditasi selanjutnya adalah telah lolos seleksi etika publikasi oleh pihak terkait dan hal tersebut haruslah dilampirkan dengan jelas pada halaman pendaftaranya.

3. Jurnal Harus Bersifat Ilmiah

Hal yang satu ini sangat penting untuk diperhatikan karena banayak orang gagal dalam mendapatkan akreditasi nasional karena jurnal mereka tidak bersifat ilmiah. Pastikan bahwa karya Anda dapat memajukan bidang ilmu seperti halnya tekonologi, pendidikan, ekonomi dan lain-lain.

4. Jurnal Telah Tercantum Dalam Lembaga Pengindeks Nasional

Kemudian, jurnal yang akan Anda daftarkan akreditasinya haruslah sudah mendapat pengakuan dan tercantum resmi pada lembaga pengindeks karya ilmiah nasional. Seperti halnya Portal Garuda, Pustaka IPTEK, Indonesian Scientific Journal Database dan lainnya.

5. Jurnal Harus Mempunyai Terbitan Berkala Ilmiah

Syarat terakhir agar jurnal bisa mendapatkan akreditasi nasional yakni dilihat pada terbitan berkala ilmiahnya. Hal itu berarti bahwasanya karya ilmiah tersebut telah diterbitkan paling sedikit selama 1 tahun sebelum tanggal pengajuan pengakreditasian tersebut.

Itulah sekelumit pembahasan yang bisa disampaikan tentang apa saja syarat mempublikasikan jurnal nasional terakreditasi dalam artikel ini. Semoga dengan adanya informasi tersebut Anda akan benar-benar termotivasi untuk menulis karya ilmiah sebanyak-banyaknya dengan kualitas bagus.

Belum ada Komentar untuk JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI

DOWNLOAD JURNAL ISSN

DOWNLOAD JURNAL ISSN

Sebelum Anda melakukan download jurnal ISSN, maka memahami maksud hal tersebut serta memahami cirin-cirinya merupakan sesuatu yang wajib dilakukan. Jika pengunduh tidak memiliki cukup banyak ilmu dan belum mengetahui seluk beluknya kemungkinan akan terjadi kekeliruan. Ciri-ciri Jurnal yang Memiliki ISSN... Selengkapnya

JURNAL PTK SMA

JURNAL PTK SMA

Menulis jurnal PTK SMA bukanlah pekerjaan mudah. Seorang guru harus mempunyai skill yang berkualitas dalam Aspek penelitian maupun kepenulisan. Kedua hal tersebut tidak bisa muncul dengan sendirinya. Akan tetapi, harus dilatih dan dikembangkan sebisa mungkin jika ada kesempatan. Cara Agar... Selengkapnya

PAHAMI JURNAL PTK SEBELUM ANDA MEMBUATNYA

PAHAMI JURNAL PTK SEBELUM ANDA MEMBUATNYA

T 15 November 2019 F A aankurn

Apakah Anda pernah mendengar istilah jurnal PTK? Terkadang setiap orang memiliki pendapat yang berbeda dalam mendeskripsikannya. Namun, kebanyakan dari mereka mengatakan jurnal PTK adalah karya tulis yang berisi beberapa metode ilmiah. Benarkah begitu? Pengertian Jurnal PTK Berasal dari Bahasa Perancis... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.