Beranda » Jurnal Ilmiah » JURNAL PTK SMA

JURNAL PTK SMA

T Diposting oleh pada 12 Februari 2020
F Kategori , , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 3325 kali

Menulis jurnal PTK SMA bukanlah pekerjaan mudah. Seorang guru harus mempunyai skill yang berkualitas dalam Aspek penelitian maupun kepenulisan. Kedua hal tersebut tidak bisa muncul dengan sendirinya. Akan tetapi, harus dilatih dan dikembangkan sebisa mungkin jika ada kesempatan.

Cara Agar Menulis PTK SMA Terasa Mudah

Seringkali penulis akan cepat merasa bosan saat menulis jurnal PTK SMA karena adanya berbagai faktor penghambat. Oleh karena itu, kiranya kiat-kiat berikut bisa membantu Anda dalam menyelesaikan penulisan karya ilmiah dengan mudah.

1. Baca dan Download Jurnal PTK Sebanyak-banyaknya

Setelah menentukan topik penelitian dan sebelum mulai menyusun laporan, maka Anda disarankan untuk membaca sebanyak-banyaknya contoh jurnal PTK berkualitas yang terkait dengan tema pembahasan di Sekolah Menengah Atas.

Dengan melakukan tindakan tersebut, maka Anda bisa belajar secara langsung dari jurnal PTK SMA yang sudah jadi mulai dari bagaimana susunan sub-babnya, cara membuat latar belakang, mendemonstrasikan metide, hingga memaparkan hasil serta kesimpulannya secara runtut.

2. Tetaplah Menulis Setiap Hari

Konsisten untuk menulis setiap hari walaupun hanya sedikit saja lebih baik daripada memanfaatkan Sistem Kebut Semalam (SKS) yang rawan terhadap kekeliruan dan menghasilkan karya ilmiah asal-asalan sehingga diragukan kevalidan datanya.

Dengan cara ini, maka imajinasi serta pikiran akan lebih terbuka hingga pada menghasilkan ide-ide cemerlang dalam penulisan laporan Penelitian Tindakan Kelas. Kesulitan yang selama ini dikeluhkan pun hilang secara perlahan.

3. Buatlah Outline Sebelum Memulai Penulisan

Ketika Anda menulis karya ilmiah dalam bentuk apapun, usahakan selalu membuat outline yang merupakan inti atau garis besar pembahasan dalam sebuah laporan penelitian. Cara ini akan mempermudah untuk mengembangkan penjelasan dari pokok pikiran.

Dalam outline tersebut buatlah kerangka dan penjelasan singkat dalam bentuk poin-poin agar lebih mudah untuk dipelajari dan dikembangkan.
Demikianlah paparan menarik mengenai tips menulis jurnal PTK SMA yang dapat disampaikan dalam artikel kali ini. Semoga pembaca sekalian mendapatkan tambahan wawasan serta lebih semangat lagi dalam menulis karya ilmiah pada berbagai bidang kehidupan.

Belum ada Komentar untuk JURNAL PTK SMA

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait JURNAL PTK SMA

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK BAHASA JAWA

PENTINGNYA MEMBUAT JURNAL PTK BAHASA JAWA

T 30 Desember 2019 F A aankurn

Saat ini, banyak siswa yang kesulitan dalam menguasai materi bahasa jawa. Mulai dari faktor internal hingga eksternal. Untuk menemukan solusi tepatnya, dibuatlah Jurnal PTK Bahasa Jawa agar bisa mencari tahu apa penyebab permasalahannya. Penyebab Siswa Kurang Bisa Menggunakan Bahasa Jawa... Selengkapnya

JURNAL PTK BAHASA INDONESIA Pdf

JURNAL PTK BAHASA INDONESIA Pdf

Membuat jurnal PTK Bahasa Indonesia pdf rupanya masih sangat diperlukan, karena mata pelajaran tersebut menjadi kesulitan tersendiri bagi siswa. Padahal hal itu sering dianggap remeh karena merupakan dialek sehari-hari yang pastinya sudah biasa dikuasai dengan baik. Faktor Kesulitan Belajar Bahasa... Selengkapnya

ARTIKEL JURNAL ILMIAH

ARTIKEL JURNAL ILMIAH

Bagi Anda yang masih kebingungan dan berkali-kali gagal dam menerbitkan artikel jurnal ilmiah, maka seharusnya mengetahui komponen-komponen penilaiannya ketika sudah masuk proses seleksi oleh penerbit. Selain itu, seorang penulis juga harus paham kiat-kiat lolos publikasi karya penelitian artikel jurnal pdf.... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi TIM kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.