Beranda » Jurnal Ilmiah » JURNAL PTK PGSD

JURNAL PTK PGSD

T Diposting oleh pada 4 Februari 2020
F Kategori , ,
b 2 komentar
@ Dilihat 1392 kali

Untuk seorang pendidik di tingkatan Sekolah Dasar, menulis jurnal PTK PGSD merupakan suatu kewajiban yang harus dipenuhi sebagai tugas administratif kependidikan. Di samping itu, hal ini juga ditujukan dalam rangka menyelesaikan permasalahan siswa saat proses pembelajaran berlangsung.

Topik Terkini Penelitian Tindakan Kelas PGSD

Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa tema menarik yang bisa dijadikan fokus Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar baik itu swasta maupun negeri.

1. Gaya Belajar Siswa

Di level SD, guru biasanya akan cenderung kesulitan bagaimana cara mengajar siswa karena mereka masih bersifat kekanak-kanakan, sulit diatur dan bertingkah laku semaunya sendiri saat proses kegiatan belajar mengajar sedang terjadi.
Untuk mengatasi hal itu, maka alangkah lebih efektif jika guru mengadakan penelitian mengenai gaya belajar siswa di kelas yang sedang diajarnya agar lebih mudah memilih metode pembelajaran sesuai dengan karakter mereka yakni meliputi audio, visual dan kinestetik jurnal pgsd terakreditasi.

2. Tingkat Kepercayaan Diri Siswa

Membangun kepercayaan diri siswa memanglah harus dimulai sejak mereka duduk di bangku Sekolah Dasar. Namun terkadang, sebagian dari mereka sangat pendiam atau bahkan enggan bergabung dengan teman-teman lainya. Hal itulah yang akhirnya menghambat guru dalam melakukan perannya.
Dalam konteks ini, seorang guru harus memiliki inisiatif lebih dalam mengatasi permasalahannya yaitu dengan menulis jurnal PTK PGSD. Untuk membahas mengenai bagaimana cara membuat siswa semakin percaya diri saat belajar di kelas maupun ketika di luar sekolah.

3. Metode Mengajar Efektif Menyenangkan

Siswa tidak melulu senang dengan metode ceramah, kelompok dan cara-cara lain yang selama ini sudah biasa digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.
Mereka terkadang memerlukan sesuatu yang sifatnya lebih menyenangkan seperti halnya pembelajaran menggunakan metode permainan, lagu dan lain sebagainya. Agar materi pembelajaran mudah dipahami.
Nah, kini Anda sudah tahu bukan topik jurnal PTK PGSD yang menarik untuk diteliti? Oleh karena itu, mulailah melakukan penelitian dan menuliskanya dalam sebuah laporan. Demikianlah sedikit wawasan yang dipaparkan dalam artikel ini. Semoga memberikan manfaat bagi semua pembaca jurnal pgsd e-issn.

2 Komentar untuk JURNAL PTK PGSD

  • Defri wirmansyah putra berkata:

    Ini mantap..moga bisa membantu berikan contoh karya ilmiah naik pangkat ke 3c kelas 6 .. lagian sudah mau lima tahun belum naik pangkat..

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait JURNAL PTK PGSD

KUMPULAN PUBLIKASI ILMIAH

KUMPULAN PUBLIKASI ILMIAH

Bagi Anda yang masih pemula dalam hal penerbitan jurnal maupun artikel, maka belajar dari adanya kumpulan publikasi ilmiah merupakan kegiatan menarik. Walaupun terlihat sepele, namun itu bisa dijadikan pengalaman serta menambah jam terbang untuk memperoleh berbagai wawasan. Apa Sajakah yang... Selengkapnya

ARTIKEL JURNAL ILMIAH

ARTIKEL JURNAL ILMIAH

Bagi Anda yang masih kebingungan dan berkali-kali gagal dam menerbitkan artikel jurnal ilmiah, maka seharusnya mengetahui komponen-komponen penilaiannya ketika sudah masuk proses seleksi oleh penerbit. Selain itu, seorang penulis juga harus paham kiat-kiat lolos publikasi karya penelitian artikel jurnal pdf.... Selengkapnya

PAHAMI JURNAL PTK SEBELUM ANDA MEMBUATNYA

PAHAMI JURNAL PTK SEBELUM ANDA MEMBUATNYA

T 15 November 2019 F A aankurn

Apakah Anda pernah mendengar istilah jurnal PTK? Terkadang setiap orang memiliki pendapat yang berbeda dalam mendeskripsikannya. Namun, kebanyakan dari mereka mengatakan jurnal PTK adalah karya tulis yang berisi beberapa metode ilmiah. Benarkah begitu? Pengertian Jurnal PTK Berasal dari Bahasa Perancis... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.