Beranda » Jurnal Ilmiah » FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL PENELITIAN NON PTK

FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL PENELITIAN NON PTK

T Diposting oleh pada 17 Desember 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 4140 kali

Jurnal Penelitian Non PTK merupakan jurnal yang cangkupan masalahnya bisa dari mana saja. Jurnal ini hadir dengan berbagai teori dan juga mengutamakan validitas internal maupun eksternal. Hasil penelitian dari jurnal ini merupakan sebuah produk ilmu.

Fokus dalam Jurnal Non PTK

Berbeda dengan jurnal PTK, jurnal non PTK ini merupakan hasil rancangan penelitian yang dihasilkan oleh peneliti dan bisa dilakukan di luar ataupun di dalam lingkungan kelas. Jika dilihat dari aspek yang diteliti bukan hanya masalah dari siswa saja, tetapi juga bisa guru ataupun sekolahan.

Dengan kata lain, jurnal non PTK ini bisa mencakup berbagai hal dengan tujuan mengembangkan teori dan menuntut penggunaan analisis statistic yang rumit. Jurnal seperti ini bermanfaat untuk berbagai pihak dan terkadang tidak memperbaiki praktik pembelajaran secara langsung

Jurnal non PTK sendiri merupakan merupakan suatu produk ilmu yang dapat digeneralisasikan ke dalam populasi yang lebih luas, sehingga manfaatnya juga bisa dirasakan oleh berbagai pihak. Dalam proses penelitiannya, jurnal jenis ini juga terkadang membutuhkan waktu yang lama.

Jurnal ini terkadang juga hanya fokus terhadap suatu masalah dan belum tentu ada tindakan perbaikan dalam proses penelitiannya. Dengan begitu, hasil dari penelitian ini belum tentu bisa dimanfaatkan oleh guru dalam proses pembelajaran di dalam kelas.

Karakteristik Jurnal Non PTK

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari membuat ataupun membaca jurnal non PTK. Dalam penulisan jurnal ini ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan. Di antara karakteristik dalam jurnal non PTK antara lain.

1. Penelitian Dilakukan oleh Orang Luar

Dalam jurnal Non PTK semua kegiatan yang berkaitan dengan tindakan penelitian dilakukan oleh orang luar. Fokus penelitian dari jurnal ini juga mencakup kondisi lebih luas baik seperti sistem kerja sekolahan, analisis peraturan dan juga pada bidang lainnya.

Penelitian oleh orang luar ini tentu harus melalui persetujuan dari pihak yang terkait, agar kegiatan yang dilakukan tidak mengganggu proses yang sedang berlangsung di lingkungan tersebut. Selain itu, hasil dari penelitian belum tentu memberikan pengaruh bagi pihak yang diteliti.

2. Hasil dari Munculnya Masalah yang Dirasakan Orang Lain

Jika dilihat dari hasil penelitian, umumnya Jurnal Penelitian Non PTK tidak hanya meneliti masalah yang sedang dialamai oleh dirinya sendiri. Melainkan bisa muncul dari permasalahan orang lain. Hasil yang dipaparkan juga belum tentu memberikan solusi untuk permasalahan tersebut.

Karena biasanya jurnal non PTK juga banyak yang hanya menganalisis duduk perkaranya saja yang digali lebih dalam hingga ke akar. Namun demikian, hadirnya jurnal jenis ini juga mampu memberi manfaat untuk orang banyak dari berbagai bidang ilmu pengetahuan.

3. Selalu Memperhatikan Subjek, Populasi dan Sample

Dalam jurnal non PTK, populasi dan sample yang digunakan dalam penelitian tersebut haruslah diperhatikan dengan seksama. Jika objek yang diteliti tidak sesuai dengan masalah yang diangkat maka hasil yang akan keluar juga tidak akan maksimal.

Hal ini berbeda dengan penelitian PTK yang bisa mengambil partisipan langsung dari peserta didiknya, sehingga hasil dari penelitian tersebut pasti sesuai dan bisa diterapkan dalam proses pembelajaran. Dengan demikian jurnal non PTK lebih sulit dalam pencarian sample dan populasinya.

Jurnal Penelitian Non PTK mencakup berbagai masalah di berbagai bidang. Dengan hadirnya jurnal ini, manfaat yang dihasilkan bisa dirasakan oleh orang banyak. Selain itu, untuk membuat jurnal ini orang dari berbagai pihak bisa berkontribusi untuk menciptakannya.

Belum ada Komentar untuk FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL PENELITIAN NON PTK

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait FOKUS DAN KARAKTERISTIK JURNAL PENELITIAN NON PTK

MEMAHAMI METODE PENULISAN DALAM JURNAL ILMIAH KUALITATIF

MEMAHAMI METODE PENULISAN DALAM JURNAL ILMIAH KUALITATIF

T 26 November 2019 F A aankurn

Metode penulisan dalam Jurnal Ilmiah Kualitatif sering sekali digunakan untuk memaparkan dan mendeskripsikan berbagai ragam sumber data, juga fakta penunjang yang sifatnya analistis. Gaya penulisan ini biasanya banyak digunakan dalam tugas akhir dan juga skripsi. Penelitian Kualitatif Secara Umum Untuk... Selengkapnya

JURNAL PENGGUNAAN MEDIA IT VIDEO PEMBELAJARAN YOUTUBE MELALUI WHATSAPP

T 7 Juni 2021 F , A aankurn

Volume 3 Nomor 4, Mei 2021ISSN: 2654-2536 MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI APLIKASI WHATSAPP PADA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA SUB TEMA 2 PERPINDAHAN KALOR DISEKITAR KITA SISWA KELAS V MIOleh:MusliahMI Negeri 4 Tanah LautEmail:... Selengkapnya

CARA MUDAH MENGETAHUI PENERBIT JURNAL

CARA MUDAH MENGETAHUI PENERBIT JURNAL

T 14 Februari 2020 F , , A aankurn

Jika Anda masih awam dalam dunia publikasi karya ilmiah, maka harus berusaha untuk belajar bagaimana cara mengetahui penerbit jurnal, karena hal tersebut sangat diperlukan untuk mendukung dan mempublikasikan setiap tulisan agar diketahui banyak orang. Tips Cara Mengetahui Penerbit Jurnal Kiranya,... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.